Jenis Kista ovarium

Jenis Kista ovarium
Jenis Kista ovarium

sahuta.com-Jogjakarta. Jenis kista ovarium adalah pengelompokan kista ovarium jinak yang tumbuh di organ reproduksi wanita. Kista ovarium adalah penyakit yang berkembang di ovarium atau indung telur wanita.

Selama benjolan kista ovarium tidak pecah dan mengalami pendarahan, penyakit kista ovarium tidak berbahaya. Tetapi, jika kista ovarium pecah dan terjadi perdarahan, maka hal ini dapat membahayakan. Kista ovarium yang sebelumnya termasuk tumor jinak, bisa berubah menjadi tumor ganas yang membahayakan.

Jenis Kista Ovarium

Jenis kista ovarium dapat dibagi atas 4, yaitu: kista fungsional, kista dermoid, kista cokelat atau endometriioma, dan kista kistadenoma. Jenis kista ovarium akan berpengaruh terhadap pengobatan, cara menangai dan bahaya yang ditimbulkannya.

Jenis Kista ovarium
Jenis Kista ovarium

Jenis Kista ovarium fungsional

Jenis kista yang paling umum. Biasanya hanya terjadi pada salah satu dari dua indung telur. Kista ovarium fungsional dapat mengecil sendiri tanpa penanganan medis. Kurun waktu yang diperlukan adalah antara satu hingga tiga bulan.

Jenis Kista ovarium dermoid

Penyakit kista ini terjadi karena jaringan dalam telur tidak dibuahi. Akibatnya, benjolan kista bisa tumbuh menjadi beberapa jaringan. Kista dermoid dapat terjadi pada dua indung telur. Bisa menimbulkan rasa sakit jika benjolan kista pecah.

Jenis Kista cokelat atau endometrioma

Kista ini dapat terjadi pada salah satu atau dua indung telur.  Kista ovarium melekat pada dinding luar indung telur. Kista ini mengakibatkan adanya penumpukan darah haid. Gejala kista cokelat ditandai dengan rasa sakit pada waktu haid dan saat berhubungan seksual.

jenis kista ovarium benjolan di indung telur
jenis kista ovarium benjolan di indung telur

Jenis Kista ovarium kistadenoma. Kista yang berasal dari pembungkus indung telur yang berubah menjadi kista. Kista ini dapat menyerang dua indung telur. Gejala kista overium ini adalah tertekannya kandung kencing sehingga mengakibatkan beser.

Jenis Kista Ovarium -Bahaya kista ovarium

Kista fungsional adalah kista yang paling umum terjadi dan jarang berubah menjadi ganas. Sebaliknya, kista ovarium kidtadenoma adalah jenis kanker yang paling jarang terjadi, namun mudah berubah menjadi ganas. Usia yang paling rawan resiko kista kistadenoma adalah usia kurang dari 45 tahun atau usia kurang dari 20 tahun.

Bahaya paling besar yang mengancam akibat penyakit kista ovarium adalah karena potensi perubahan dari tumor jinak menjadi tumor ganas. Lalu, bahaya kista ovarium lainnya adalah potensi pecahnya benjolan kista. Jika kista sampai pecah maka dapat mengakibatkan terjadinya bahaya yang mengancam keselamatan.

testimoni kesembuhan dari penyakit kista menahun dengan Magozai
testimoni kesembuhan dari penyakit kista menahun dengan Magozai

Jenis kista ovarium –cara mengobati penyakit kista

Kista ovarium dapat berubah menjadi kanker ovarium. Meski, resiko peluang adanya mutasi kista menjadi kanker ovarium ini sangatlah kecil. Oleh karena itu, cara mengobati penyakit kista yang paling baik adalah dengan menjaga pola hidup secara sehat.

Kista ovarium menahun masih bisa disembuhkan. Kanker ovarium juga masih bisa disembuhkan. Cara mengobati penyakit kista adalah sebuah terapi untuk membantu memulihkan kesehatan dari gangguan penyakit kista. Dengan cara pengobatan ini, maka harapan untuk kesembuhan dari kista akan semakin besar. (Dituliskan dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*