Penyakit Jantung Koroner, Gejala, dan Penyebabnya

Penyakit Jantung Koroner, Gejala, Penyebab dan cara mengobati secara alami
Penyakit Jantung Koroner, Gejala, Penyebab dan cara mengobati secara alami

Sahuta.com-Yogyakarta. Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Fakta menunjukkan bahwa sekitar 35% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Hal ini berarti lebih dari sepertiga kematian yang ada di Indonesia, terjadi karena masalah penyakit jantung.

Penyakit jantung koroner terjadi ketika aliran darah yang menuju ke jantung terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak di dalam pembuluh darah ini disebut dengan istilah aterosklerosis. Suplai darah yang terganggu ini dapat menyebabkan terbentuknya trombosis atau penggumpalan pembuluh darah. Serangan penyakit jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung terblokir sepenuhnya.

Penyakit Jantung Koroner, Gejala, Penyebab dan cara mengobati secara alami
Penyakit Jantung Koroner, Gejala, Penyebab dan cara mengobati secara alami

Penyebab Penyakit jantung Koroner

Penyebab penyakit jantung koroner adalah faktor-faktor yang meningkatkan resiko terjadinya sakit jantung koroner. Penyebab penyakit jantung diantaranya adalah: penimbunan lemak dalam arteri, kebiasaan merokok, pola hidup tidak sehat, kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan penyakit diabetes atau gula darah tinggi.

Penyebab penyakit jantung lainnya adalah obesitas atau kegemukan, faktor usia, riwayat keluarga, dan jenis kelamin. Kelebihan berat badan akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi(hipertensi), kolesterol tinggi, gula darah tinggi atau diabetes.

Semakin tua usia, maka resiko  jantung koroner juga meningkat. Riwayat keluarga pernah terdiagnosa mengalami penyakit jantung juga akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Fakta menunjukkan bahwa pria lebih rentan menderita penyakit jantung koroner dibandingkan dengan wanita. Hanya saja, wanita yang telah menopause juga memiliki resiko jantung koroner yang signifikan.

Penyakit Jantung Koroner, Gejala, dan Penyebab dan cara mengatasinya
Penyakit Jantung Koroner, Gejala, dan Penyebab dan cara mengatasinya

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Gejala penyakit jantung adalah tanda-tanda, petunjuk, dan ciri-ciri ancaman resiko penyakit jantung. Gejala jantung koroner terbagi atas dua kategori berdasarkan tingkat penyumbatan aliran darah ke jantung.

Gejala penyakit jantung adalah:

  • Rasa nyeri di sekitar dada
  • Sakit dada yang bisa menyebar ke leher, rahang, lengan kiri dan punggung
  • Rasa sesak atau kondisi seperti tertindih
  • Sesak napas
  • Mual
  • Mudah lelah
  • Rasa pusing dan gelisah
  • Kesulitan bernapas
  • Merasa lemas
  • Mudah panik

Jika anda merasakan bahwa anda pernah, sedang, dan berulangkali mengalami berbagai gejala penyakit jantung ini, maka segeralah periksakan kesehatan anda kepada dokter. Gejala-gejala penyakit jantug ini harus segera dipastikan apakah benar penyakit jantung atau bukan. Cara pencegahan penyakit jantung dapat dilakukan secara lebih cepat, lebih baik, dan efektif apabila ditangani sejak dini. Dengan mengatasi gejala penyakit, maka diharapkan penyakit jantung dapat dihindari sejak awal.

Penyakit Jantung, Gejala, dan Penyebabnya
Penyakit Jantung, Gejala, dan Penyebabnya

Jenis Penyakit Jantung Koroner

Jenis penyakit jantung koroner dapat dibagi atas 2 jenis berdasarkan tingkat penyumbatan aliran darah ke jantung. Pertama, jenis penyakit jantung angina dan kedua adalah jenis penyakit jantung serangan jantung.

Penyakit jantung koroner angina adalah penyakit jantung yang terjadi karena kurangnya suplai darah ke otot jantung akibat penyempitan pembuluh darah. Secara awam, istilah angina lebih dikenal sebagai angin duduk. Gangguan suplai darah ini akan meningkatkan resiko serangan jantung.

Penyakit jantung koroner serangan jantung adalah penyakit jantung yang terjadi karena aliran darah menuju jantung terhambat sepenuhnya. Penyebab utama serangan jantung adalah karena terjadinya gumpalan darah atau trombosis.

Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan cara mengatasi Jantung koroner
Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan cara mengatasi Jantung koroner

Cara Penanganan Penyakit Jantung

Penyakit jantung harus ditangani dengan tepat dan cepat. Pertolongan pengobatan medis dan cara hidup sehat adalah cara penanganan penyakit jantung yang dapat anda pilih. Pengobatan penyakit jantung dengan menggunakan obat Magozai herbal teruji dan terpercaya juga dapat menjadi alternatif pengobatan penyakit jantung. Jika penyakit jantung tidak ditangani dengan benar, maka penyakit jantung dapat mengakibatkan gagal jantung. Bila kondisi seperti ini terjadi, maka keselamatan jiwa penderita jantung menjadi sangat terancam. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Referensi: alodokter.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*