Apa Saja Sih Penyebab Penyakit Kista Ovarium

penyebab penyakit kista ovarium ketahui sejak dini
penyebab penyakit kista ovarium ketahui sejak dini

Sahuta.com-Yogyakarta. Apa saja sih penyebab penyakit kista ovarium itu? Penyakit kista ovarium adalah penyakit yang paling sering menyerang indung telur wanita. Meski  bersifat tumor jinak, tetapi bila mengalami pembesaran dan penyebaran ke organ sekitar indung telur, maka penyakit kista ovarium dapat membahayakan.

Kista adalah benjolan yang menyerupai kantong berisi cairan, udara atau nanah yang ada di indung telur atau ovarium. Besar kantong ini antara 1-5 sentimeter. Penyakit kista ovarium dapat mengganggu proses reproduksi berupa kesulitan untuk hamil, keguguran, dan menghalangi bayi lahir secara normal.

penyebab penyakit kista ovarium ketahui sejak dini
penyebab penyakit kista ovarium ketahui sejak dini

Penyebab penyakit kista ovarium

Penyebab penyakit kista ovarium adalah berbagai faktor yang mengakibatkan terjadinya kista. Banyak faktor yang dapat menjadi faktor resiko penyebab penyakit kista ovarium.

Penyebab penyakit kista ovarium:

  • Penyakit kista ovarium dapat disebabkan oleh kista fungsional dan kista dengan sel abnormal. Penyakit kista fungsional terjadi karena gangguan siklus menstruasi. Sementara, kista dengan sel abnormal muncul karena pertumbuhan sel yang tidak normal. Sebagian kista dengan sel abnormal ini dapat mengakibatkan kanker ovarium.
Penyebab penyakit kista ovarium yang sebaiknya anda tahu
Penyebab penyakit kista ovarium yang sebaiknya anda tahu
  • Asupan makanan. Makanan kaya lemak dapat meningkatkan hormon testosteron pada wanita. Pertambahan hormon testosteron ini akan menjadi sumber hormon yang tidak normal bagi hormon estrogen. Akibatnya, hormon estrogen tidak mampu bekerja dengan baik. Kondisi ini akan memudahkan perkembangan kista ovarium, miom, dan berbagai penyakit lainnya.
  • Wanita yang mengalami penyakit kista biasanya hanya menghasilkan hormon hipofisis yang kurang. Kondisi kekurangan hormon hipofisi ini akan menurunkan fungsi normal indung telur. Dalam keadaan indung telur tidak berfungsi, maka bisa muncul pertumbuhan benjolan kista di bagian dalam alat vital wanita.

Penyebab Penyakit Kista Ovarium- tingkat Keganasan

Tingkat keganasan penyakit kista ovarium dapat dibagi menjadi dua jenis. Pertama, Kista non-neoplastik. Jenis kista yang jinak dan tidak berbahaya. Jenis kista ini dapat pulih sendiri tanpa penangan medis. Waktu yang dibutuhkan biasanya antara dua hingga tiga bulan.

penyebab penyakit kista ovarium
penyebab penyakit kista ovarium

Kedua, kista neoplastik. Jenis kista ini harus diangkat melalui prosedur operasi. Namun, keputusan untuk mengangkatnya disesuaikan pada sifat dan ukuran kista.

Penyakit Kista Ovarium Menahun Bisa sembuh

Penyakit kista ovarium non-neoplatik bisa sembuh dengan sendirinya. Sementara, kista neoplastik membutuhkan prosedur pengangkatan melalui meja operasi. Penyakit kista ovarium menahun juga bisa sembuh dengan menggunakan terapi pengobatan obat herbal alami penyakit kista. Sesuai namanya, cara mengobati penyakit kista ini dilakukan dengan menggunakan obat herbal alami.

Kisah kesembuhan Ibu Hj Ratnawati dari penyakit kista menahun adalah sebuah kisah nyata tentang keberhasilan pengobatan kista ovarium dengan menggunakan obat herbal alami penyakit kista. Anda juga bisa mengalami penyembuhan dari penyakit kista tanpa harus melalui operasi. (Dituliskan dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

referensi: kompas.com

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*