Penyakit Hipertensi Tekanan Darah Tinggi

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi disebut penyakit silent killer atau pembunuh diam. Penyakit hipertensi adalah gangguan masalah kesehatan yang terjadi karena tekanan darah tinggi atau tekanan darah sudah jauh melebihi normal.

Hipertensi adalah salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena kebanyakan orang mengabaikan, tidak terlalu sadar, dan cenderung tidak memiliki kebiasaan untuk mengukur tekanan darah.

penyakit hipertensi tekanan darah tinggi

penyakit hipertensi tekanan darah tinggi

Penyakit Hipertensi Tanpa Gejala

Penyakit hipertensi tekanan darah tinggi adalah penyakit tanpa gejala yang khas dan jelas. Sering kali terjadi bahwa seseorang tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami penyakit hipertensi. Padahal ancaman penyakit hipertensi sudah lama berada di dalam tubuhnya.

Tekanan darah Jarang Di Kontrol

Untuk mengetahui apakah tekanan darah seseorang normal atau tidak,  hanya dapat diketahui dengan cara mengukur tekanan darah.  Sebenarnya, cek tekanan darah juga sangat mudah dan murah. Cukup datang ke apotek terdekat atau puskesmas terdekat, maka anda sudah mengetahui tingkat tekanan darah anda.

Kebiasaan jarang chek-up kesehatan adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus diberantas. Kebiasaan untuk segera memeriksakan kesehatan adalah kebiasaan yang bermanfaat untuk  mencegah berbagai komplikasi penyakit kronis. Paling tidak, pastikan bahwa anda membiasakan diri untuk mengecek tekanan darah, kadar gula darah, dan kadar kolesterol secara rutin.

penyakit hipertensi tekanan darah tinggi berbahaya

penyakit hipertensi tekanan darah tinggi berbahaya

Jika anda merasa repot bila harus ke pusat pelayanan kesehatan, sebenarnya tekanan darah juga bisa anda ukur secara mandiri. Cukup dengan beli alat pengukur tekanan darah, maka anda segera bisa mengetahui tekanan darah anda secara lebih baik.

Penyakit Hipertensi Dapat Dikendalikan

Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang bisa dikendalikan apabila sejak awal kita sudah sadar akan harta kesehatan. Dengan demikian, tekanan darah tinggi tidak akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Tekanan darah tinggi dapat diturunkan secara perlahan sehingga membuat tekanan darah menjadi normal. Ketika tekanan darah menjadi normal maka penyakit hipertensi dapat dikendalikan.

Parameter Tekanan darah

Agar dapat mengetahui apakah tekanan darah anda tinggi, normal atau rendah, maka anda harus melakukan cek tekanan darah anda. Pengecekan tekanan darah yang baik adalah pengecekan tekanan darah  secara rutin dan kontinyu.

penyakit hipertensi tekanan darah tinggi

penyakit hipertensi tekanan darah tinggi

Berikut adalah hasil cek tekanan darah yang akan anda temui:

  • Tekanan darah atau tensi melebihi 180/120 mm/HG disebut juga hipertensi krisis/ berbahaya.
  • Tekanan darah atau tensi ≥140/90 mm/HG, maka disebut sebagai hipertensi tahap I.
  • Tekanan darah atau tensi ≥160/100 mm/HG disebut hipertensi tahap II.
  • Angka normal tekanan darah adalah yang berada di bawah 120/80 mmHG.

Cara memahami hasil cek tekanan darah

Tekanan darah yang normal adalah tekanan darah yang berada di bawah angka 120/80 mm/HG. Dengan angka tekanan darah yang normal ini berarti keadaan kesehatan anda adalah baik-baik saja.

Tekanan darah yang  melebihi 180/120 mm/HG  disebut juga hipertensi krisis/ berbahaya. Pada tahap ini, anda harus mulai melakukan upaya yang serius agar tekanan darah anda kembali menuju norma. Tekanan darah yang melebihi 120/80 adalah sebuah peringatan keras yang disampaikan oleh tubuh kepada anda.

penyakit hipertensi tekanan darah tinggi

penyakit hipertensi tekanan darah tinggi

Tekanan darah diatas ≥140/90 mm/HG, maka disebut sebagai hipertensi tahap I. Pada tahap ini, anda sudah mengalami penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Anda harus lebih serius dan sungguh-sungguh lagi dalam menjaga kesehatan anda.

Tekanan darah diatas ≥160/100 mm/HG disebut hipertensi tahap II. Pada tahap ini, anda sudah harus lebih hati-hati, lebih serius, dan lebih intens untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kemampuan untuk mengelola stres, mengelola asupan makanan, dan menjaga kebiasaan olahraga sesuai usia adalah mutlak untuk dilakukan. (ditulis dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *