Pencegahan Penyakit Stroke Sejak Dini

Yogyakarta, sahuta.com. Pencegahan penyakit stroke sejak dini adalah serangkaian usaha sistematis yang dilakukan agar terhindar dari serangan stroke. Pilihan untuk mencegah stroke ini adalah pilihan terbaik, mengingat dampak bahaya yang dapat diakibatkan oleh karena serangan stroke.

Fakta mengungkapkan bahwa serangan stroke dapat mengakibatkan munculnya berbagai masalah kesehatan yang sangat menakutkan. Serangan stroke dapat mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit yang  kronis. Bahkan, serangan stroke dapat mengakibatkan kelumpuhan, kecacatan, dan kematian.

Serangan stroke adalah kondisi darurat medis yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Stroke adalah kondisi terganggunya aliran darah atau terhentinya aliran darah yang menuju otak. Akibatnya, terjadi kematian sel-sel di area otak. Jika keadaan ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat, maka dapat mengakibatkan masalah yang fatal.

Pencegahan penyakit stroke sejak dini adalah pengobatan stroke yang terbaik

Pencegahan penyakit stroke sejak dini adalah pengobatan stroke yang terbaik

Pencegahan Penyakit Stroke Sejak Dini-Fakta Stroke

Menurut WHO atau badan kesehatan dunia menyatakan bahwa setiap 5 detik 1 orang meninggal akibat serangan stroke.  Data Harian Kompas menunjukkan bahwa stroke adalah penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Kematian yang terjadi akibat penyakit stroke adalah sebesar 21,1%. Sementara, penyakit jantung menyebabkan kematian sebesar 12,9 % . Kemudian, diabetes melitus dan komplikasinya menjadi penyebab kematian sebesar 6,7%.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) juga mengungkapkan adanya peningkatan prevalensi stroke di Indonesia. Data tahun 2013 menunjukkan bahwa setiap 12 orang per 1000 penduduk menderita penyakit stroke. Prevalensi data ini meningkat signifikan dibandingkan prevalensi stroke berdasarkan data Riskesdas 2007 yang menunjukkan angka 8 orang per 1000 penduduk.

Prevalensi stroke menunjukkan peningkatan jumlah dari tahun ke tahun. Pola hidup yang tidak sehat berupa asupan makanan yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan obesitas menjadi penyebab utama terjadinya peningkatan serangan penyakit stroke. Stres atau tekanan hidup yang berlebihan, kebiasaan merokok, minum minum alkohol, dan kebiasaan makanan junkfood turut menjadi penyumbang peningkatan resiko stroke.

Pencegahan penyakit stroke sejak dini-Fakta Stroke

Pencegahan penyakit stroke sejak dini-Fakta Stroke

Pencegahan Penyakit Stroke Sejak Dini-Pengobatan stroke paling manjur

Pencegahan penyakit stroke sejak dini adalah pengobatan stroke paling manjur. Berikut ini adalah serangkaian cara bijak agar dapat terhindar dari penyakit stroke. Pencegahan penyakit stroke sejak dini ini dilansir oleh lama Boldsky.

Pencegahan Penyakit Stroke Sejak Dini-Olahraga Teratur

Aktivitas fisik yang rutin, teratur, dan konsisten adalah tindakan yang harus diambil demi kesehatan tubuh yang lebih baik. Saat berolahraga secara teratur kalori akan terbakar, tekanan darah terjaga, dan resiko stroke terkurangi.

Lakukan olahraga sesuai dengan usia, kebutuhan dan kemampuan anda. Normalnya, olahraga selama 2,5 jam seminggu sudah baik untuk kesehatan tubuh yang lebih baik. Olahraga jalan kaki, bersepeda dan renang adalah yang paling direkomendasikan untuk anda yang berusia dewasa. Namun, jenis olahraga yang anda pilih hendaknya disesuaikan dengan keadaan, usia, dan kondisi fisik anda.

Pencegahan penyakit stroke sejak dini dengan olahraga teratur

Pencegahan penyakit stroke sejak dini dengan olahraga teratur

Pencegahan Penyakit Stroke Sejak Dini-Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau kegemukan justru dapat meningkatkan resiko stroke. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda memiliki berat badan yang seimbang. Berat badan yang berlebihan bukan hanya dapat mengganggu saat  beraktivitas fisik, tetapi juga menjadi penyebab mucnulnya berbagai penyakit yang kronis.

Jadi, pastikan bahwa anda memiliki berat badan dengan menjaga indeks massa tubuh. Berat tubuh yang seimbang akan membuat anda menjadi lebih fit, sehat, dan kuat di dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, pastikan bahwa cara anda menurunkan berat badan sudah dikonsultasikan dengan dokter sebelumnya. Diet yang baik, sehat, dan direkomendasikan adalah diet yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan tubuh.

Pencegahan penyakit stroke sejak dini pemeriksaan tekanan darah secara teratur

Pencegahan penyakit stroke sejak dini pemeriksaan tekanan darah secara teratur

Pencegahan Penyakit Stroke Sejak Dini-Pemeriksaan Tekanan Darah Teratur

Kapan anda memeriksakan tekanan darah anda? Apakah anda memeriksakan tekanan darah hanya pada saat sakit, butuh surat ksehatan, atau malah tidak pernah memeriksakan tekanan darah anda?

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyebab utama terjadinya penyakit stroke. Ironisnya, sebagian orang bahkan tidak pernah memeriksakan tekanan darah secara teratur. Bahkan, sebagian orang menganggap bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi tidaklah berbahaya selama kondisi fisiknya masih kuat dan sehat.

Pencegahan penyakit stroke sejak dini dengan menjaga berat badan seimbang

Pencegahan penyakit stroke sejak dini dengan menjaga berat badan seimbang

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bukan hanya dapat meningkatkan resiko stroke. Tekanan darah tinggi yang berlebihan juga dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan gagal ginjal kronis. Jadi, pastikan anda memeriksakan tekanan darah secara teratur, rutin, dan berkesinambungan.

Pengobatan stroke yang terbaik adalah pencegahan penyakit stroke sejak dini. Dengan mengembangkan kebiasaan berolahraga secara teratur, mengembangkan kebiasaan memeriksakan tekanan darah secara teratur, dan kebiasaan menjaga berat badan secara teratur, maka resiko penyakit stroke akan berkurang. Pada artikel berikutnya, akan kami bagikan cara pencegahan penyakit stroke lainnya, sehingga semakin memperkaya pengetahuan anda akan gaya hidup sehat. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Referensi:

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *