Gejala Penyakit Ginjal Harus Diwaspadai

www.sahuta.com. Gejala penyakit ginjal adalah tanda-tanda, indikasi, dan petunjuk yang mengindakasikan seseorang sedang menghadapi masalah kesehatan ginjal. Gejala penyakit ginjal ini dapat menjadi referensi bagi anda untuk menjaga kesehatan ginjal secara dini.

Penyakit Ginjal tidak menunjukkan tanda-tanda yang khas. Kondisi inilah yang membuat orang menjadi tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami gejala penyakit ginjal. Oleh karena itu, edukasi tentang gejala penyakit ginjal ini dapat anda jadikan panduan untuk memahami kondisi kesehatan ginjal anda.

Dalam artikel kesehatan ini, kita akan belajar memahami tentang  gejala penyakit ginjal yang harus disikapi dengan bijak. Berikut ini adalah gejala penyakit ginjal sebagaimana yang dilansir oleh huffingtonpost.com.

Gejala Penyakit Ginjal Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Ginjal Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Ginjal Masalah Buang Air Kecil

Gejala penyakit ginjal dapat ditandai dengan berbagai masalah yang berkaitan dengan buang air kecil. Tanda penurunan fungsi ginjal yang dapat diketahui dari aktifitas buang air kecil yang berbeda dari biasanya. Masalah buang air kecil yang mengindikasikan adanya penurunan fungsi ginjal diantaranya adalah: urin berdarah, urin berbusa, dan sering buang air kecil di malam hari.

Kencing berdarah

Ginjal yang sedang bermasalah adalah ginjal yang memiliki kinerja yang kurang baik. Penyakit ginjal dapat ditandai dengan mengalirnya sel-sel darah ke dalam urin. Kondisi urin berdarah ini bisa terjadi karena kerusakan ginjal. Namun, urin berdarah juga bisa terjadi karena adanya infeksi, batu ginjal dan tumor.

Air Urin Berbusa

Kelebihan protein di dalam air seni dapat anda ketahui ketika sedang buang air kecil di toilet. Coba perhatikan apakah air urine anda mengeluarkan busa atau tidak. Air seni yang membentuk gelembung busa mengindikasikan kandungan protein yang terlalu tinggi.

gejala penyakit ginjal masalah buang air kecil

gejala penyakit ginjal masalah buang air kecil

Sering Buang Air Kecil Di Malam hari

Coba perhatikan intensitas buang air kecil anda, khususnya di malam hari. Jika frekwensi buang air kecil jauh lebih sering di malam hari, maka anda patut waspada.  Sering buang air kecil di malam hari bisa jadi adalah petunjuk adanya masalah di bagian ginjal. Kondisi ini bisa juga terjadi karena infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

Baca juga:

Gejala Penyakit Ginjal Masalah Pembengkakan

Penurunan fungsi ginjal atau rusaknya fungsi ginjal juga dapat ditandai dengan adanya pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Pembengkakan di wilayah sekitar mata, di bagian kaki dan pergelangan kaki bisa jadi adalah petunjuk tentang masalah penyakit ginjal.

Mengalami bengkak di sekitar mata

Adanya bengkak di wilayah sekitar mata juga mengindikasikan adanya kelebihan protein di dalam tubuh. Penurunan fungsi ginjal yang ditandai dengan bocornya protein ke dalam urin adalah petunjuk mulai rusaknya filter ginjal. Segera periksakan kesehatan ginjal anda bila kondisi ini terjadi.

tanda-tanda penyakit ginjal pembengkakan kaki

tanda-tanda penyakit ginjal pembengkakan kaki

Mengalami Bengkak Di kaki dan Pergelangan kaki

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan restensi natrium. Kondisi ini bisa mengakibatkan terjadinya pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Selain karena masalah ginjal, pembengkakan kaki juga bisa terjadi karena penyakit jantung, penyakit liver, dan masalah vena kronis pada bagian kaki.

Gejala Penyakit Ginjal Masalah Kesulitan Tidur

Penurunan fungsi ginjal juga akan mengakibatkan racun akan tetap berada di dalam darah. Kondisi ini akan membuat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Jadi, bila anda sering mengalami masalah dengan tidur, bisa jadi kondisi ini adalah karena adanya gejala penyakit ginjal.

Fakta menunjukkan bahwa penyakit ginjal memiliki kaitan yang erat dengan obesitas dan penyakit ginjal kronis. Bahkan, apnea tidur juga sering dialami oleh orang-orang yang mengidap penyakit ginjal.

Baca juga:

Gejala Penyakit Ginjal Masalah Nafsu makan yang buruk

Penumpukan racun di dalam darah yang terjadi karena penurunan fungsi ginjal juga dapat ditandai dengan menurunnya nafsu makan. Jadi, jika nafsu makan anda sangat buruk, maka bisa jadi kondisi ini terjadi karena masalah penyakit ginjal.

Penyakit Ginjal Ditandai Kesulitan Tidur

Penyakit Ginjal Ditandai Kesulitan Tidur

Gejala Penyakit Ginjal Masalah Mudah Lelah dan Sulit konsentrasi

Penumpukan racun dan kotoran dalam darah dapat mengakibatkan penurunan fungsi ginjal. Kondisi ini akan menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah. Jika kondisi ini terjadi maka seseorang akan menjadi mudah lelah, lemah dan mengalami kesulitan untuk konsentrasi. Bahkan, penyakit ginjal bisa mengakibatkan seseorang kekurangan darah atau anemia, sehingga sering mengalami kelelahan dan kelemahan.

Gejala Penyakit Ginjal Masalah Kulit Kering Dan Gatal

Kulit kering dan gatal adalah tanda dari kurangnya mineral di dalam tubuh. Kondisi ini bisa jadi adalah karena ginjal tidak mampu menjaga keseimbangan yang tepat antara mineral dan nutrisi dalam darah. Akibatnya, kulit akan kering dan terasa gatal.

Cara Mengobati Penyakit Ginjal Sampai Sembuh

Cara Mengobati Penyakit Ginjal Sampai Sembuh

Gejala Penyakit Ginjal Masalah kram otot

Apakah anda sering mengalami kram otot? Kondisi kram otot bisa terjadi karena adanya ketidaseimbangan elektrolit dan gangguan fungsi ginjal. Selain itu, kadar kalsium yang rendah juga bisa mengakibatkan terjadinya kram otot.

Jika anda merasa mengalami berbagai gejala penyakit ginjal ini, maka segera periksakan kesehatan anda ke dokter. Jangan tunda-tunda lagi, sekarang adalah saat terbaik untuk memeriksakan kesehatan  anda. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *