Penyakit Insomnia, Gejala dan Penyebabnya

Sahuta.com-Yogyakarta. Penyakit Insomnia, Gejala dan Penyebabnya adalah sebuah penjelasan mengenai penyakit insomnia, gejala penyakit insomnia, dan penyebab penyakit insomnia. Dalam artikel kesehatan ini, anda akan mengetahui secara lebih jelas tentang penyakit gangguan tidur insomnia, gejala, dan penyebabnya. Harapan kami adalah dengan informasi ini, maka anda akan dapat lebih mawas diri dan menjaga kesehatan secara lebih baik.

Penyakit insomnia, Gejala dan Penyebabnya

Insomnia adalah gangguan susah tidur berupa kesulitan untuk tidur, ketidakmampuan untuk tidur dengan baik, dan kekurangan durasi waktu tidur yang benar. Gangguan susah tidur ini harus ditangani secara cepat dan tepat, sehingga tidak menimbulkan berbagai masalah penyakit lainnya.

Penyakit insomnia gangguan susah tidur malam

Penyakit insomnia gangguan susah tidur malam

Gangguan kesulitan untuk tidur ada yang  bersifat akut dan  kronis. Penyakit susah tidur malam insomnia akut adalah gangguan susah tidur dalam jangka waktu pendek, mungkin hanya beberapa hari saja. Penyakit susah tidur malam insomnia kronis adalah gangguan susah tidur dalam jangka waktu yang relatif panjang, yaitu bisa bersifat bulanan.

Ketidakmampuan untuk tidur dengan baik adalah kondisi dimana seseorang tidak mempunyai tidur yang berkualitas. Dalam hal ini, sering mengalami gangguan susah tidur, sering bangun di waktu dini hari, dan tidak bisa tidur kembali dengan nyenyak.

Kekurangan durasi waktu tidur berarti jumlah waktu tidur tidak sesuai dengan kebutuhan waktu tidur yang benar. Dalam jangka waktu pendek, mungkin hanya akan mengakibatkan tubuh kurang fit, mudah lelah, dan tidak dapat berpikir dengan jernih. Namun, jika insomnia tidak ditangani dengan baik, maka dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang sangat mengganggu.

Penyakit insomnia susah tidur malam

Penyakit insomnia susah tidur malam

Gejala Penyakit insomnia

Ciri-ciri adanya gangguan susah tidur ditandai dengan berkurangnya durasi waktu tidur yang berkualitas. Harus diakui bahwa durasi waktu tidur yang baik bagi setiap orang memang berbeda-beda. Jumlah waktu tidur seseorang dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, lingkungan, dan pola makan.

Gejala insomnia:

  • Mengalami kesulitan untuk tidur
  • Sering terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur kembali dengan nyenyak
  • Sulit berkonsentrasi dengan baik
  • Mudah lelah
  • Sering uring-uringan
  • Tidak bisa tidur siang meskipun tubuh sedang lelah
Penyakit insomnia, gejala, penyebab dan cara mengatasinya

Penyakit insomnia, gejala, penyebab dan cara mengatasinya

Penyebab penyakit  insomnia

Penyebab insomnia adalah berbagai faktor yang meningkatkan resiko kesulitan untuk bisa tidur dengan baik. Penyebab penyakit gangguan susah tidur  insomnia dapat bersifat tunggal, tetapi lebih sering bersifat kompleks, yaitu karena berbagai masalah yang mengganggu dalam kehidupan keseharian.

Penyebab insomnia:

  • Masalah kesehatan fisik
  • Gangguan psikologis berupa stres, beban pikiran, dan beban pekerjaan
  • Masalah pribadi yang tidak kunjung selesai
  • Efek samping obat-obatan
  • Jam kerja shift malam
  • Ketidaknyamanan pada tempat tidur
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Berbagai penyakit kronis lainnya
Penyakit insomnia gangguan susah tidur malam dan cara mengatasinya

Penyakit insomnia gangguan susah tidur malam dan cara mengatasinya

Asupan makanan pantangan penyakit insomnia

Asupan makanan pantangan penyakit gangguan susah tidur insomnia adalah bahan makanan dan minuman yang meningkatkan resiko penyakit gangguan susah tidur insomnia. Salah satu cara paling baik untuk menurunkan resiko penyakit susah tidur malam insomnia adalah dengan mengurangi, membatasi, dan menghindari asupan makanan pantangan penyakit gangguan susah tidur insomnia.

Asupan makanan pantangan penyakit insomnia:

  • Konsumsi makanan dengan porsi berlebihan
  • Minum Alkohol
  • Merokok sebelum jam tidur
  • Minuman kafein seperti kopi dan turunannya
  • Minuman teh
insomnia gangguan susah tidur malam

insomnia gangguan susah tidur malam

Cara Mengobati penyakit insomnia

Cara mengobati penyakit gangguan susah tidur insomnia harus dilakukan secara tepat dan cepat. Dengan demikian, cara mengobati insomnia harus mampu menjawab persoalan penyebab penyakit gangguan susah tidur malam dengan baik. Bila penyakit gangguan susah tidur insomnia terjadi karena stres, maka masalah stres ini harus dapat diatasi dengan baik. Bila penyebab penyakit gangguan susah tidur insomnia adalah akibat penyakit lainnya, maka masalah penyakit itu juga harus diatasi terlebih dahulu.

Cara mengobati penyakit gangguan susah tidur insomnia secara alami adalah dengan memperbaiki gaya hidup dan pola pikir yang menyebabkan terjadinya insomnia. Perubahan gaya hidup dapat dilakukan dengan mengembangkan kebiasaan berolahraga dan  mengurangi asupan makanan pantangan penyakit insomnia. Perubahan pola pikir mencakup kemampuan untuk berdamai dengan masalah, penyakit, dan persoalan. Kesabaran, keikhlasan, dan kepercayaan akan adanya solusi atas masalah dapat menjadi solusi yang baik untuk mengatasi penyakit susah tidur malam insomnia. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *