Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis-www.sahuta.com. Pengobatan Penyakit gagal ginjal kronis yang benar adalah pengobatan yang disesuaikan dengan: (1) Tingkat keparahan penyakit gagal ginjal kronis, (2) Faktor Penyebab utama dari gagal ginjal kronis, dan (3) Upaya mencegah memburuknya fungsi ginjal.

Tingkat keparahan dari penyakit ginjal dapat diketahui dari stadium gagal ginjal. Cara pengukuran untuk memperoleh stadium gagal ginjal adalah dengan tes eFGR. Faktor penyebab utama gagal ginjal adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan gula darah tinggi atau diabetes. Salah satu upaya untuk mencegah memburuknya fungsi ginjal juga dapat dilakukan dengan mengetahui efek samping obat.

Gagal ginjal kronis adalah kondisi penurunan fungsi ginjal secara bertahap. Gagal Ginjal kronis adalah penyakit yang terjadi karena kerusakan ginjal, baik berupa kelainan jaringan, komposisi darah dan urine, yang terjadi selama lebih dari tiga bulan.

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis Menjaga Tekanan Darah

Kerusakan ginjal dapat dipercepat oleh tekanan darah tinggi atau hipertensi. Oleh karena itu, tekanan darah pasien gagal ginjal kronis harus selalu dikontrol dengan baik.Cara mengontrol tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan mengurangi asupan garam, rokok, dan cemilan.

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis Menjaga Lemak Darah

Lemak darah tinggi atau kolesterol tinggi juga harus dikendalikan agar pengobatan gagal ginjal kronis semakin efektif. Cara mengurangi kolesterol tinggi adalah dengan mengurangi berat badan, mengurangi asupan gorengan, dan mengindindari  makanan yang mengandung pengawet dan penyedap.

Baca juga:

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis Menjaga Kadar Gula Darah

Penyakit diabetes mellitus atau kencing manis adalah salah satu penyebab gagal ginjal kronis. Oleh karena itu, kadar gula darah harus dapat dikendalikan. Cara mengendalikan kadar gula darah dapat dilakukan dengan mengurangi asupan daging merah, menambah asupan sayur dan buah, dan mengurangi makanan yang kaya fruktosa.

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis Memperbaiki Keseimbangan Fosfat

Makanan yang kaya fosfat akan membuat kinerja ginjal semakin berat. Kondisi ini terjadi karena kelebihan fosfat akan disaring oleh  ginjal. Kelebihan fosfat akan meniimbulkan penumpukan fosfat yang mengakibatkan ginjal semakin rusak. Cara memperbaiki keseimbangan fosfat dapat dilakukan dengan mengurangi asupan makanan daging merah, mengurangi makanan berbahan susu, mengurangi makan telur dan makan ikan.

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis Mengurangi  Penumpukan Cairan

Penumpukan cairan di bagian pergelangan kaki harus dihindari sebaik mungkin. Penumpukan cairan ini terjadi karena penurunan fungsi ginjal, sehingga ginjal tidak mampu membuang cairan di dalam tubuh. Padahal, penumpukan cairan ini dapat memicu peningkatan tekanan darah. Cara mengurangi penumpukan cairan adalah dengan membatasi konsumsi garam dan cairan.

Baca juga:

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis Menambah Asupan Zat Besi dan Vitamin D

Orang yang mengalami gagal ginjal kronis tidak memiliki sel darah merah yang cukup. Oleh karena itu, asupan suplemen yang mengandung zat besi sangat direkomendasikan sehingga produksi sel darah merah dapat ditingkatkan.

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Orang yang mengalami gagal ginjal kronis memiliki resiko kekurangan Vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan tulang.Kondisi ini terjadi karena ginjal sudah tidak mampu mengaktifkan vitamin D dari makanan dan sinar matahari. Oleh karena itu, sebaiknya diberikan asupan suplemen Vitamin D.

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis Cuci Darah atau Transplantasi

Pada pasien yang sudah memasuki gagal ginjal kronis tahap akhir, maka langkah pengobatan yang dilakukan adalah dengan cuci darah dan transplantasi. Cuci darah atau dialisis adalah proses pembuangan cairan atau limbah yang sudah tidak bisa dilakukan lagi oleh ginjal. Transplantasi ginjal adalah proses menggantikan ginjal rusak dengan ginjal baru yang berasal dari donor.

Baca juga:

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis  Dengan Obat Herbal Alami

Obat herbal alami penyakit gagal ginjal kronis adalah obat berbahan herbal alami, bebas dari bahan kimia obat, dan bebas dari kandungan zat yang tidak bermanfaat. Obat herbal alami penyakit gagal ginjal kronis ini harus terukur, teruji, dan terbukti dapat membantu penyembuhan penyakit gagal ginjal kronis. Jadi, komposisi bahan pembuat obat alami gagal ginjal kronis ini harus mampu mengatasi masalah penyebab gagal ginjal kronis dan mengatasi dampak akibat gagal ginjal kronis.

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis  Dengan Perubahan Gaya Hidup

Pengobatan penyakit gagal ginjal kronis harus dilakukan secara holistik. Selain dengan minum obat alami gagal ginjal kronis, maka harus disertai dengan perubahan gaya hidup. Cara mengubah gaya hidup diantaranya adalah dengan: berhenti merokok, menghindari alkohol, berolahraga teratur. Bahkan, upayakan agar anda hidup dengan bebas stres, menikmati hidup, dan meyakini masih ada harapan kesembuhan dari gagal ginjal kronis bagi anda.

Pengobatan Penyakit gagal ginjal kronis Kisah Kesembuhan

Kisah kesembuhan Ibu Nazuah adalah bukti nyata akan kesembuhan dari penyakit gagal ginjal kronis. Beliau mengalami infeksi ginjal, peradangan ginjal, dan salah satu ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik. Namun, Ibu Nazuah tetap berjuang, berusaha dan beriktiar untuk sembuh dengan minum obat alami gagal ginjal kronis. Hasilnya? Ibu Nazuah mengalami kesembuhan dari penyakit gagal ginjal kronis. (Ditulis oleh: Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Sumber: www.alodokter.com dan www.sahuta.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *