Ciri-ciri Kanker Paru-paru

Sahuta.com --- Ciri-ciri kanker paru-paru. Tanda,gejala atau indikasi yang perlu diwaspadai. Kanker paru-paru adalah suatu jenis kanker yang bisa jinak selama puluhan tahun, tetapi ketika muncul ke permukaan tiba-tiba menunjukkan keganasannya.


Secara medis, sangat sulit untuk memprediksi kelangsungan hidup dari penderita kanker paru-paru. Kondisi ini membuat langkah penyembuhan juga menjadi sulit.


Ciri-ciri kanker paru-paru 

Ciri-ciri kanker paru-paru adalah petunjuk tentang adanya bahaya yang harus dihadapi. Harus dipahami bahwa gejala kanker paru-paru tidak selalu merupakan vonis bahwa seseorang telah menderita kanker paru-paru. 


Tetapi, dengan mengetahui gejala kanker paru-paru, maka usaha pencegahan sejak awal dapat dilakukan. Sehingga meminimalisir resiko sejak dini.


Profesor Cancer Research UK London, Charles Swanton, seperti dikutip Times of india, mengungkapkan bahwa salah satu penyebab terjadinya kanker paru-paru adalah kesalahan genetik tertentu. Faktor rokok juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker paru-paru.


Ciri-ciri kanker paru-paru yang perlu anda perhatikan. Jika anda merasa mengalami tanda-tanda kanker paru-paru ini, maka sebaiknya segera periksakan diri anda kepada dokter.


1. Batuk yang tidak kunjung sembuh


Lazimnya, batuk biasa akan hilang atau sembuh dalam hitungan hari. Tetapi, bila batuk tidak kunjung sembuh selama lebih dari seminggu, maka anda perlu waspada. Apalagi jika selama batuk, juga disertai dengan munculnya rasa kedinginan seperti waktu musim dingin.


Jika anda mengalami batuk yang tidak sembuh dan persaan dingin yang tidak biasa, maka sebaiknya segera periksanakan kesehatan anda. Gejala awal kanker paru-paru ini dapat menjadi alarm bagi kita untuk segera mengatasi kanker-paru-paru ini.


2. Sering Merasa Seperti kehabisan Napas


Jika anda sering mengalami situasi sepert kehabisan napas, maka hal ini perlu diwaspadai. Apalagi jika anda juga seorang perokok. Mayoritas penderita kanker paru-paru adalah para perokok.


Jadi, jika anda selalu merasakan seperti kehabisan napas saat merokok. Maka jangan tunda lagi, inilah saatnya untuk berhenti merokok dan mulai memeriksakan kesehatan anda kepada dokter.

ciri ciri gejala kanker paru-paru sahuta.com
Ciri-ciri Kanker Paru-paru

3. Adanya rasa sakit di bagian tubuh tertentu.


Perhatikan tubuh anda dengan seksama. Adanya rasa sakit di bagian tubuh tertentu bisa jadi merupakan ciri-ciri awal terjadinya kanker paru-paru. 


Apakah anda merasakan adanya nyeri dibagian dada, punggung, dan lengan? Bila ya, maka hal ini mungkin saja karena adanya gangguan pernapasan dalam tubuh.


Adanya srasa sakit dibagian tubuh tertentu menyebabkan terjadinya tekanan tambahan pada syaraf. Situasi ini bisa menjadi petunjuk awal terjadinya penyakit kanker paru-paru.


4. Kesehatan Sering Memburuk


Jatuh sakit sekali-kali adalah hal yang wajar. Akan tetapi, jika anda seringkali jatuh sakit, maka hal ini bukanlah hal yang wajar.


Apalagi, jika sakit anda juga disertai penurunan berat bedan yang drastis dan adanya rasa nyeri di bagian lutut. Jatuh sakit secara berulangkali pada perokok, apalagi disertai dengan perasaan kelelahan yang luar biasa, bisa jadi adalah tanda-tanda kanker paru-paru.


5. Pneumonia / Bronchitis


Tanda-tanda awal kanker paru-paru yang terjadi pada perokok adalah terjadinya pneumonia yaitu peradangan jaringan di salah satu atau kedua paru-paru. Penyebab peradangan adalah infeksi.


Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru Bronkitis


Jika anda mengalami pneumonia atau bronchitis yang terjadi secara berulang kali dan terus-menerus, maka hal ini juga bisa jadi tanda-tanda penyakit kanker paru-paru.


Pneumonia dapat terjadi karena adanya tiga penyebab utama yaitu: bakteri, virus dan jamur. Pneumonia dapat juga terjadi karena bahan kimia yang terhirup.


Bahkan, bila diagnosis dokter menyatakan bahwa anda baik-baik saja. Ada baiknya bila anda memeriksakan kesehatan anda kepada dokter lain untuk mendapat second opinion. Hal ini penting untuk memastikan bahwa anda memang benar-benar sehat. (admin sahuta.com)

LihatTutupKomentar