Dampak Gula Bagi Tubuh

Sahuta.com --- Dampak Gula Bagi Tubuh. Pengaruh gula bagi kesehatan tubuh manusia. Hal-hal yang sebaiknya anda pahami mengenai akibat dari konsumsi gula secara berlebihan.


Dampak gula bagi tubuh tidak semanis rasanya. Justru, dampak gula bagi tubuh kesehatan adalah kebalikan dari rasa manis gula itu sendiri. Pengaruh gula terhadap kesehatan sangatlah buruk.


Dampak gula bagi tubuh ini penting untuk diketahui. Sehingga, dengan pemahaman yang benar tentang dampak gula bagi tubuh, kita dapat mengambil keputusan yang benar  dalam pola konsumsi gula.


Konsumsi gula secara berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan. Dampak gula bagi tubuh ini bisa terjadi pada jangka pendek dan bisa pula baru ketahuan pada waktu yang panjang atau lama.


Apa sajakah dampak gula bagi tubuh kita? Ancaman-ancaman penyakit apa sajakah yang mengintai jika konsumsi gula secara berlebihan?

dampak gula bagi tubuh manusia sahuta.com
dampak gula bagi tubuh 

Dampak Gula Pada Tubuh membuat kegemukan


Kebanyakan mengkonsumsi gula bisa membuat anda mengalami kegemukan. Menurut WHO, meningkatnya jumlah penderita obesitas di dunia adalah karena banyak mengkonsumsi gula tersembunyi dalam berbagai makanan dan minuman olahan. 


Kandungan gula tersembunyi atau hidden sugar banyak dijumpai dalam minuman bersoda, jus, yogurt, dan pasta.


Karbohidrat yang ada didalam gula dan tepung roti mengakibatkan naiknya insulin secara cepat. Peningkatan insulin memicu sel lemak untuk menyerap kalori. 


Kondisi ini memicu tubuh untuk selalu merasa lapar dan lapar. Dampaknya orang mengalami kegemukan atau obesitas.


Dampak Gula Pada Tubuh  memicu penuaan pada sel


Kelebihan gula membuat sel mengalami penuaan. Pernahkah anda melihat orang yang tampak lebi tua dari usia yang sebenarnya? Salahsatu alasan utama yang membuat hal ini terjadi adalah karena kelebihan konsumsi gula.


Gula mengandung zat yang membuat ikatan dengan protein, akibatnya tubuh lebih banyak melepaskan radikal bebas. Kondisi ini membuat tubuh menjadi lebih cepat tua. 

Dampak Gula Bagi Tubuh merusak memori


Kelebihan konsumsi gula menurunkan faktor pertumbuhan neural. Kondisi ini membuat kemampuan berpikir menjadi turun dan kemampuan belajar juga berpengaruh.


Kelebihan konsumsi gula membuat otak lambat bekerja. Akibatnya, mudah lupa dan sulit mengingat sesuatu. Jika anda terlalu mudah lupa, maka coba cek apakah anda terlalu banyak konsumsi gula atau karbohidrat.


Kesimpulan Dampak Gula Bagi Tubuh


Dampak gula bagi tubuh dapat mengakibatkan kegemukan, memicu penuaan pada sel, dan merusak memori.


Bijak dalam mengkonsumsi gula tentu merupakan keputusan terbaik yang bisa diambil.

 

Dengan menjaga konsumsi gula dengan baik, maka dampak gula bagi tubuh akan dapat diminimalisir dengan baik. (Admin Sahuta.com)


LihatTutupKomentar