Penyakit Batu Empedu Bisa Dicegah

penyakit batu empedu dapat dicegah
penyakit batu empedu dapat dicegah

Penyakit Batu Empedu Bisa Dicegah-www.sahuta.com. Penyakit batu empedu adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada kandung empedu. Batu empedu dapat berupa kristal seperti butiran pasir dan bahkan bisa seukuran lebih besar daripada bola golf.

Batu empedu bisa berupa batu kolesterol dan batu pigmen. Adanya sumbatan pada saluran kandung empedu ini akan menimbulkan rasa sakit yang terjadi di bagian perut atas atau ulu hati.

Serangan rasa sakit di ulu hati dapat bersifat mendadak dan dapat pula terjadi secara berulang-ulang. Rasa sakit yang terjadi karena adanya penyakit batu empedu ini bisa terjadi selama beberapa jam lamanya.

penyakit batu empedu dapat dicegah
penyakit batu empedu dapat dicegah

Pencegahan Alami Penyakit batu kandung empedu

Cara mencegah penyakit batu kandung empedu dapat dilakukan secara alami. Dengan cara alami ini, maka kita akan terhindar dari penyakit batu empedu. Apa sajakah yang perlu kita lakukan sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit batu empedu?

Jaga berat tubuh yang ideal

Dengan menjaga berat badan secara ideal, kita sudah melakukan perawatan terhadap kandung empedu. Berat badan yang ideal ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit batu empedu dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Jaga Dengan Menurunkan Berat Badan Secara Perlahan

Jika anda sudah mengalami kegemukan atau obesitas, maka segera turunkan berat badan anda. Tetapi, cara penurunan berat badan juga harus dilakukan dengan cara yang benar.

penyakit batu empedu
penyakit batu empedu

Cara menurunkan berat badan harus dilakukan secara perlahan dan sistematis.  Penurunan berat badan secara drastis dan cepat sangat tidak disarankan. Penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba justru menjadi salah satu penyebab munculnya batu empedu.

Penurunan berat badan secara drastis dapat merangsang hati untuk mengeluarkan kolesterol dalam jumlah besar. Cairan kolesterol yang bersatu dengan cairan empedu ini justru bisa memunculkan batu empedu.

Jaga dengan Kebiasaan Diet Lemak

Rawat kandung empedu anda dengan mengembangkan kebiasaan hidup sehat. Lakukan diet lemak secara displin. Hal ini harus ditempuh karena konsumsi makanan kaya lemak bisa merangsang munculnya batu empedu.

Cara mengembangkan diet lemak adalah dengan mengurangi konsumsi makanan daging berwarna merah. Hindari makan daging sapi, daging kambing, dan daging hewan lainnya. Kemudian, kurangi juga konsumsi makanan yang kaya dengan lemak. Hindari makanan seperti bumbu rendang, soto berkuah santan kental, steak, dan makanan kaya lemak lainnya.

penyakit batu empedu dan pencegahannya
penyakit batu empedu dan pencegahannya

Jaga kadar Kolestrol tubuh

Cara menjaga agar kolestrol tubuh terjaga adalah dengan mengembangkan kebiasaan hidup sehat. Kurangi dan hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti makanan goreng-gorengan.

Jaga kolesterol anda tetap dalam ambang batas normal. Kurangi tingkat lemak darah jahat(LDL) dan tingkatkan lemak darah baik (HDL).

Kembangkan Kebiasan Rutin Berolahraga

Kebiasaan hidup dengan banyak bergerak, banyak beraktifitas fisik, dan rutin berolahraga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Rajin berolahraga akan membuat lemak yang ada di dalam tubuh. Hal ini sangat baik karena penurunan lemak tubuh akan berdampak positif, karena mengurangi resiko terbentuknya batu empedu.

penyakit batu empedu, gejaja dan pengobatannya
penyakit batu empedu, gejaja dan pengobatannya

Cara Mencegah Penyakit Batu Empedu

Cara mencegah penyakit empedu jauh lebih mudah daripada mengobatinya bukan? Cara mencegah penyakit batu empedu ini dapat dilakukan oleh semua orang yang sadar akan pentingnya kesehatan.

Kebiasaan merawat kandung empedu dapat dilakukan dengan: menjaga berat badan ideal, menjaga kadar kolesterol, mengembangkan pola makan rendah lemak, dan mengembangkan kebiasaan hidup aktif dengan rutin berolahraga. (Bertinus Sijabat-konsultan kesehatan www.sahuta.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*