Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam

Yogyakarta, sahuta.com. Mengenal bahaya hipertensi pembunuh diam adalah mengetahui lebih baik mengenai apa itu tekanan darah tinggi, bahaya tekanan darah tinggi, dan dampak hipertensi bagi kesehatan. Mengenal bahaya hipertensi pembunuh diam juga berbicara tentang bagaimana cara menjaga tekanan darah tinggi, sehingga dapat menurunkan resiko serangan penyakit stroke, jantung, dan gagal ginjal kronis.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah pembunuh diam atau silent killer. Mengapa? Karena hipertensi hampir-hampir tidak menunjukkan gejala khas yang mudah diketahui. Kondisi ini membuat banyak orang tidak sadar bahwa dirinya sedang memiliki resiko hipertensi yang menakutkan.

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam Cara Menjaga Tekanan Darah Normal

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam Cara Menjaga Tekanan Darah Normal

Fakta menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang dewasa mengalami hipertensi. Namun, hanya 52% saja yang dapat mengendalikan tekanan darah dengan baik. Keadaan ini diperparah dengan kurangnya kesadaran untuk memeriksakan tekanan darah secara teratur.

Padahal, satu-satunya cara untuk mengetahui kadar tekanan darah adalah dengan cara memeriksakan tekanan darah. Hasil pemeriksaan tekanan darah ini akan menunjukkan kadar tekanan darah yang sesungguhnya. Orang yang sehat, memiliki kadar tekanan darah 120/80. Tekanan darah atas atau sistole maksimal adalah 120 mm/hg. Sementara, tekanan darah bawah yang sehat adalah maksimal 80 mm/hg.

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam Cara Menurunkan Hipertensi

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam Cara Menurunkan Hipertensi

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam Yang Mematikan

Hipertensi tidak memunculkan keluhan yang berarti. Tetapi, bahaya hipertensi sangat mematikan. Fakta menunjukkan bahwa hipertensi adalah faktor resiko penyebab penyakit jantung dan stroke, yang merupakan dua penyebab kematian paling tinggi di dunia.

WHO atau Badan Kesehatan Dunia mengungkapkan data yang valid mengenai dampak bahaya dari penyakit stroke dan jantung. Setiap 4 detik 1 orang meninggal dunia akibat serangan penyakit jantung. Kemudian, setiap 5 detik 1 orang meninggal dunia akibat serangan stroke.

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam Dampak Hipertensi bagi kesehatan Ginjal

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam Dampak Hipertensi bagi kesehatan Ginjal

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam -Dampak Hipertensi bagi Pembuluh Darah

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang terjadi karena gangguan pada pembuluh darah. Masalah pembuluh darah dapat berupa penyumbatan atau pengerasan pembuluh darah dan pecahnya pembuluh darah. Gangguan pada pembuluh darah ini akan meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, kesehatan pembuluh darah harus dijaga dengan menjaga tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol darah. Jika tekanan pembuluh darah tinggi dalam waktu yang relatif lama, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada jantung, sehingga resiko stroke dan jantung menjadi makin besar.

Jika tekanan darah tinggi akan membuat pembuluh daah meregang. Hal ini terjadi agar darah dapat mengalir dengan lancar. Peregangan ini berbahaya, karena dapat menimbulkan luka parut dan memahkan pembuluh darah secara keseluruhan.

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam Turunkan Resiko Dengan Cek Tekanan Darah Teratur

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam Turunkan Resiko Dengan Cek Tekanan Darah Teratur

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam -Dampak Hipertensi bagi kesehatan Ginjal

Tekanan darah tinggi juga mempengaruhi kesehatan ginjal. Hal ini terjadi karena ginjal adalah organ tubuh yang turut membantu tekanan darah. Sehingga, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan arteri di sekitar ginjal mengalami masalah berat. Pembuluh darah ginjal bisa menyempit, melemah, dan mengeras sehingga dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes melitus dan gagal ginjal kronis.

Mengingat bahaya hipertensi, maka sebaiknya anda mulai menjaga kadar tekanan darah secara rutin. Mau tidak mau, pemeriksaan tekanan darah harus dilakukan secara teratur, sehingga berbagai langkah pencegahan dini dapat diupayakan dengan baik.

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam -Dampak Hipertensi Bagi Pembuluh Darah

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam -Dampak Hipertensi Bagi Pembuluh Darah

Mengenal Bahaya Hipertensi Pembunuh Diam- Cara Menurunkan Hipertensi

Mengenal bahaya hipertensi pembunuh diam justru sangat dianjurkan dan sangat baik bagi kesehatan. Cara menurunkan hipertensi adalah serangkaian usaha yang ditempuh untuk memastikan agar tekanan darah berada pada level normal. Untuk itu, sebaiknya segera turunkan berat badan anda, jika anda mengalami obesitas atau kegemukan. Pastikan bahwa berat badan anda seimbang atau sesuai berat massa tubuh yang ideal.

Kemudian, pastikan bahwa anda rutin menikmati asupan makanan yang sehat. Kurangi asupan makanan yang mengandung sodium, garam, dan lemak. Kurangi juga asupan makanan daging merah, lemak trans tinggi, dan makanan manis.

Lalu, hentikan kebiasaan minum alkohol dan kebiasaan merokok. Dan jangan lupa, kembangkan kebiasaan berolahraga secara fisik. Aktivitas fisik yang rutin berupa jalan kaki, jalan sehat, dan jalan cepat memiliki dampak yang positid bagi kesehatan anda. Terakhir, pastikan bahwa anda menikmati hari-hari hidup anda dengan antusiasme, positif, dan bebas stres yang berlebihan. Sudahkah anda mengenal bahaya hipertensi pembunuh diam?

Sumber:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *