Gejala Stroke Pada Wanita

Sahuta.com-Yogyakarta. Gejala stroke pada wanita adalah tanda-tanda stroke yang harus diwaspadai oleh para wanita. Mengapa ada penekanan gejala stroke pada wanita? Fakta menunjukkan bahwa wanita memiliki resiko stroke lebih tinggi daripada pria.

Menurut Andrew Stemer dari MedStar Georgetown University Hospital, beberapa faktor resiko penyebab stroke memang seakan ditakdirkan untuk wanita. Adapun berbagai faktor resiko menjadi alasan mengapa wanita lebih beresiko stroke daripada pria adalah:

  • Wanita yang hamil harus mengalami berbagai perubahan hormon pada masa kehamilan. Apalagi jika terjadi bed rest, maka aliran darah di arteri menjadi lambat. Situasi ini membuat tubuh wanita lebih rentan mengalami pembekuan darah.
  • Penggunaan Kontrasepsi oral. Resiko stroke juga lebih tinggi bagi wanita yang menggunakan kontrasepsi oral.
  • Penyakit migrain. Riwayat migrain pada wanita juga akan meningkatkan resiko terkena serangan stroke.
  • Kombinasi berbagai faktor resiko ini juga menjadikan kaum wanita lebih rentan mengalami serangan stroke daripada pria.
Gejala stroke pada wanita sakit kepala parah

Gejala stroke pada wanita sakit kepala parah

Gejala stroke pada wanita mati rasa pada satu sisi tubuh

Mati rasa pada satu sisi tubuh dapat menjadi indikasi awal serangan stroke. Satu sisi wajah tampak lebih menurun dari sisi sebelah wajah. Satu sisi tubuh, terutama lengan dan kaki yang terasa kehilangan kekuatan secara tiba-tiba bisa jadi adalah petunjuk awal terjadinya penyakit stroke.

Gejala stroke pada wanita gangguan bicara

Gangguan berbicara ditandai dengan kesulitan berbicara sama sekali atau cadel saat sedang berbicara. Kondisi kehilangan kemampuan berbicara dengan baik, secara tiba-tiba, bisa jadi adalah gejala stroke. Segera ambil tindakan medis dengan memeriksakan kesehatan anda ke paramedis terdekat.

Gejala stroke pada wanita Kehilangan penglihatan

Gejala stroke pada wanita Kehilangan penglihatan

Gejala stroke pada wanita Sakit kepala yang parah

Sakit kepala yang parah, sangat kuat rasa sakitnya, bisa jadi adalah karena gangguan pada kesehatan pembuluh darah di otak. Harus diakui, serangan stroke hemoragik yaitu stroke yang terjadi karena pecahnya atau bocornya pembuluh darah di otak hanya terjadi pada 10-15% kasus stroke. Namun, tingkat kematian yang diakibatkan oleh stroke pendarahan di bagian otak lebi tinggi daripada serangan stroke ischemik.

Gejala stroke pada wanita Kehilangan penglihatan

Kehilangan penglihatan dapat terjadi pada salah satu sisi mata. Meski demikian, gangguan penglihatan pada kedua sisi mata juga dapat terjadi. Pada kasus gangguan penglihatan pada dua sisi mata, maka dua sisi mata tidak bisa digerakkan ke satu sisi. Kondisi ini terjadi karena kerusakan pada lokasi pemrosesan pusat informasi.

Gejala stroke pada wanita mati rasa pada satu sisi tubuh

Gejala stroke pada wanita mati rasa pada satu sisi tubuh

Gejala stroke pada wanita Riwayat Mengalami Salah satu gejala

Jika anda pernah mengalami kejadian dari salah satu gejala stroke pada wanita diatas, maka sebaiknya anda mulai waspada. Pilihan bijak adalah dengan segera memeriksakan kesehatan anda kepada dokter terdekat untuk memperoleh hasil diagnosa yang lebih akurat.

Gejala stroke adalah tanda-tanda stroke yang harus ditangani secara cepat dan tepat. Keterlambatan pada penanganan dapat menimbulkan kerugian yang tak tergantikan. Ingat, cara mengobati stroke paling ampuh adalah dengan melakukan pencegahan sejak awal. Cegah serangan stroke pertama kali, sehingga anda benar-benar terbebas dari serangan stroke berikutnya.

Gejala stroke pada wanita

Gejala stroke pada wanita

Cara Mencegah Gejala stroke pada wanita

Cara mengobati stroke paling ampuh adalah dengan melakukan pencegahan sejak dini. Kesadaran akan kesehatan ditandai dengan mengembangkan kebiasaan hidup sehat, pola makan sehat, dan pola pikir sehat. Resiko stroke juga dapat dikendalikan dengan rutin memeriksan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Lalu, kembangkan kebiasaan tidur secara teratur, berolahraga dengan rutin, menghentikan kebiasaan merokok, dan mengurangi stres.

Tetapi, bagi yang sudah mengalami serangan stroke, langkah apa yang dapat dipilih? Segeralah ubah kebiasaan hidup anda saat ini juga. Tetap berharap yang terbaik bagi kesembuhan anda, karena penyakit stroke masih mungkin disembuhkan dengan pengobatan yang benar. Testimoni kesembuhan dari stroke adalah salah satu fakta empiris yang menunjukkan betapa anda juga masih bisa sembuh dari stroke. Jadi, tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk informasi yang lebih detail dan menyeluruh. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Sumber:kompas.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *