Kanker Kelenjar Getah Bening, Jenis dan Stadiumnya

Penyebab kanker kelenjar getah bening
Penyebab kanker kelenjar getah bening

Kanker Kelenjar Getah Bening, Jenis dan Stadiumnya-www.sahuta.com. Kanker kelenjar getah bening, jenis dan stadium adalah pengertian tentang kanker limfoma, jenis kanker limfoma, dan stadium kanker limfoma. Kanker limfoma atau kanker kelenjar getah bening adalah sel kanker yang mengakibatkan pembengkakan atau pembengkakan kelenjar getah bening.

Kanker Kelenjar getah bening, Jenis dan Stadiumnya

Kanker kelenjar getah bening adalah penyakit yang menyerang bagian sel darah putih dan mengumpul di bagian kelenjar getah bening. Kanker kelenjar getah bening akan muncul dengan benjolan yang tidak sakit jika ditekan. Pembesaran kelenjar getah bening biasanya terjadi di leher dan di daerah kepala.

Dalam artikel kesehatan ini, anda akan mengetahui secara jelas tentang Kanker Kelenjar Getah Bening, Jenis dan Stadiumnya. Tujuannya adalah agar anda semakin menyadari akan pentingnya gaya hidup sehat, pencegahan penyakit, dan cara pengobatan kanker kelenjar getah bening yang efektif.

kanker kelenjar getah bening, jenis dan stadiumnya
kanker kelenjar getah bening, jenis dan stadiumnya

Jenis Kanker Kelenjar getah bening

Kanker kelenjar getah bening terbagi atas 2 jenis, yaitu: Limfoma Hodgkin dan Limfoma Non-Hodgkin. Limfoma Non-Hodgkin adalah kanker kelenjar getah bening yang ganas dan menyebar secara tidak terkendalikan.

Linfoma Non-Hodgkin masih bisa dibagi menjadi tipe LNH indolen atau low grade. Sesuai namanya LNH indolen berkembang secara perlahan. Sementara, LNH agresif atau High Grade adalah kanker yang berkembang secara lebih cepat. (baca juga: Ayo Pahami Gejala kanker Kelenjar Getah Bening)

Stadium Kanker Kelenjar getah bening

Stadium kelenjar getah bening dapat di bagi atas 4 tahap, yaitu: kanker kelenjar getah bening stadium I, Kanker kelenjar getah bening stadium II, Kanker Kelenjar getah bening staidum III, dan kanker kelenjar getah bening stadium IV. Stadium kanker kelenjar getah bening menunjukkan tingkat penyebaran limfoma dan tingkat keganasan kanker yang sudah terjadi. (Baca: Kenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening)

kanker kelenjar getah bening, jenis dan stadiumnya
kanker kelenjar getah bening, jenis dan stadiumnya

Kanker kelenjar getah bening stadium I

Limfoma berada pada satu kelompok kelenjar getah bening. Penyebaran limfoma hanya terdapat pada satu kelompok yaitu kelenjar getah bening.

Kanker Kelenjar getah bening Stadium II

Limfoma berada pada dua atau lebih kelompok kelenjar getah bening. Limfoma berada pada satu sisi diafragma yakni sekat antara rongga perut dan rongga dada. Penyebaran limfoma terjadi pada dua atau lebih kelompok kelenjar getah bening.

kanker kelenjar getah bening, jenis dan stadiumnya
kanker kelenjar getah bening, jenis dan stadiumnya

Kanker Kelenjar getah bening stadium III

Limfoma berada pada pada lebih dari dua kelompok kelenjar getah bening. Pada stadium ini, limfoma sudah berada pada dua sisi diafragma atau lebih  Tumornya sudah menginfiltrasi jaringan sekitarnya

Kanker Kelenjar getah bening stadium IV

Limfoma sudah menyebar hingga ke organ tubuh yang lain. Pada stadium ini, Limfoma sudah menyebar ke paru-paru, perut, atau sumsum tulang. (Baca juga: Kisah Sembuh dari kanker kelenjar getah bening)

Kanker kelenjar getah bening masih bisa disembuhkan
Kanker kelenjar getah bening masih bisa disembuhkan

Kanker kelenjar getah bening, jenis dan stadiumnya

Semakin cepat kanker kelenjar getah bening terdeteksi, maka semakin besar peluang untuk penyembuhannya. Sebaliknya, semakin lama kanker limfoma diketahui, biasanya stadiumnya juga akan meningkat. Semakin lama kanker kelenjar getah bening diketahui, maka semakin sulit juga proses penyembuhannya.  Apakah artikel kesehatan Kanker kelenjar getah bening, Jenis dan Stadiumnya memiliki manfaat bagi anda? Jika demikian, bagikan pengetahuan ini dan aplikasikasikan dalam kehidupan keseharian. (disarikan dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*