Sadari Faktor Resiko Penyebab Kanker Ovarium

www.sahuta.com. Faktor resiko penyebab kanker ovarium adalah berbagai faktor penyebab  yang meningkatkan resiko terkena kanker ovarium. Faktor resiko penyebab ini adalah sebuah tanda pengingat yang menyadarkan kita tentang pentingnya arti kesehatan.

Jika anda memiliki satu atau lebih dari faktor resiko penyebab kanker ovarium ini, bukan berarti bahwa anda sudah pasti mengalami kanker ovarium. Hanya saja, anda akan mengalami tingkat resiko terkena kanker ovarium dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki faktor resiko penyebab kanker ovarium ini.

Faktor Resiko Penyebab Kanker Ovarium

Sebenarnya, penyebab pasti terjadinya kanker ovarium belum dapat diketahui hingga sekarang. Namun, faktor resiko penyebab kanker ovarium dapat menjadi peringatan tentang bahaya dari kanker ovarium ini.

Faktor resiko penyebab kanker ovarium

Faktor resiko penyebab kanker ovarium

Mutasi Gen Yang Diwariskan

Beberapa kasus kanker ovarium menunjukkan bahwa kanker ovarium terjadi karena mutasi gen yang diwariskan. Gen kanker payudara 1 (BRCA10 dan gen kanker payudara 2 (BRCA2) diketahui meningkatkan resiko kanker ovarium secara signifikan.

Jadi, jika anda memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat pernah didiagnosa kanker payudara, maka anda juga memiliki resiko kanker ovarium.

Baca juga:

Riwayat Keluarga

Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker ovarium, maka anda juga sebaiknya lebih mawas diri. Fakta mengungkapkan bahwa riwayat keluarga pernah menderita kanker ovarium juga akan meningkatkan resiko terkena kanker ovarium

Faktor resiko penyebab kanker ovarium waspadai

Faktor resiko penyebab kanker ovarium waspadai

Riwayat  Kanker Jenis lainnya

Faktor resiko penyebab kanker ovarium juga akan makin meningkat jika anda memiliki riwayat pernah mengalami kanker payudara, kanker rahim, dan kanker usus besar. Hal ini menunjukkan betapa serangan kanker lainnya juga akan meningkatkan resiko terkena kanker ovarium.

Pertambahan Usia

Seiring dengan pertambahan usia, maka resiko kanker ovarium juga makin meningkat. Fakta menunjukkan bahwa banyak kasus kanker ovarium yang berkembang pasca masa menopause. Meski demikian, wanita yang lebih muda juga tidak bebas dari resiko kanker ovarium.

Rekomendasi terkait:

Belum Pernah Hamil

Resiko kanker ovarium juga akan lebih besar bagi wanita yang belum pernah hamil. Wanita lajang dan yang belum pernah hamil beresiko tinggi terkena kanker ovarium karena siklus menstruasi.

Pada saat ovulasi atau pelepasan telur terjadi kerusakan atau luka pada sel-sel epitel ovarium. Kondisi sel-sel epitel yang masih luka akan lebih parah jika terjadi ovulasi lagi. Kondisi ini dapat mengakibatkan terjadinya sel-sel tumor.

gejala kanker ovarium (doc shutterstock)

gejala kanker ovarium (doc shutterstock)

Faktor Resiko Penyebab Kanker Ovarium Sebaiknya dipahami

Sebagian faktor resiko penyebab kanker ovarium ini sulit dihindarkan. Faktor riwayat keluarga pernah terdiagnosis kanker, faktor mutasi gen, dan pertambahan usia adalah kondisi yang tidak mungkin dapat kita hilangkan. Meski demikian, faktor resiko penyebab kanker ovarium ini dapat menjadi pengingat yang baik agar kita melakukan deteksi kanker ovarium sejak dini.

Menurut Dr Cohn, Direktur dari Divisi Ginekologi dan Onkologi dan professor Obstetri dan Ginekologi di Universitas Ohio, Amerika Serikat, kanker ovarium yang terdeteksi sejak dini maka masih bisa disembuhkan. Namun, jika baru diketahui pada stadium akhir, maka kanker ovarium sudah sulit untuk disembuhkan. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Sumber:

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *