Pengaruh Gula Terhadap Tubuh

Sahuta.com --- Pengaruh gula terhadap tubuh. Hal-hal apakah yang menjadi ancaman nyata dari kelebihan konsumsi gula terhadap tubuh?


Pengaruh gula terhadap tubuh adalah akibat yang dapat terjadi bagi tubuh dengan mengkonsumsi gula secara berlebihan. Tentu, pemahaman yang tepat tentang pengaruh gula bagi tubuh akan sangat baik untuk menghindari berbagai masalah yang mungkin timbul.


Pengaruh Gula Terhadap Tubuh membuat wajah lebih berjerawat


Salah satu penyebab wajah berjerawat adalah karena kelebihan konsumsi gula. Gula sangat cepat masuk ke dalam aliran darah, sehingga meningkatkan kadar gula darah.


Situasi ini membuat kadar lemak dalam tubuh juga mengalami peningkatan. Kadar lemak yang berlebihan ini juga memperparah kondisi jerawat.


Pengaruh Gula  Terhadap Tubuh mempengaruhi tekanan darah


Tekanan darah juga dipengaruhi oleh konsumsi gula yang dikonsumsi seseorang. Konsumsi gula secara berlebihan mengakibatkan tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon insulin. Tubuh melakukan ini agar dapat menghapus gula dari peredaran darah.


Padahal, insulin juga mempunyai fungsi untuk membuat ginjal menahan sodium. Pada saat level insulin mengalami pengingkatan secara berulang kali, maka tubuh juga akan memompakan lebih banyak sodium melalui makanan yang masuk kedalam tubuh.


Keadaan ini memacu ketidakseimbangan pada kadar sodium. Akibatnya, tekanan darah mengalami peningkatan yang juga signifikan.

Pengaruh Gula Terhadap Tubuh sahuta.com
Pengaruh Gula Terhadap Tubuh

Pengaruh Gula Terhadap Tubuh Kesehatan Jangka Panjang


Pengaruh gula terhadap kesehatan dalam waktu panjang dapat meningkatkan terjadinya penyakit kronis. Penyakit kronis yang timbul karena kelebihan konsumsi gula adalah terjadinya penyakit diabetes.


Penyakit diabetes sendiri adalah penyakit yang terjadinya sangat lambat dan membutuhkan waktu lama. Proses terjadinya penyakit diabetes kadangkala membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan sampai tahunan.


Bahaya paling mengancam dari penyakit diabetes adalah komplikasi dengan penyakit lain. Orang yang menderita diabetes dapat mengalami gagal ginjal, kebutaan, pemotongan anggota tubuh, penyakit jantung dan stroke.


Pengaruh Gula Terhadap Tubuh Bijak Mengkonsumsi Gula


Walaupun banyak pengaruh buruk negatif gula terhadap kesehatan, namun kita tetap membutuhkan gula. Pilihan bijak yang perlu dilakukan adalah dengan cara menyadari seberapa banyak konsumsi gula yang baik bagi kesehatan kita.


Kemudian, mulailah kenali makanan apa saja yang mengandung gula tinggi. Jika sudah tahu, maka mulailah batasi konsumsi makanan yang mengandung gula ini. Konsumsilah gula sesuai dengan kebutuhan anda.


Pengaruh Gula Terhadap Tubuh Jumlah Asupan Gula Yang Baik


WHO menyarankan jumlah asupan gula yang baik untuk dikonsumsi. Jumlah asupan gula ini diterbitkan dalam draft panduan diet WHO.

  • Orang dewasa maksimal 12 sendok teh sehari
  • Orang dewasa justru disarankan hanya minum 6 sendok teh sehari.
  • Anak-anak disarankan hanya minum kurang dari 6 sendok teh per hari.
  • Minuman bersoda sama sekali tidak disarankan untuk anak, karena mengandung gula setara dengan 7 sendok teh


Kesimpulan Pengaruh Gula Terhadap Tubuh


Pembatasan konsumsi gula dapat mencegah terjadinya obesitas, penyakit jantung, penyakit diabetes dan berbagai penyakit kronis lainnya.


Jangan pertaruhkan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi gula secara berlebihan.


Lebih baik mencegah daripada mengobati. Dengan memahami pengaruh gula bagi tubuh, maka diharapkan agar kita lebih bijak dalam mengkonsumsi gula. (Admin Sahuta.com)

LihatTutupKomentar