Memahami Penyakit Miom Secara Benar

Memahami penyakit miom secara benar berarti mengerti dan tahu lebih banyak tentang miom. Penyakit miom atau mioma uteri adalah benjolan tumor yang tumbuh di dalam rahim. Hal ini berbeda dengan kista ovarium yang tumbuh di luar rahim.

Penyakit miom adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyerang kaum wanita. Meski awalnya merupakan tumor jinak, namun dalam perkembangannya, tumor miom dapat berubah menjadi tumor ganas.

Ukuran tumor miom dan kista ovarium yang masih dapat dikatakan aman adalah dibawah 5 sentimeter. Jika berdasarkan ukuran miom dan kista ovarium lebih dari 5 sentimeter berdasarkan hasil pemeriksaan USG, maka dokter akan menyarankan tindakan pengangkatan tumor, baik melalui laproskopi maupun laparatomi.

penyakit miom gejala penyebab dan cara penyembuhan miom

penyakit miom gejala penyebab dan cara penyembuhan miom

Gejala Penyakit Miom

Penyakit miom dan kista ovarium tidak menunjukkan tanda atau ciri-ciri yang spesifik. Namun ada petunjuk-petunjuk tertentu yang mengindikasikan adanya resiko miom. Tentu, dengan mengetahui gejala miom ini, maka anda menjadi lebih sadar akan resiko miom. Harapannya adalah agar anda segera memeriksakan diri ke dokter, apabila anda memang mengalami beberapa gejala miom.

Gejala miom:

  • Rasa nyeri atau sakit di bagian perut
  • Rasa sakit di punggung bawah
  • Sering buang air kecil
  • Konstipasi
  • Rasa sakit dan tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual
  • Gangguan haid berupa rasa sakit yang berlebihan.
  • Masalah ketidaksuburan
  • Keguguran

Faktor resiko penyebab penyakit miom

Penyebab miom belum diketahui secara pasti. Namun, faktor resiko penyebab penyakit miom diantaranya:

  • Faktor Berat tubuh yang berlebihan. Wanita dengan obesitas memiliki hormon estrogen yang tinggi
  • Faktor genetik. Wanita dengan riwayat keluarga pernah mengalami miom memiliki resiko yang lebih tinggi
  • Faktor Pola makan yang tidak sehat. Konsumsi daging merah dan alkohol dapat meningkatkan resiko miom.
gejala penyakit miom

gejala penyakit miom

Perbedaan Penyakit Miom Dan Kista Ovarium

MiomĀ  dan kista ovarium adalah benjolan tumor yang muncul di organ reproduksi wanita. Meski sama-sama tumbuh di organ reproduksi, tetapi miom dan kista ovarium adalah dua jenis penyakit yang berbeda.

Perbedaan miom dan kista ovarium adalah menyangkut dua hal. Pertama, lokasi tumbuhnya berbeda satu sama lain. Kedua, bentuk miom dan kista ovarium berbeda satu sama lain.

Miom adalah benjolan tumor yang tumbuh pada otot rahim. Sementara, kista ovarium adalah benjolan tumor yang tumbuh di indung telur atau ovarium.Jadi lokasi tumbuhnya miom adalah pada rahim, sedangkan penyakit kista ovarium tumbuh di luar rahim.

memahami penyakit miom dengan baik(shutterstock)

memahami penyakit miom dengan baik (shutterstock)

Tumor miom berbeda dengan tumor kista ovarium. Benjolan tumor miom berbentuk padat. Sementara, benjolan kista ovarium berbentuk kantong berisi cairan. Secara awam, sangat sulit untuk membedakan antara benjolan miom dan benjolan kista ovarium. Cara yang lebih valid untuk membedakan benjolan tumor adalah dengan melakukan pemeriksaan ultrasonografi.

Bahaya Penyakit Miom

Tumor miom berbahaya karena dapat tumbuh di lebih dari satu lokasi di dalam rahim. Pertumbuhan miom dengan berat dan ukuran yang bervariasi ini dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada rahim.

Meskipun kemungkinannya kecil, tetapi miom dapat berubah menjadi kanker ganas. Kasus perubahan tumor jinak miom menjadi tumor ganas hanya sekitar 0,1%. Walau demikian, kanker ovarium adalah penyebab kematian perempuan yang paling banyak. Kanker ovarium hanya kalah dari kanker paru-paru, kanker kolorektal, kanker payudara, dan kanker pankreasĀ  sebagai penyebab kematian wanita yang terbanyak. (Dituliskan kembali oleh Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Referensi:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *