Gangguan Pendengaran Tuli

Gangguan pendengaran tuli telinga adalah gangguan pendengaran yang mengakibatkan telinga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Gangguan pendengaran tuli telinga bisa bersifat sementara dan bersifat permanen. Tuli telinga yang bersifat sementara adalah tuli telinga yang bisa sembuh sendiri dan tidak membutuhkan waktu lama. Tuli permanen adalah gangguan pendengaran yang sudah sangat sulit untuk dipulihkan.

Gangguan Pendengaran Tuli berbagai Penyebab

Gangguan pendengaran dapat mengakibatkan tuli atau telinga tidak bisa mendengar lagi seperti sediakala. Gangguan pendengaran bukanlah masalah sepele, karena bisa mengkibatkan gangguan pada keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Gangguan Pendengaran Tuli

Gangguan Pendengaran Tuli

Gangguan pendengaran dapat diakibatkan oleh karena serangan virus dan penyakit, namun bisa juga terjadi karena kebiasaan hidup yang kurang menjaga kesehatan telinga.  Telinga adalah organ pendengaran yang sangat peka dan  sensitif. Gangguan kecil yang terjadi pada telinga bisa mengakibatkan gangguan pada seluruh organ tubuh yang lain.

Gangguan Pendengaran Tuli Karena Telinga  Tanpa Pelindung

Suara bising, volume suara yang keras, dan volume suara musik yang keras dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan telinga. Volume suara yang keras ini dapat merusak reseptor pendengaran.

Cara terbaik agar bisa terhindar dari paparan suara yang menggangu telinga adalah dengan melindungi telinga secara sadar. Ketika sedang berada di lingkungan bersuara keras, pastikan bahwa anda menyumbat telinga untuk keamanan telinga.

Gangguan pendengaran tuli telinga

Gangguan pendengaran tuli telinga

Kemudian, upayakan untuk menghilangkan atau menghindari kebiasaan mendengar suara musik dengan menggunakan earphone….? Ingat, kebiasaan menggunakan handset justru bisa mengkibatkan gangguan pendengaran, baik yang bersifat sementara maupun bersifat permanen.

Gangguan Pendengaran Tuli  Karena Tindik Telinga

Tindikan pada telinga, apalagi yang dilakukan berulangkali dapat menyebabkan infeksi telinga serius. Salah satu cara efektif untuk menghindari infeksi telinga bagian luar adalah dengan cara tidak melakukan tindik telinga secara berulang.

Baca juga:

Gangguan pendengaran yang terjadi karena tindik telinga biasanya disertai dengan bercak kemerahan, nyeri atau bengkak pada daun telinga.  Jika kondisi ini terjadi pada anda pasca tindik telinga, maka segera periksakan telinga anda ke dokter.

Gangguan Pendengaran Tuli Karena Pemakaian Cotton Bud

Hindari pemakaian cotton bud yang terlalu sering. Mengapa? Penggunaan cotton bud yang salah dapat menyebabkan infeksi telinga dan rusaknya gendang telinga.

Gangguan pendengaran tuli telinga

Gangguan pendengaran tuli telinga

Cara membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud harus dilakukan dengan lembut, tidak terlalu sering, dan jangan terlalu dalam masuk ke bagian telinga. Cara penggunaan cotton bud secara aman ini juga bisa menjadi bagian tak terpisahkan dari pencegahan gangguan pendengaran.

Gangguan Pendengaran Tuli Karena Olahraga Keras

Gangguan Pendengaran juga bisa terjadi karena benturan, pukulan, dan cedera yang terjadi pada telinga. Oleh karena itu, jika anda memang menggeluti olahraga keras, maka upayakan agar keamanan telinga anda tetap terjaga.

Telinga anda harus dilindungi secara aman sehingga tidak terkena benturan secara langsung. Bila terjadi benturan secara langsung ke bagian telinga, maka daun telinga bisa mengalami pembengkakan. Kondisi ini bisa mengakibatkan pembuluh darah di bagian telinga mengalami kerusakan parah.

Jenis dan Penyebab Tuli Telinga

Jenis dan Penyebab Tuli Telinga

Gangguan Pendengaran Tuli Karena Obat Tetes

Gangguan pendengaran juga bisa terjadi akibat penggunaan obat tetes secara sembarangan. Cara mengobati sakit radang telinga dengan menggunakan obat tetes harus dilakukan secara hati-hati. Jika harus memakai obat tetes, maka pastikan bahwa anda melakukannya secara benar. Ingat, obat tetes yang masuk hingga ke gendang telinga dapat menyebabkan tuli permanen.

Gangguan Pendengaran karena Tekanan Udara

Gangguan pendengaran juga bisa terjadi karena tekanan udara yang berlebihan. Gangguan pendengaran barotrauma atau pecahnya gendang telinga kadangkala terjadi pada para penyelam yang melakukan penyelaman mendadak terlalu dalam.

Pastikan bahwa anda melakukan penyelaman secara aman. Caranya adalah dengan menjaga kecepatan menyelam  18 meter per menit. Batas kecepatan ini dilakukan agar tekanan udara tidak naik secara mendadak dan masuk ke kedalaman laut terlalu cepat.

gejala tuli gangguan pendengaran

gejala tuli gangguan pendengaran

Gangguan Pendengaran Tuli

Gangguan pendengaran tuli adalah bukan hanya mengganggu secara sosial, tetapi juga mengganggu secara mental. Oleh karena itu, cara mengobati gangguan pendengaran tuli yang terbaik adalah dengan menghindari faktor penyebab terjadinya gangguan pendengaran.

Namun, jika sudah mengalami gangguan pendengaran tuli ini, apa yang harus dilakukan? Pengobatan gangguan pendengaran tuli harus dilakukan dengan cepat untuk menghindari tuli permanen. Oleh karena itu, pilihlah pengobatan gangguan tuli pendengaran yang menawarkan solusi kesehatan yang tepat, cepat dan cocok bagi anda. (disarikan dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *