Gejala Diabetes Melitus

Sahuta.com --- Gejala Diabetes Melitus. Gejala Diabetes Melitus. Pemahaman yang baik akan gejala diabetes melitus dapat menjadi solusi terbaik sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes melitus. Hal ini penting, karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan?


Diabetes melitus atau penyakit diabetes tipe dua adalah penyakit yang perkembangannya berjalan lebih lambat dibandingkan penyakit kronis lainnya. 


Proses terjadinya penyakit diabetes melitus membutuhkan waktu berbulan-bulan. Bahkan, kadangkala prosesnya terjadi selama bertahun-tahun.


Jika sedari awal kita tahu akan penyakit diabetes, maka akan lebih mudah dalam mengatasinya. Penyakit diabetes mellitus adalah penyakit yang erat kaitannya deengan gaya hidup, yaitu pola makam, pola olahraga, obesitas dan pola tidur.


Ada beberapa gejala atau tanda-tanda khusus yang menjadi alarm bagi anda untuk mewaspadai penyakit diabetes melitus. Tanda-tanda berikut adalah petunjuk kemungkinan gejaja diabetes melitus.


1. Haus Terus

Waspadalah jika anda seringkali merasakan haus yang berlebihan. Apalagi jika mulut anda terasa kering. 


Keadaan ini terjadi karena adanya kadar gula yang berlebihan di dalam darah, sehingga air terserap dari jaringan . Akibatnya, anda merasakan kehausan yang tidak biasa.


Kondisi haus lagi haus lagi ini bisa menjadi petunjuk awal diabetes melitus apabila anda masih terus merasakan kehausan, padahal sudah banyak minum air. Jika keadaan ini terjadi pada anda, maka waspadalah!

Gejala Diabetes Melitus kencing manis
Gejala Diabetes Melitus

2. Pipis Terus


Secara normal, orang dewasa akan mengeksresikan air seni sampai 2 liter setiap hari. Jika frekwensi buang air kecil anda melebihi batas normal, maka sebaiknya anda mulai waspada.


Poliuria adalah keadaan dimana seseorang memiliki kecendrungan buang air seni secara berlebihan. Jangan remehkan keadaan abnormal ini, apalagi jika terjadi pada malam hari. Dehidrasi yang parah akibat terlalu sering buang air kencing dapat mempengaruhi fungsi ginjal.


3.Mudah Lapar


Keadaan merasa lapar secara berlebihan disebut polighagia. Terlalu mudah lapar adalah salahsatu dari tiga gejala utama diabetes.


Kurangnya insulin yang memasukkan gula ke dalam sel mengakibatkan otot, organ dan tubuh kehabisan energi. Dalam keadaan seperti ini, otak akan mengira anda dalam keadaan kurang makan, sehingga tubuh akan meningkatkan asupan makanan dengan menyampaikan pesan lapar.


4. Berat Badan Turun Drastis


Penurunan berat badan secara drastis adalah salahsatu gejala diabetes melitus. Jika penurunan berat badan terjadi sampai 5 % dari berat badan. 


Penurunan berat badan secara drastis akan mengganggu kemampuan metabolisme glukosa. Kondisi ini membuat tubuh akan mengambil otot dan lemak sehingga orang yang mengalaminya tampak lebih kurus.


Perubahan berat badan yang dianggap stabil dan normal adalah jika terjadi penurunan atau kenaikan antara 1-2 Kg. Jika terjadi perubahan yang jauh dari angka normal ini, maka perlu diwaspadai sebagai gejala diabetes melitus.

 

Kesimpulan Gejala Diabetes Melitus 


Gejala diabetes mellitus ditandai dengan tanda-tanda haus terus, lapar terus, pipis terus,dan penurunan berat badana secara drastis.


Hidup bijak dengan olahraga teratur, hindari konsumsi gula berlebihan, dan mengurangi stress dapat menjadi langkah pencegahan untuk menghindari diabetes. (Admin Sahuta.com)


LihatTutupKomentar