Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Penyakit Gagal Ginjal Kronis-www.sahuta.com. Pernahkah anda mendengar, melihat, atau membaca tentang penyakit gagal ginjal kronis? Gagal ginjal kronis adalah suatu kondisi terjadinya penurunan fungsi ginjal secara bertahap. Gagal ginjal kronis adalah kondisi kerusakan ginjal, baik berupa kelainan jaringan, komposisi darah dan urine yang dialami lebih dari tiga bulan.

Penyakit gagal ginjal kronis serangan diam yang berbahaya

Jika mau jujur, tentu tidak ada orang yang mau mengalami masalah penyakit ginjal, apalagi gagal ginjal kronis bukan? Namun, semakin hari semakin banyak saja orang yang mengalami penyakit gagal ginjal kronis ini.

Fakta bahwa penyakit gagal ginjal kronis tidak menimbulkan gejala yang khas adalah kesulitan yang harus diatasi sesegera mungkin. Dalam situasi seperti ini, maka pemeriksaan kesehatan secara rutin, mengendalikan penyebab gagal ginjal kronis yang dapat dikendalikan, dan menyadari resiko gagal ginjal adalah pilihan paling baik.

penyakit gagal ginjal kronis

penyakit gagal ginjal kronis

Penyakit Gagal Ginjal Kronis Gejala Gagal Ginjal 

Gejala gagal ginjal kronis ditandai dengan kondisi sesak napas, mual-mual dan kelelahan kronis. Gejala gagal ginjal juga ditandai dengan pembengkakan pada tangan, kaki dan pergelangan kaki. Gejala gagal ginjal kronis juga ditandai dengan masalah buang air kecil yaitu: urin berdarah, gelembung busa pada urine, dan sering buang air kecil di malam hari.

Indikasi gagal ginjal kronis dapat diketahui dari hasil pemeriksaan darah, pemeriksaan urine, biopsi ginjal, dan pemindain ginjal. Pemeriksaan ginjal rutin sangat direkomendasikan bagi orang yang memiliki resiko tinggi terkena gagal ginjal kronis. Orang yang memiliki resiko terkena gagal ginjal kronis adalah orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, menderita diabetes, dan memiliki riwayat anggota keluarga penderita gagal ginjal kronis

Penyakit Gagal Ginjal Kronis Pencegahan

Pencegahan gagal ginjal dapat dilakukan dengan mengembangkan kebiasaan hidup yang sehat. Kebiasaan hidup sehat ini diantaranya dengan aktif berolahraga, asupan makanan kaya sayur dan buah,  dan menghindari stres berlebihan.

Penyakit gagal ginjal kronis Pengobatan

Penyakit gagal ginjal kronis Pengobatan

Upaya pencegahan juga dapat dilakukan dengan menjaga agar tekanan darah dapat dikendalikan dengan baik. Pastikan bahwa tekanan darah anda berada di angka normal yaitu  120/80. Jaga juga kadar gula darah agar tetap terkendali dengan baik. Kemudian, pastikan juga bahwa anda menghentikan kebiasaan merokok, menghindari alkohol, dan mengurangi makanan kaya lemak, garam, dan penyedap. (Baca juga: Cara Sembuh dari Penyakit Ginjal)

Penyakit Gagal Ginjal Kronis Pengobatan

Secara medis, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal. Oleh karena itu, cara pengobatan gagal ginjal terbaik yang  dapat dilakukan adalah dengan cara memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit gagal ginjal kronis dan mencegah terjadinya masalah penyakit serius lainnya.

Jika upaya ini tidak berhasil dilakukan maka gagal ginjal akan meningkat menjadi gagal ginjal stadium akhir. Dalam kondisi  gagal ginjal stadium akhir maka tidak ada jalan lain yang bisa dilakukan kecuali cuci darah (dialisis) atau transplantasi ginjal.

Penyakit gagal ginjal kronis harapan kesembuhan

Penyakit gagal ginjal kronis harapan kesembuhan

Penyakit Gagal Ginjal Kronis Harapan Kesembuhan

Penurunan fungsi ginjal masih dapat dicegah, dihambat atau dihentikan. Dengan kata lain, masih ada harapan kesembuhan bagi penderita gagal ginjal kronis. Ginjal yang sudah tidak berfungsi, infeksi atau mengalami peradangan masih ada harapan untuk dipulihkan. Caranya adalah dengan memperbaiki fungsi ginjal dengan menuntaskan penyebab gagal ginjal kronis. (Baca juga: Gejala Penyakit Ginjal Yang Harus Diwaspadai)

Pengobatan gagal ginjal kronis ini harus dilakukan secara holistik. Dalam arti, proses pemulihan membutuhkan kerja keras, kemauan, dan ketaatan dalam menjalankan proses terapi. Bukan sekedar minum obat herbal alami penyakit gagal ginjal kronis semata, lebih daripada itu, pasien harus melakukan perubahan pola hidup secara radikal.

Perubahan pola hidup ini mencakup komitmen untuk berhenti merokok, komitmen untuk mau berolahraga secara rutin, dan komitmen untuk mengurangi makanan pantangan. Hindari makanan kaya garam, kaya lemak, kaya gula, kaya pengawet dan penyedap. Hindari makan daging merah, daging yang dibakar, dan goreng-gorengan. (Dituliskan dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *