Gejala Stroke Ringan

Yogyakarta, sahuta.com. Gejala stroke ringan adalah indikasi permulaan yang menunjukkan terjadinya gangguan pembuluh darah di otak. Stroke ringan atau Trancient Ischemik Attack adalah sebuah kondisi serangan stroke yang bersifat mendadak tetapi bisa pulih kembali dalam waktu yang relatif cepat.

Gejala stroke ringan dapat diketahui dengan cepat dengan menggunakan metode FAST. Cara cepat untuk mengetahui gejala stroke ringan ini adalah dengan memperhatikan wajah, lengan, kemampuan berbicara, dan waktu. Istilah FAST adalah singkatan dari Face, Arms, Speech, dan Time.

Gejala stroke ringan wajah atau mulut asimetris

Gejala stroke ringan wajah atau mulut asimetris

Gejala Stroke ringan-Face

Perubahan bentuk wajah dapat menjadi indikasi serangan stroke ringan. Perubahan bentuk wajah ini dapat dilihat secara jelas dengan meminta seseorang yang diduga mengalami serangan stroke untuk tersenyum. Jika wajahnya tidak simetris, sebelah condong ke bawah dan sebelah condong ke atas, maka hal ini bisa jadi petunjuk telah terjadi stroke ringan.

Kemudian, perhatikan posisi mulut saat sedang tersenyum. Jika posisi mulut tampak asimetris, kaku, dan sulit untuk tersenyum, maka hal ini bukanlah situasi yang biasa. Segera putuskan untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, jika menemui keadaan yang tidak lazim ini pada orang yang anda cintai atau kenal.

gejala stroke ringan ancaman bahaya tekanan darah tinggi hipertensi

gejala stroke ringan ancaman bahaya tekanan darah tinggi hipertensi

Gejala Stroke ringan-Arms

Stroke ringan dapat mengakibatkan terjadinya gangguan disfungsi pada lengan. Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan meminta seseorang untuk mengangkat kedua lengannya, lalu menahannya selama beberapa detik.

Ketidakmampuan untuk mengangkat sebelah atau kedua belah lengan bisa jadi adalah petunjuk terjadinya serangan stroke ringan. Ketidaksanggupan untuk menahan lengan selama beberapa detik menunjukkan adanya masalah di bagian lengan.

gejala stroke dapat dideteksi dengan metode fast cara mandiri

gejala stroke dapat dideteksi dengan metode fast cara mandiri

Gejala Stroke ringan-Speech

Gangguan saat berbicara juga dapat menjadi indikasi serangan stroke. Perkataan yang sulit dimengerti, intonasi yang kurang jelas, dan kata-kata yang tidak jelas bisa jadi adalah efek serangan stroke.

Jika seseorang yang sebelumnya normal mengalami kemampuan berbicara seperti menjadi cadel, maka hal itu tidak boleh diabaikan. Ketidakmampuan berbicara dengan jelas bisa jadi merupakan akibat serangan stroke.

gejala stroke dapat dideteksi secara mandiri dengan metode fast penanganan stroke harus cepat

gejala stroke dapat dideteksi secara mandiri dengan metode fast penanganan stroke harus cepat

Gejala Stroke Ringan-Waktu

Kecepatan waktu penanganan adalah salah satu rahasia keberhasilan pengobatan stroke. Hal ini berarti, saat anda mengetahui adanya gejala stroke ringan yang sedang terjadi, maka segeralah ambil keputusan untuk berobat ke rumah sakit terdekat.

Para ahli sepakat bahwa kecepatan pengobatan dan penanganan medis bersifat mutlak untuk menghindari semakin banyaknya sel-sel yang rusak atau mati. Oleh karena itu, begitu terjadi serangan stroke ringan, maka segeralah melakukan pengobatan secara benar, cepat, dan tepat. Pilihan ini harus ditempuh demi menghindari terjadinya kecacatan, kelumpuhan, dan bahkan kematian.

Sumber: Medical Daily

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *