Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

penyebab kanker kelenjar getah bening
penyebab kanker kelenjar getah bening

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening-www.sahuta.com. Penyebab kanker kelenjar getah bening adalah faktor-faktor yang meningkatkan resiko terkena kanker limfoma. Fakta menunjukkan bahwa penyebab utama kanker kelenjar getah bening adalah infeksi, virus, radang dan kanker.

Kanker limfoma atau kanker kelenjar getah bening adalah kanker ganas yang berkaitan dengan sistem limfatik. Penyakit limfoma adalah penyakit yang menggangu sistem kekebalan tubuh.

Penyebab Kanker Kelenjar getah Bening

Penyebab kanker kelenjar getah bening memang beraneka macam. Mulai dari pola hidup yang tidak sehat, faktor keturunanan, dan penyakit autoimun. Bahkan, gaya hidup tidak sehat, bahan kimia berbahaya, dan obesitas juga dapat menjadi penyebab kanker limfoma.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Sistem Kekebalan Tubuh

Kanker kelenjar getah bening dapat terjadi karena masalah sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini diakibatkan oleh adanya infeksi, efek obat, dan penyakit auto-imun.

penyebab kanker kelenjar getah bening
penyebab kanker kelenjar getah bening

Kanker kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi virus HIV adalah salah satu contoh yang nyata. Efek obat imunosupresif yang digunakan untuk mencegah penolakan transplantasi orga atau sumsum juga dapat mengakibatkan terjadinya kanker kelenjar getah bening.

Kanker kelenjar getah bening juga bisa terjadi karena penyakit auto-imun. Penyakit rheumatoid artristis adalah penyakit autoimun yang menyerang jaringan pelapis sendi. Kemudian, penyakit lupus adalah penyakit autoimun yang menyerang sel darah, kulit, sendi, dan organ tubuh juga dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Karena Infeksi

Bakteri dan virus tertentu dapat menyebabkan terjadinya infeksi sehingga mengkibatkan terjadinya kanker kelenjar getah bening. Kanker kelenjar getah bening dapat terjadi karena serangan virus secara langsung maupun secara tidak langsung. Serangan virus secara langsung diantaranya adalah virus HTLV-1 (Human T-lymphotrophic virus 1), virus EBV (Epstein-BarrĀ Virus), virus HHV-8 atau Human herpesvirus 8).

Serangan virus secara tidak langsung juga dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening. Serangan virus diantaranya adalah virus hepatitis C (HCV), virus Helicobacter pylori di bagian perut, virus Chlamydia psittaci di bagian mata. Serangan virus Campylobacter jejuni di bagian usus dan seranganĀ  Borrelia burgdorferi di bagian kulit dapat juga menjadi penyebab kanker kelenjar getah bening.

Penyebab kanker kelenjar getah bening
Penyebab kanker kelenjar getah bening

Penyebab kanker karena Riwayat Keluarga

Riwayat keluarga yang pernah terdiagnosa menderita kanker juga meningkatkan resiko terkena kanker. Menurut Noralane M Lindor, MD dari Mayo Clinic, resiko kanker akan meningkat sebesar dua kali lipat jika orangtua atau saudara kandung memiliki riwayat kanker.

Sementata, menurut Christine Stanislaw, MS, CGC dari Winship Cancer Institute, Emory University, potensi resiko kanker tidak dapat diremehkan. Meskipun menurutnya, hanya ada kasus kanker sebesar 5-10% yang emiliki hubungan dengan faktor keturunan.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Karena Bahan Kimia

Faktor resiko penyebab kanker kelenjar getah bening juga dapat terjadi karena paparan bahan kimia berbahaya. Contohnya adalah penggunaan bahan pewarna tekstil pada makanan, pestisida, dan bahan kosmetik yang mengandung zat berbahaya.Makanan yang mengandung pengawet, penyedap rasa dan penyerap rasa adalah contoh bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening.

Steroid yang biasa digunakan sebagai obat kuat dan penambah stamina juga memiliki efek kesehatan yang tidak baik. Pemakaian steroid justru dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening. Hal ini terjadi karena steroid mampu merangsang sel-sel di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan resiko pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyebab kanker kelenjar getah bening
Penyebab kanker kelenjar getah bening

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Karena Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma. Kebiasaan gaya hidup tidak sehat ini di antaranya adalah: kebiasaan merokok,malas bergerak, dan obesitas atau kegemukan.

Kebiasaan merokok juga akan meningkatkan potensi pembengkakan kelenjar getah bening. Kondisi ini terjadi karena kandungan bahan kimi yang terdapat di dalam rokok dapat menyebabkan perubahan struktur, fungsi saluran napas, dan jaringan paru-paru.

Baca juga:

Obesitas atau kegemukan juga menjadi penyebab kanker limfoma. Apalagi jika seseorang yang kegemukan memiliki pola makan makan yang tidak sehat, dengan sering makan gorengan dan daging merah.

Kebiasaan malas bergerak atau kurang olahraga adalah kebiasaan yang kontraproduktif dan tidak bagi bagi kesehatan.Bahkan, kurang berolahraga dapat meningkatkan resiko terkena kanker dan stroke. Sebaliknya, kebiasaan rajin berolahraga justru menurunkan resiko terkena kanker.

Hasil studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of East Anglia, Norwich, Inggris, mengungkapkan fakta dari manfaat rajin berolahraga. Menurut penelitian yang melibatkan 1.843 partisipan dari 14 negara ini: kebiasaan rajin berolahraga menurunkan resiko kanker, stroke, jantung koroner dan depresi. Bahkan, rajin berolahraga akan meningkatkan kemampuan daya ingat, fungsi fisik, dan tingkat kebugaran tubuh. (Baca juga: Cara Sembuh Dari Kanker Kelenjar getah Bening)

Penyebab kanker kelenjar getah bening
Penyebab kanker kelenjar getah bening

Kanker Kelenjar getah bening Masih dapat Disembuhkan

Bagaimana respon anda setelah mengetahui faktor penyebab kanker kelenjar getah bening di atas? Jangan jadikan itu sekedar sebagai penambah pengetahuan semata, tetapi jadikan pengetahuan ini sebagai dasar alasan untuk menjalani kebiasaan hidup yang sehat.

Jika ada anggota keluarga yang menderita kanker kelenjar getah bening, apakah masih ada harapan untuk sembuh? Ya, masih ada harapan untuk sembuh dari kanker kelenjar getah bening. Kanker kelenjar getah bening masih bisa disembuhkan. Fakta membuktikan bahwa sudah ada orang yang sembuh dari kanker kelenjar getah bening yang sudah tidak tertolong secara medis. Jadi, jangan menyerah! Teruskan pengobatan kanker kelenjar getah bening sambil berdoa berharap mujizat kesembuhan. (Disarikan dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*