Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyebab penyakit jantung koroner
Penyebab penyakit jantung koroner

Sahuta.com-Yogyakarta. Penyebab penyakit jantung koroner adalah berbagai faktor resiko yang meningkatkan potensi terjadinya penyakit jantung. Penyebab penyakit jantung bukan hanya masalah tunggal, tetapi umumnya disebabkan oleh berbagai masalah yang kompleks.

Penimbunan lemak di dalam arteri atau pembuluh darah adalah penyebab utama penyakit jantung koroner. Penimbunan lemak ini dapat mengganggu suplai darah ke jantung. Suplai darah yang kurang akibat aterosklerosis dapat memicu penggumpalan darah. Terjadinya trombosis dapat berakibat fatal karena akan memblokir suplai darah ke jantung.

Penyebab penyakit jantung koroner
Penyebab penyakit jantung koroner

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok, pola hidup yang tidak sehat, dan kelebihan berat badan. Penyebab penyakit jantung koroner lainnya adalah karena faktor usia, riwayat keluarga, dan jenis kelamin. Dan, masalah penyakit jantung koroner juga dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi, diabetes mellitus, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner Yang Dapat Dikendalikan

Faktor penyebab jantung koroner yang dapat dikendalikan adalah penyebab jantung koroner yang dapat dihindarkan, dijaga, dan dicegah. Dengan kemampuan untuk mengendalikan penyebab jantung koroner ini, maka dengan sendirinya resiko penyakit jantung koroner akan menurun.

Penyebab penyakit jantung koroner akibat kebiasaan merokok
Penyebab penyakit jantung koroner akibat kebiasaan merokok

Kebiasaan Merokok

Penggumpalan darah dapat diakibatkan oleh karena kandungan karbon dioksida di dalam asap rokok dan kandungan nikotin pada rokok. Bukan hanya dapat mengakibatkan penggumpalan darah, karbon dioksida dan nikotin juga sangat membebani jantung sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa kimia di dalam rokok dapat merusak dinding arteri jantung. Hal ini akan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan serangan penyakit jantung. Bukan hanya sekedar pemborosan, kebiasaan merokok juga akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner hingga 25%.

Pepatah bijak mengungkapkan bahwa “matikan rokok anda, sebelum rokok anda mematikan anda.” Hanya dengan menghentikan kebiasaan merokok saja, maka anda akan menikmati tingkat kesehatan dan tingkat pemasukan yang lebih baik. Jadi, mau masih mau melanjutkan kebiasaan merokok?

Penyebab penyakit jantung koroner akibat pola makan tidak sehat
Penyebab penyakit jantung koroner akibat pola makan tidak sehat

Pola hidup Yang Tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat berkaitan dengan pola makan yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan menu makan yang tidak baik. Pola makan tidak sehat diantaranya adalah pola makan yang kaya asupan daging merah, lemak tinggi, dan alkohol.

Kebiasaan kurang aktivitas fisik berupa olahraga juga tidak baik bagi kesehatan jantung. Kemudian, menu makanan yang tidak seimbang juga tidak baik bagi kesehatan jantung. Jarang mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran adalah contoh menu makan yang tidak sehat.

Kelebihan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Kelebihan berat badan akan mengakibatkan kinerja jantung menjadi lebih berat. Fakta mengungkapkan bahwa kelebihan berat badan akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Penyebab penyakit jantung koroner akibat obesitas kelebihan berat badan
Penyebab penyakit jantung koroner akibat obesitas kelebihan berat badan

Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner Yang Tidak Dapat Dikendalikan

Faktor penyebab jantung koroner yang tidak dapat dikendalikan, tidak dapat dihindarkan, dan tidak dapat diminimalisir. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan upaya pencegahan sejak awal dengan gaya hidup sehat.

Faktor Usia

Semakin tua usia, maka resiko penyakit jantung koroner juga akan meningkat. Dengan kata lain, seiring dengan pertambahan usia, maka resiko penyakit jantung koroner juga akan semakin bertambah tinggi.

Penyebab penyakit jantung koroner faktor genetik riwayat keluarga
Penyebab penyakit jantung koroner faktor genetik riwayat keluarga

Jenis Kelamin

Pria memiliki resiko penyakit jantung koroner yang lebih besar daripada wanita. Meski demikian, para wanita yang menopause juga memiliki resiko penyakit jantung yang juga tinggi.

Riwayat Keluarga

Faktor genetik atau keturunan juga memiliki peranan besar yang meningkatkan resiko penyakit jantung koroner. Jadi, jika anda memiliki anggota keluarga inti yang mengalami masalah jantung koroner, maka anda sebaiknya lebih mawas diri. Ingat, faktor keturunan adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung koroner.

Penyebab penyakit jantung koroner faktor genetik riwayat keluarga
Penyebab penyakit jantung koroner faktor genetik riwayat keluarga

Hindari Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Cara terbaik untuk menghindari penyakit jantung koroner adalah dengan mengurangi, membatasi, dan menghindari penyebab penyakit jantung koroner itu sendiri. Caranya? Jika anda memiliki riwayat keluarga pernah menderita penyakit jantung koroner, maka kembangkanlah kebiasaan untuk sering memeriksakan kesehatan anda ke dokter.

Hanya itu? Tidak! Pastikan bahwa anda menghentikan kebiasaan merokok, jaga agar berat badan anda sesuai dengan indeks massa tubuh, dan konsumsilah menu makanan yang kaya buah-buahan dan sayur-sayuran. Hindari stres berlebihan, nikmati hidup anda, dan kembangkan kebiasaan rutin olahraga sesuai usia dan kondisi tubuh anda. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*