Jenis dan Penyebab Tuli Telinga

Jenis dan Penyebab Tuli Telinga Tidak Bisa Mendengar-www.sahuta.com. Jenis dan penyebab tuli adalah pengelompokan jenis tuli dan uraian mengenai penyebab tuli yang mengakibatkan seseorang menjadi tuli atau tidak bisa mendengar dengan baik.

Kita akan mengetahui mengenai jenis dan penyebab tuli itu sendiri. Dalam konteks ini, jenis tuli yang sedang dibicarakan adalah jenis tuli yang terjadi karena berbagai penyebab tuli pasca kelahiran. Kemudian, penyebab tuli adalah penyebab  tuli telinga tidak bisa mendengar secara medis.

Jenis dan Penyebab Tuli

Jenis dan Penyebab Tuli

Jenis dan Penyebab Tuli Tidak Sama

Walaupun dampak yang diakibatkannya sama: telinga tidak bisa mendengar lagi! Ternyata, setiap jenis tuli memiliki penyebab yang berbeda satu sama lain. Dalam artikel kesehatan tentang jenis tuli ini, kita akan belajar memahami berbagai jenis tuli dan penyebab tuli secara medis.

Pengertian Tuli Telinga Tidak Bisa Mendengar

Tuli adalah ketidakmampuan untuk mendengarkan suara secara jelas, akurat, dan presisi. Tuli adalah gangguan pendengaran yang membuat dunia terasa seperti senyap, sunyi dan tanpa suara. Tuli Telinga tidak bisa mendengar berarti kondisi gangguan pendengaran yang terjadi pada telinga,  yang sebelumnya bisa mendengar dengan baik, menjadi tidak dapat mendengar dengan jelas.

Baca juga:

Berdasarkan penyebab tuli, jenis tuli dapat dibedakan atas 3 jenis tuli. Tiga jenis tuli ini adalah: tuli konduktif, tuli sensorineural, dan tuli campuran. Pada  artikel ini, kami akan menjelaskan pengertian dari 3 jenis tuli ini.

Jenis dan Penyebab Tuli Telinga

Jenis dan Penyebab Tuli Telinga

Jenis Tuli Kondukstif

Tuli konduktif adalah tuli yang terjadi karena getaran suara di udara tidak sampai terdengar oleh telinga bagian dalam. Biasanya, tuli konduktif terjadi karena adanya yang menghalangi saluran pendengaran telinga. Suara yang terdengar tidak sejelas dan seterang suara yang sebenarnya. Hal ini karena getaran suara mengalami distorsi atau seperti teredam.

Jenis Tuli Sensorineural

Tuli sensorineural atau tuli pendengaran syaraf adalah  ketidakmampuan untuk mendengar suara dengan baik karena kegagalan syaraf pendengaran dalam meneruskan getaran suara menuju ke otak. Tuli syaraf menyebabkan getaran suara yang terdengar kurang jelas atau tidak jelas.

Jenis Tuli Campuran

Tuli campuran adalah ketidakmampuan untuk mendengar karena tuli induktif dan tuli sensorineural. Gangguan pendengaran ini terjadi karena adanya gangguan pada telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Tuli kombinasi dapat terjadi karena adanya infeksi kronis pada telinga, cedera kepala, dan gangguan pendengaran yang diturunkan.

Jenis dan penyebab tuli telinga tidak bisa mendengar

Jenis dan penyebab tuli telinga tidak bisa mendengar

Penyebab Tuli Tak Bisa Mendengar

Penyebab tuli sehingga tidak bisa mendengar dapat dikelompokkan dalam 2 kategori. Pertama, penyebab tuli karena usia atau disebut dengan presbikusis. Mayoritas gangguan pendengaran mulai terjadi ketika memasuki usia 40 tahun.

Kedua, penyebab tuli karena gangguan suara bising atau keras. Volume suara yang terlalu keras, bising dan memekakkan telinga yang terjadi berulangkali bisa mengakibatkan terjadinya tuli. Kondisi ini terjadi karena indera pendengaran mengalami kerusakan akibat suara yang melebihi kemampuan mendengar.

Jenis dan Penyebab Tuli

Jenis tuli dan penyebab tuli akan menjadi dasar bagi pengobatan gangguan pendengaran ini. Dengan demikian, cara paling valid untuk mengetahui jenis tuli dan penyebab tuli adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter ahli THT.

Jenis dan Penyebab Tuli

Jenis dan Penyebab Tuli

Baru setelah anda tahu jenis dan penyebab tuli, maka cara mengobati tuli secara tepat dapat dilakukan. Silahkan anda pilih jenis pengobatan tuli telinga tidak bisa mendengar yang anda yakini dan efektif untuk  menyembuhkan gangguan pendengaran telinga anda.

Cara mengobati tuli dapat dilakukan secara medis dan non medis. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan anda. Kami sendiri memberikan solusi pengobatan tuli dengan menggunakan obat tuli herbal alami. Cara ini juga adalah salah satu cara alternatif untuk menyembuhkan tuli. Tempuhlah cara pengobatan tuli yang paling manjur bagi anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *