Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi adalah penyakit yang terjadi karena tekanan darah yang berlebihan. Penyakit tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan terjadinya berbagai masalah kesehatan yang parah.  Penyakit darah tinggi ini adalah penyakit yang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang kronis.

Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Bila anda sering dicubit di bagian tubuh yang sama, maka semakin lama, tingkat rasa sakitnya akan semakin berkurang. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena tubuh kita menyesuaikan diri dengan tingkat rasa sakit yang berulang-ulang terjadi.

Begitu juga yang terjadi dengan penyakit tekanan darah tinggi. Bila sudah terbiasa memiliki tekanan darah tinggi, kadangkala orang justru sudah merasa nyaman dan terbiasa dengan situasi ini. Padahal, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit yang kronis.

penyakit tekanan darah tinggi harus diwaspadai

penyakit tekanan darah tinggi harus diwaspadai

Penyakit Tekanan Darah Tinggi Tanpa Gejala

Orang yang sudah terbiasa dengan tekanan darah tinggi tidak sadar bahwa dia sedang berada dalam ancaman bahaya. Tekanan darah tinggi, bahkan sampai pada tingkat hipertensi  dengan angka  ≥ 200/120 mm/HG sekalipun,  kadang tidak memberikan gejala apapun! Biasanya orang yang mengalaminya hanya mengaku merasa pusing-pusing dan pegal-pegal ringan.

Keadaan inilah yang membuat orang menyepelekan penyakit hipertensi. Banyak orang yang cenderung menganggap bahwa bila sudah dapat diturunkan, maka penyakit hipertensi ini sudah selesai.

Sebenarnya, kenaikan tensi yang jauh diatas normal akan berakibat buruk dalam jangka waktu panjang. Efek kerusakan yang terjadi karena hipertensi terakumulasi selama bertahun-tahun hingga bisa menimbulkan penyakit jantung dan pembuluh darah. Bagi penderita hipertensi kronis, ada ancaman bahaya yaitu terjadinya stroke, pecahnya pembuluh darah dan penyakit jantung yang dapat mengancam sewaktu-waktu.

penyakit tekanan darah tinggi

penyakit tekanan darah tinggi

Penyebab Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi hipertensi akan semakin mengancam ketika kita memiliki kebiasaan hidup yang kurang baik dan sehat. Faktor-faktor resiko yang menjadi penyebab hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi harus dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali.

Faktor Penyebab  Penyakit Tekanan Darah Tinggi

  • Kegemukan atau obesitas
  • Keturunan keluarga yang memiliki riwayat hipertensi
  • Kebiasaan makan kurang makan buah dan sayuran
  • Kebiasaan kurang banyak gerak, terlalu banyak pasif dan duduk
  • Kebiasaan terlalu banyak minum alkohol
  • Kebiasaan terlalu banyak minum kopi
  • Kurang tidur
  • Konsumsi banyak makanan yang mengandung garam tinggi
penyakit tekanan darah tinggi dapat diobati

penyakit tekanan darah tinggi dapat diobati

Gejala Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Gejala darah tinggi tidak menunjukkan diri secara spesifik. Namun, gejala tekanan darah tinggi ini muncul melalui beberapa kebiasaan yang terjadi pasca mengalami tekanan darah yang jauh di atas normal.

  • Sering mengalami sakit kepada dan pusing
  • Detak jantung cenderung lebih cepat atau sering merasa berdebar-debar
  • Frekwensi buang ari kecil lebih meningkat dari biasanya
  • Mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi
  • Mudah sekali mengalami kecapekan
  • Sangat sensitif , emosional dan mudah marah dengan situasi yang tidak ideal
  • Pandangan mata menjadi lebih kurang atau mengalami masalah di bagian penglihatan
  • Mengalami mimisan atau sering mengalami pendarahan di bagian hidung.
  • Sering merasa dunia seperti berputar atau gejala vertigo
penyakit tekanan darah tinggi hipertensi

penyakit tekanan darah tinggi hipertensi

Cara Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Segera periksakan kondisi kesehatan anda, agar bisa dilakukan upaya pencegahan sejak dini. Dengan cara ini, maka kemungkinan besar dampak komplikasi penyakit kronis yang terjadi akibat tekanan darah tinggi dapat dihindarkan. Cara mengobati tekanan darah tinggi yang paling mudah adalah dengan menjaga tekanan darah secara alami.

Biasakan untuk bergerak secara aktif atau berolahraga secara rutin. Biasakan untuk mengkonsumsi minimal 5 porsi buah dan 2 porsi sayuran setiap hari. Biasakan untuk menjaga pola makan dengan mengurangi lemak, garam, dan makanan manis. Biasakan untuk hidup dalam keseimbangan dengan rekreasi, melakukan pekerjaan sesuai minat, dan hidup berdamai dengan berbagai permasalahan hidup. (diolah dari berbagai sumber oleh : Bertinus Sijabat)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *