Tanda-tanda Penyakit Jantung Koroner

Sahuta.com-Yogyakarta.Tanda-tanda penyakit jantung koroner adalah petunjuk, indikasi, dan ciri-ciri adanya masalah di organ jantung. Tanda-tanda penyakit jantung menunjukkan resiko penyakit jantung yang sedang mengancam. Gejala penyakit jantung koroner ini bagaikan alarm tubuh tentang adanya gangguan di organ jantung.

Menurut ahli jantung Laxmi Mehta, M.D, tanda-tanda penyakit jantung menunjukkan bahwa jantung sedang mengalami gangguan. Menurut ahli dari Women’s Cardiovascular Health at The Ohio State University Wexner Medical Center, kondisi ini juga mengungkapkan bahwa jantung tidak bekerja dengan benar.

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner

Tanda-tanda Penyakit Jantung

Pemeriksaan kesehatan secara rutin adalah bagian dari pencegahan penyakit jantung yang sebaiknya dilakukan secara sadar. Hal ini penting, karena deteksi dini adanya gangguan pada jantung dapat menghindarkan kita dari resiko yang jauh lebih besar.

Apabila tanda-tanda penyakit jantung diabaikan, maka resiko penyakit jantung akan semakin besar. Penyakit jantung yang tidak ditangani secara tepat dan cepat dapat mengakibatkan resiko gagal jantung.

Berikut ini adalah gejala awal penyakit jantung yang tidak boleh dibiarkan tanpa pemeriksaan medis. Tanda-tanda penyakit jantung ini meliputi rasa nyeri di dada, dada rasanya seperti tertekan, sesak napas. Tanda-tanda penyakit jantung juga disertai dengan jantung berdebar-debar, pusing, dan kelelahan kronis. Gejala penyakit jantung lainnya adalah kaki bengkak, pingsan mendadak, dan adanya riwayat keluarga penderita penyakit jantung.

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Kolesterol tinggi

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Kolesterol tinggi

Tanda- tanda penyakit jantung sebagaimana dilansir oleh SELF.

Nyeri Dada. Harus diakui bahwa adanya rasa nyeri dibagian dada tidak selalu berarti adanya gangguan penyakit jantung. Rasa nyeri di bagian dada bisa juga terjadi karena gejala penyakit lainnya. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk memastikan kondisi kesehatan anda yang sesungguhnya adalah dengan melakukan pemeriksaan medis.

Dada terasa seperti tertekan

Dada terasa seperti tertekan. Kondisi ini menunjukkan adanya masalah yang tidak biasa di organ jantung. Apalagi, bila keadaan dada terasa seperti tertekan ini terjadi ketika anda sedang melakukan aktivitas keseharian. Menurut Ami Bhatt, M.D., direktur Program Penyakit jantung Bawaan pada Orang Dewasa di Rumah Sakit Umum Massachusetts, dada terasa seperti tertekan saat sedang beraktivitas adalah indikasi adanya masalah di organ jantung.

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Dada seperti tertekan

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Dada seperti tertekan

Sesak Napas

Gejala penyakit jantung bisa juga ditandai dengan serangan sesak napas. Kondisi napas tersengal-sengal ketika sedang melakukan aktivitas kerja yang biasa merupakan indikasi bahwa jantung bekerja dengan tidak benar.

Jantung berdebar-debar

Pernahkah anda merasa bahwa jantung berhenti sejenak? Kondisi jantung berdetak dengan keras atau terlalu lambat bukanlah keadaan biasa. Menurut Nicole Weinberg, M.D., ahli jantung di California’s Providence Saint John’s Health Center, jantung berdebar-debar adalah sebuah kondisi yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Jantung Berdebar-debar

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Jantung Berdebar-debar

Pusing

Pusing tanpa alasan yang jelas adalah tanda alarm adanya gangguan pada organ jantung. Jika keadaan ini terjadi kepada anda, maka segeralah periksakan kesehatan jantung anda. Kondisi pusing tanpa alasan yang nyata adalah gejala penyakit jantung yang tidak boleh diabaikan.

Kelelahan

Kelelahan tanpa melakukan aktivitas fisik yang berlebihan merupakan kondisi yang tidak ideal. Jika anda merasa mudah mengalami kelelahan tanpa sebab yang jelas, maka kondisi ini merupakan pertanda adanya gangguan jantung. Menurut Nicole Weinberg, M.D.,kelelahan kronis menunjukkan bahwa jantung bekerja dengan cara yang tidak benar.

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Kelelahan Kronis

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Kelelahan Kronis

Kaki bengkak

Gejala penyakit jantung juga dapat ditandai dengan terjadinya pembengkakan kaki. Dalam hal ini, pembengkakan kaki terjadi tanpa sebab yang pasti. Apalagi jika pembengkakan kaki terjadi lebih dari sekali dan tidak kunjung hilang.

Pingsan Mendadak

Menurut Laxmi Mehta, M.D., Women’s Cardiovascular Health at The Ohio State University Wexner Medical Center, pingsan mendadak bisa terjadi karena gula darah rendah dan alasan lainnya. Kondisi pingsan mendadak ini menunjukkan adanya masalah yang besar. Menurut ahli jantung ini, jika anda mengalami pingsan mendadak, maka sebaiknya periksakan kesehatan anda secara lebih intens.

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Riwayat Keluarga Faktor Genetik

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Riwayat Keluarga Faktor Genetik

Riwayat keluarga

Faktor genetik adalah salaah satu petunjuk adanya resiko penyakit jantung. Hal ini berarti bahwa jika anda memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung atau serangan jantung, maka anda juga memiliki resiko penyakit jantung.

Menurut Linda Gillam, MD, ketua pengobatan jantung untuk Morristown Medical Center, Atlantic, riwayat keluarga penderita jantung sebaiknya membuat anda lebih mawas diri. Ya, dengan semangat mawas diri, maka anda dapat menghindari penyakit jantung dengan pola makan yang sehat, pola pikir yang bebas stres, dan pola hidup yang kaya aktivitas gerak fisik.

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Cara Mengatasi Jantung Koroner

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Cara Mengatasi Jantung Koroner

Cara Mengatasi Tanda-tanda Penyakit Jantung

Pemeriksaan dini, rutin, dan teratur adalah salah satu langkah terbaik untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Mengembangkan gaya hidup sehat dengan olahraga teratur, mengurangi stres, dan asupan makanan sehat adalah kebiasaan hidup sehat yang perlu dikembangkan.

Cara mengatasi penyakit jantung dapat dilakukan dengan makan buah-buahan dan sayuran yang sehat bagi jantung. Salah satu cara yang direkomendasikan adalah dengan mengkonsumsi ekstrak buah-buahan dan sayuran yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. (Dituliskan oleh Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Referensi:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *