Makanan Pemicu Penyakit Stroke

Yogyakarta,podomari.com. Makanan pemicu penyakit stroke adalah berbagai asupan makanan yang meningkatkan resiko serangan penyakit sroke. Hal ini urgen, karena mengingat bahaya penyakit stroke yang dapat mematikan. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika anda mulai bijak di dalam memilah dan memilih makanan.

Berbagai fakta penelitian mengungkapkan bahwa faktor penyebab stroke yang dapat dikendalikan justru menjadi penyebab stroke yang paling tinggi. Serangan stroke lebih banyak terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dibandingkan dengan faktor resiko keturunan. Serangan stroke akibat gaya hidup tidak sehat terjadi di lebih dari 40% kasus stroke, sementara serangan stroke yang terjadi karena faktor genetika hanya terjadi di 20% kasus.

Makanan Pemicu Penyakit Stroke Hindari Kurangi Untuk Pencegahan Stroke

Makanan Pemicu Penyakit Stroke Hindari Kurangi Untuk Pencegahan Stroke

Makanan Pemicu Penyakit Stroke- Makanan manis

Kurangi asupan makanan manis di dalama menu harian anda. Mengapa? Karena asupan makanan manis dapat meningkatkan glukosa atau kadar gula di dalam darah. Peningkatan kadar gula darah di dalam pembuluh darah tidak baik bagi kesehatan anda. Kadar glukosa tinggi yang terjadi dalam jangka waktu panjang dapat merusak pembuluh darah dan jaringan tubuh. Kadar gula darah yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes melitus, gangguan penglihatan dan kerusakan syaraf. Bahkan, glukosa tinggi dalam jangka panjang juga akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Asupan makanan manis juga dapat menyebabkan terjadinya kegemukan atau obesitas. Kelebihan berat badan ini tidak baik karena dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Padahal, salah satu penyebab serangan stroke adalah penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah.

Jadi, jika anda mau terhindar dari penyakit stroke maka pastikan bahwa anda sudah mengurangi asupan makanan manis. Hal ini mutlak dilakukan karena makanan manis adalah salah satu bahan makanan pemicu penyakit stroke.

Makanan Pemicu Penyakit Stroke Asupan berbahan daging merah

Makanan Pemicu Penyakit Stroke Asupan berbahan daging merah

Makanan Pemicu Penyakit Stroke-Daging Merah

Apakah menu harian anda kaya dengan asupan daging merah? Apakah setiap hari anda makan sate, steak, ayam bakar, dan daging bakar? Jika jawaban anda adalah “ya”, maka sebaiknya anda harus mulai memperbaiki asupan makanan keseharian anda. Mengapa? Karena asupan daging merah dapat meningkatkan resiko stroke.

Menurut riset Harvard School Of Public Health, konsumsi dading merah sebanyak dua porsi atau lebih dapat meingkatkan resiko stroke hingga 28% bagi pria. Satu sajian daging merah setara dengan 4-6 ons daging merah. Dan, dengan konsumsi dua porsi setiap hari, maka pada saat yang sama anda justru sedang mengundang kehadiran stroke melalui asupan makanan anda.

Makanan Pemicu Penyakit Stroke Pencegahan Stroke Sejak Dini dengan Pola Makan Sehat

Makanan Pemicu Penyakit Stroke Pencegahan Stroke Sejak Dini dengan Pola Makan Sehat

Lalu, bagaimana resiko stroke bagi wanita yang rutin menikmati asupan daging merah di dalam menu harian? Wanita yang rutin mengkonsumsi dua porsi asupan daging merah juga akan  meningkatkan resiko stroke. Potensi kemungkinan wanita akan mengalami stroke hingga 19% jika rutin mengkonsumsi daging merah.

Mengapa asupan daging merah sebaiknya dikurangi dari menu harian anda? Karena daging merah mengandung lemak jenuh yang dapat menimbulkan plak protein di dalam pembuluh darah. Penumpukan plak di pembuluh darah ini dapat menyembat arteri sehingga akan meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.

Makanan Pemicu Penyakit Stroke Keripik Kerupuk Gorengan Kaya Lemak Trans

Makanan Pemicu Penyakit Stroke Keripik Kerupuk Gorengan Kaya Lemak Trans

Makanan Pemicu Penyakit Stroke- Keripik Kerupuk dan Gorengan

Apakah anda selalu menambahkan kerupuk saat menikmati menu harian anda? Apakah anda rutin mengkonsumsi keripik sebagai sajian cemilan yang asik di saat-saat menjalani keseharian anda? Atau, apakah anda senang menikmati kudapan donat, pisang goreng, dan makan gorengan lainnya?

Jika jawaban anda adalah ‘ya’ untuk semua pertanyaan ini, maka sebaiknya anda mulai mengambil keputusan untuk menghentikannya. Mengapa? Karena keripik, kerupuk, dan gorengan mengandung lemak trans yang tinggi yang tidak baik bagi kesehatan pembuluh darah anda.

Lemak trans tinggi memiliki sifat jahat sehingga dapat menyumbat saluran pembuluh darah. Bukan hanya itu, lemak trasn juga akan meningkatkan konsentrasi lipid atau lemak pada tubuh anda. Bahkan, lemak trans juga dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. Parahnya, lemak trans juga akan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) anda.

Dengan semua sifat jahat seperti ini, masihkah anda menikmati keripik, kerupuk, dan gorengan di dalam menu keseharian anda. Tentu, jika anda ingin sehat sehat, maka anda akan menjauhkan semua bahan makanan pemicu penyakit stroke ini dengan segera. Jadi, mulailah sekarang!

Makanan Pemicu Penyakit Stroke Gorengan mengandung lemak trans tinggi

Makanan Pemicu Penyakit Stroke Gorengan mengandung lemak trans tinggi

Stroke bukanlah penyakit yang tiba-tiba menyerang anda tanpa alasan

Justru, stroke adalah penyakit yang menyerang secara perlahan dan pasti, apalagi jika kebiasaan menikmati bahan makanan pemicu penyakit stroke tetap anda lestarikan. Stroke adalah penyakit yang dapat dikendalikan dengan mengembangkan kebiasaan pola makan yang sehat. Mengurangi resiko stroke berarti mengurangi, menghilangkan atau meniadakan bahan makanan pemicu penyakit stroke dari menu keseharian.

Sekali lagi, ingatlah bahwa pengobatan stroke terbaik adalah pencegahan stroke sejak dini. Pengobatan stroke terbaik adalah dengan menghindari, mengurangi, dan meniadakan berbagai faktor penyebab stroke yang dapat dikendalikan. Cara menyembuhkan stroke sampai sembuh juga dapat anda pilih jika sudah terlanjur mengalami serangan stroke. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

referensi:

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *