Penyebab Penyakit Insomnia

Sahuta.com-Yogyakarta. Penyebab penyakit insomnia adalah berbagai faktor yang meningkatkan resiko gangguan susah tidur. Penyebab penyakit insomnia ini bisa berbeda antara satu orang dengan lainnya. Oleh karena itu, mengetahui secara lebih mendalam tentang penyebab penyakit insomnia dapat menjadi sebuah pencerahan untuk kesehatan yang lebih baik.

Insomnia adalah gangguan susah tidur yang sangat menyiksa. Penyakit insomnia dapat mengakibatkan seseorang tidak mampu tidur dengan baik selama berbulan-bulan. Tentu, kondisi ini akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara signifikan, sehingga dapat meningkatkan resiko munculnya berbagai penyakit kronis lainnya.

penyebab penyakit insomnia

penyebab penyakit insomnia

Penyebab Penyakit insomnia

Penyakit insomnia dapat terjadi oleh karena penyebab yang kompleks. Insomnia bisa terjadi karena masalah psikologis, terganggunya jam biologis tidur, dan pola makan yang buruk. Namun, penyakit insomnia gangguan susah tidur juga bisa terjadi karena serangan penyakit lain.

Berikut ini adalah penyebab penyakit imsomnia sebagai dilansir oleh The Huffington Post.

Nyeri Kronis

Masalah penyakit artritis, sakit punggung, dan asam refluks dapat menyebabkan rasa nyeri kronis. Serangan berbagai penyakit kronis ini dapat menggangu kualitas tidur, sehingga jam tidur biologis juga turut terganggu.

penyebab penyakit insomnia susah tidur malam hari

penyebab penyakit insomnia susah tidur malam hari

Gangguan susah tidur ini bukannya membuat rasa nyeri menjadi berkurang, justru dapat membuat rasa nyeri menjadi lebih berat. Dalam hal ini, cara mengatasi penyakit nyeri kronis juga berarti cara mengobati penyakit insomnia.

Depresi atau kecemasan

Masalah yang belum selesai dan tidak kunjung selesai dapat membebani pikiran sehingga menjadi susah tidur. Persoalan keluarga, persoalan pekerjaan, dan persoalan pribadi yang tidak tuntas tentu harus diatasi sehingga tidak mengganggu pemikiran terus-menerus.

penyebab penyakit insomnia susah tidur malam hari akibat depresi

penyebab penyakit insomnia susah tidur malam hari akibat depresi

Cara mengobati depresi atau kecemasan yang paling baik adalah dengan kemampuan untuk berdamai dengan masalah yang ada. Dengan berdamai dengan masalah berarti anda belajar untuk menerima persoalan sebagai sebuah proses hidup yang mendewasakan.

Ingat, masalah yang tidak pernah diselesaikan tidak akan pernah selesai. Tetapi, masalah yang dihadapi sampai tuntas akan selesai. Berdamai dengan masalah berarti menuntaskan masalah sampai selesai.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Pemakaian obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab penyakit insomnia. Obat-obatan yang mengandung kafein dan stimulan tertentu dapat meningkatkan resiko gangguan susah tidur.

penyebab penyakit insomnia susah tidur malam hari akibat konsumsi obat-obatan

penyebab penyakit insomnia susah tidur malam hari akibat konsumsi obat-obatan

Jenis obat-obatan tertentu dapat mengganggu fase tidur, menghambat produksi hormon melatonin, dan mengganggu kadar alami enzim dalam tubuh. Jenis obat-obatan untuk mengatasi flu, hipertensi, dan penyakit asma dapat meningkatkan resiko gangguan susah tidur.

Salah satu cara mengatasi penyakit insomnia adalah dengan mengurangi, membatasi, dan menghindari pemakaian obat-obatan. Dengan cara ini, berarti masalah gangguan susah tidur dapat diminimalisir. Jadi, pastikan bahwa anda hanya mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menyelesaikan masalah penyakit dengan cara yang tidak mengganggu tidur.

Asupan makanan dan minuman

Asupan makanan yang mengandung kafein dapat menjadi penyebab penyakit insomnia yang tidak disadari. Asupan makanan kafein, yang terdapat di dalam kopi,teh, dan coklat dapat meningkatkan resiko gangguan susah tidur.

penyebab penyakit insomnia susah tidur malam hari asupan kafein

penyebab penyakit insomnia susah tidur malam hari asupan kafein

Asupan makanan dalam porsi besar yang dinikmati menjelang jam tidur juga dapat mengganggu tidur. Asupan makanan yang berlebihan dan dikonsumsi sebelum jam tidur akan memicu rasa panas di bagian dada, sehingga kita akan mengalami susah untuk tidur.

Penyakit Syaraf

Gangguan penyakit syaraf dan otak juga dapat menjadi penyebab penyakit insomnia. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan di bagian otak dan zat kimia tertentu.

penyebab penyakit insomnia susah tidur malam hari akibat alergi

penyebab penyakit insomnia susah tidur malam hari akibat alergi

Alergi

Gangguan Alergi juga menjadi salah satu penyebab penyakit insomnia. Hasil studi menunjukkan bahwa alergi saluran hidung dapat merupakan salah satu penyakit yang meningkatkana resiko gangguan tidur. Sebanyak 59% penderita penyakit alergi hidung ternyata mengalami gangguan susah tidur.

Sindrom kaki tidak mau diam

Sindrom kaki tidak mau diam dapt menimbulkan sensasi tidak nyaman pada kaki. Kondisi ini akan sangat mengganggu karena dapat mengakibatkan kesulitan untuk tidur nyenyak. Masalah kaki yang tidak mau diam, bergerak-gerak ini juga dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk tidur di malam hari.

penyebab penyakit insomnia susah tidur di malam hari

penyebab penyakit insomnia susah tidur di malam hari

Cara Mengatasi Penyebab Penyakit Insomnia

Cara mengatasi mengatasi penyakit insomnia harus dapat menyelesaikan penyebab dan gejala penyakit insomnia dengan baik. Pastikan bahwa cara mengatasi penyakit insomnia dapat dilakukan secara alami tanpa harus menggunakan obat tidur dosis tinggi.

Cara mengatasi penyakit insomnia secara alami dapat dilakukan dengan melakukan perubahan pola hidup, pola makan, pola pikir, dan pola gerak secara baik. Asupan makanan buah dan sayuran juga dapat meningkatkan pemulihan insomnia. Obat insomnia alami Magozai adalah salah satu cara mengatasi penyakit insomnia tanpa menggunakan bahan kimia obat. Dengan cara ini, maka tubuh akan lebih aman dan terhindar dari dampak obat-obatan kimia. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Rerefensi:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *