Gejala Kanker Ovarium

Gejala kanker ovarium adalah tanda-tanda, ciri-ciri, dan petunjuk adanya kemungkinan sel kanker menyerang di bagian indung telur atau ovarium. Gejala kanker ovarium seringkali diabaikan, karena dianggap hanya sekedar masalah kesehatan biasa. Padahal, gejala kanker ovarium ini adalah bentuk pertanda bahaya yang disampaikan oleh tubuh untuk segera diatasi.

Kanker ovarium adalah sel kanker yang bertumbuh di bagian indung telur atau ovarium. Kanker ovarium adalah jenis kanker yang dapat menyerang wanita pada segala usia. Pencegahan penyakit kanker ovarium yang terbaik adalah dengan menyadari faktor resiko, faktor penyebab, dan berbagai gejala kanker ovarium yang bisa menyerang para wanita.

Gejala kanker ovarium memang tidak bersifat spesifik. Gejala kanker ovarium ini muncul dengan berbagai cara yang tidak terduga. Nah, agar anda lebih mawas diri dan sadar akan bahaya kanker ovarium yang mengancam kaum wanita, maka lebih baik pahami mengenai gejala kanker ovarium secara benar.

gejala kanker ovarium (doc shutterstock)

gejala kanker ovarium (doc shutterstock)

Gejala Kanker Ovarium

Kanker ovarium tidak serta merta menyerang anda. Ada proses, waktu, dan perjalanan panjang hingga anda mengalami kanker ovarium.  Berikut ini adalah gejala kanker ovarium sebagaimana dilansir oleh boldsky.com.

Sering Mengalami Kembung

Keadaan perut kembung yang terjadi satu dua kali mungkin adalah masalah kesehatan yang biasa. Akan tetapi, jika kembung terjadi berkali-kali dan berulang kali, maka keadaan ini bukanlah masalah kesehatan yang biasa. Apalagi jika perut kembung disertai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Baca juga:

Siklus Menstruasi tidak normal

Siklus menstruasi yang tidak normal juga dapat menjadi tanda-tanda kanker ovarium. Siklus menstruasi yang tidak teratur, singkat, atau lama sekali bukanlah keadaan yang normal. Kondisi ini bisa jadi adalah petunjuk adanya sel kanker di ovarium.

Sering Mengalami Gangguan Perut

Perut yang berulangkali sakit atau mengalami gangguan adalah masalah yang harus segera diperiksakan secara medis. Apalagi jika anda merasa tidak mengkonsumsi makanan yang bisa merangsang gangguan perut.

Gangguan perut ini bisa disertai dengan muntah, mencret atau diare yang berulang-ulang. Jika kondisi ini kerap terjadi pada anda, maka kondisi ini bisa jadi adalah petujuk adanya kanker ovarium.

Gejala kanker ovarium

Gejala kanker ovarium

Ketidaksuburan

Infertilitas memang bukan hanya terjadi karena kanker ovarium. Namun, salah satu penyebab infertilitas adalah karena kanker ovarium. Jadi, jika anda sudah lama menikah namun tidak kunjung mengalami kehamilan, waspadalah!

Peningkatan Ukuran Pinggang

Peningkatan ukuran pinggang dapat dipicu oleh karena meningkatnya berat badan. Namun, peningkatan ukuran lingkaran pinggang juga bisa diakibatkan oleh karena serangan kanker ovarium. Jadi, coba perhatikan ukuran pinggang anda, apakah peningkatan ukuran ini terjadi karena anda makin gemuk atau mungkin karena ada alasan lain?

Artikel Rekomendasi:

Sering Buang Air Kecil

Apakah frekwensi buang ari kecil anda lebih sering dari biasanya? Jika ya, apakah karena anda memang sedang minum air lebih banyak? Jika anda buang air kecil dengan intensitas yang sering, padahal anda hanya minum secara biasa, maka bisa jadi kondisi ini bukanlah masalah yang sepele.

Serangan kanker ovarium bisa meningkatkan intensitas buang air kecil. Coba amati diri anda, apakahfrekwensi buang air kecil anda biasa atau ada tanda-tanda peningkatan yang signifikan?

Gejala Kanker Ovarium Harus Dideteksi secara dini

Kanker ovarium hanya dapat dikonfirmasi melalui pemeriksaan medis yang menyeluruh. Diagnosa ada tidaknya kanker ovarium dapat dilakukan dengan: biopsi,USG, MSCT, CT Scan, rontgen dada, dan dengan pemeriksaan darah untuk mengukur CA-125.

gejala kanker ovarium masalah kesuburan (doc shutterstock)

gejala kanker ovarium masalah kesuburan (doc shutterstock)

Segera periksakan kesehatan ovarium anda bila anda merasakan bahwa gejala kanker ovarium ini terjadi pada diri anda dan orang yang anda cintai. Jangan biasakan mengadakan pemeriksaan kesehatan hanya dalam keadaan sakit saja. Pencegahan sejak awal adalah salah satu rahasia keberhasilan untuk menghindari kanker ovarium dan atau bisa disembuhkan dari kanker ovarium.

Gejala Kanker Ovarium Harus Dituntaskan

Jangan biarkan kanker ovarium mengganggu kehidupan anda. Segera tuntaskan masalah gejala kanker ovarium sebelum kanker ovarium menghantui kehidupan anda. Salah satu cara terbaik untuk bebas dari kanker ovarium adalah dengan kebiasaan hidup sehat: makan buah dan sayuran, olahraga teratur, dan mengurangi stres.

Jika masalah kanker ovarium sedang mengganggu kesehatan anda, jangan menyerah kalah. Kanker ovarium masih bisa disembuhkan. Selama anda masih mau berjuang, maka selama itu harapan kesembuhan dari kanker itu masih ada. Pengobatan kanker ovarium  yang efektif tersedia bagi anda yang mau mengalami pemulihan dari kanker. (Ditulis dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *