Gejala Penyakit Stroke Yang Harus Diketahui

Gejala penyakit stroke adalah petunjuk awal, tanda-tanda, dan indikasi permulaan yang terjadi pada beberapa organ tubuh yang vital. Gejala penyakit stroke yang harus diketahui sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Gejala penyakit stroke merupakan  tanda peringatan yang disampaikan oleh tubuh oleh karena adanya gangguan penyakit stroke. Gejala stroke ini harus dijadikan sebagai tanda alarm alami dari tubuh tentang pentingnya memeriksakan kesehatan secara dini.

Gejala Penyakit Stroke yang Harus Dipahami

gejala penyakit stroke

gejala penyakit stroke

Organ tubuh manusia adalah organ tubuh yang sensitif dan peka dengan adanya gangguan-gangguan kesehatan. Gejala stroke adalah suatu wujud nyata, betapa organ tubuh manusia sedang memberikan pertanda bahaya tentang adanya ancaman penyakit stroke.Tanda-tanda perubahan yang terjadi akibat penyakit stroke bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Namun, bila gejala dan tanda-tanda stroke terjadi pada orang-orang yang anda kenal atau sanak saudara anda, sebaiknya minta agar segera dilakukan penanganan medis.

Tingkat kerusakan berbagai organ tubuh yang terjadi karena penyakit stroke bisa berbeda antara satu dengan yang lain. Tingkat kerusakan dan keparahan organ tubuh tergantung pada bagian otak yang telah mengalami serangan stroke. Dalam artikel ini, kita akan belajar memahami gejala stroke yang umum terjadi.

Gejala penyakit stroke ditandai dengan adanya berbagai gangguan pada beberapa organ tubuh. Gejala penyakit stroke biasanya ditandai dengan gangguan fungsi organ tubuh yang terjadi secara tiba-tiba.

 

gejala penyakit stroke

gejala penyakit stroke

Gejala Penyakit stroke:

  • Gangguan yang tidak biasa pada cara berbicara. Tiba-tiba mengalami kesulitan saat berbicara, kata-kata yang disampaikan tidak jelas dan tidak bisa berbicara dengan baik, padahal dalam keadaan sadar.
  • Gangguan pada struktur wajah. Bentuk wajah mengalami perubahan yang sangat mencolok dan tampak menurun. Dalam bahasa sederhana bisa dikatakan bahwa wajah mengalami penurunan di salah satu sisi. Mulut juga bisa mengalami penurunan. Istilah yang sering digunakan adalah wajah terlihat peyot atau mulut terlihat peyot.
  • Gangguan pada daya ingat. Kemampuan mengingat sangat rendah, bahkan bisa mengalami kehilangan daya ingat sama sekali. Penurunan daya ingat menunjukkan adanya gangguan pembuluh syaraf di bagian otak.
  • Gangguan keseimbangan dan kordinasi tubuh. Gangguan keseimbangan dan kordinasi mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas fisik yang biasa dan normal. Kadangkala dia ingin pergi ke suatu tempat, tetapi malah berjalan ke tempat yang lain.
gejala penyakit stroke FAST

gejala penyakit stroke FAST

  • Gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan ini bisa terjadi dengan kehilangan kemampuan melihat sama sekali. Dalam arti seseorang mengalami kehilangan penglihatan sama sekali. Gangguan penglihatan ini juga bisa berupa penglihatan ganda. Kemudian, gangguan penglihatan juga ditandai dengan kemampuan melihat yang menurun secara drastis.
  • Gangguan Kesulitan makan. Gangguan kesulitan untuk menelan adalah salah satu tanda stroke yang harus dipahami dengan baik.
  • Gangguan kemampuan berbicara. Sebelumnya mampu berbicara dengan jelas, tetapi tiba-tiba mengalami kesulitan untuk menyampaikan kata-kata dengan baik. Gangguan kemampuan berbicara ini bisa terjadi secara parsial, dalam arti hanya kesulitan mengucapkan sebagian kata-kata. Namun, bisa juga mengalami gangguan berbicara secara total yaitu tidak bisa berbicara sama sekali.
  • Gangguan kelumpuhan. Penyakit stroke bisa menyebabkan terjadinya kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh. Kelumpuhan ini bisa terjadi pada bagian kaki, tangan, maupun mata.
  • Gangguan sakit kepala yang hebat. Gangguan sakit kepala ini berupa kepala rasanya berputar daan terasa kaku pada leher. Gangguan sakit kepala ini seperti gangguan penyakit vertigo, sehingga dapat disertai dengan mual dan muntah.
gejala penyakit stroke FAST

gejala penyakit stroke FAST

Gejala Penyakit Stroke adalah tanda alarm tubuh

Gejala penyakit stroke yang dituliskan di dalam artikel kesehatan ini, harus diakui hanyalah sebagian dari gejala stroke. Meski demikian, dengan mengetahui gejala stroke ini, maka kita akan semakin waspada dengan gaya hidup yang sedang kita jalani. (disarikan dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *