Faktor Resiko Penyebab Penyakit Stroke

Sahuta sehat-www.sahuta.com. Faktor resiko penyebab penyakit stroke adalah faktor-faktor, hal-hal, dan kondisi-kondisi yang menyebabkan terjadinya penyakit stroke. Faktor resiko penyebab penyakit stroke dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu faktor resiko penyebab penyakit stroke yang bisa diubah dan faktor resiko penyebab penyakit stroke yang tidak bisa diubah.

Pengertian Penyakit Stroke

Stroke adalah penyakit yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah dan pecahnya pembuluh darah. Akibatnya, terjadi gangguan pasokan darah ke bagian otak, sehingga menyebabkan terjadinya kematian sel di sebagian area otak.

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Stroke Yang Bisa Diubah

Faktor resiko penyebab penyakit stroke yang bisa dikendalikan, bisa diubah dan bisa dihilangkan sama sekali. Pada bagian ini, dibutuhkan kesadaran akan pentingnya kesehatan tubuh bagi setiap orang. Langkah paling bijaksana bukanlah mengobati melainkan melakukan usaha pencegahan penyakit stroke secara aktif, sadar, dan proaktif.

faktor resiko penyebab stroke bisa diubah

faktor resiko penyebab stroke bisa diubah

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Stroke Riwayat Serangan jantung

Seseorang yang pernah mengalami serangan penyakit jantung memiliki potensi untuk mengalami resiko penyakit stroke. Oleh karena itu, seseorang yang sudah pernah terdiagnosa menderita penyakit jantung, harus memperbaiki kualitas kesehatannya secara menyeluruh.

Faktor Resiko Penyakit Stroke Riwayat Diabetes

Seseorang yang mengalami kadar gula darah tinggi memiliki potensi untuk menderita penyakit stroke. Hal ini karena penderita diabetes juga rentan mengalami komplikasi dari diabetes yang bisa mengakibatkan serangan ke bagian otak.  Kadar gula darah yang tinggi berpengaruh buruk  pada kesehatan dinding pembuluh darah.

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Stroke Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat mengakibatkan pecahnya atu bocornya pembuluh darah arteri. Jika hal ini sampai terjadi, maka bahaya serangan stroke sudah di depan mata. Pecahnya pembuluh darah dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan di di bagian otak.

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Stroke Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi atau lemak darah tinggi mengakibatkan timbunan lemak di pembuluh darah. Timbunan lemak darah tinggi ini menyebabkan terjadinya aterosklerosis yang bisa membuat penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah arteri. Penyumbatan pembuluh darah ini bisa mengakibatkan terganggunya suplai darah ke bagian otak, yang menjadi penyebab terjadinya penyakit stroke iskemik.

 

faktor resiko penyebab penyakit stroke

faktor resiko penyebab penyakit stroke

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Stroke Obesitas

Kegemukan atau kelebihan berat badan bukanlah pertanda kesehatan yang baik. Justru obesitas dapat memberikan pengaruh yang negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Obesitas menunjukkan kurangnya aktifitas tubuh secara aktif, kelebihan lemak, dan potensi timbunan lemak di dalam pembuluh darah.

Obesitas meningkatkan peluang terjadinya berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi penyakit jantung koroner, maupun penyakit stroke akibat terjadinya penyempitan pembuluh darah otak.

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Stroke Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok memberi pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan merokok mengakibatkan terganggunya peredaran darah. Kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko terkena stroke sebesar 50 persen.

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan terjadinya kerusakan otak dan kematian. Kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya aneurisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah bisa mengalami pecah secara tiba-tiba sehingga mengakibatkan pendarahan otak.

faktor resiko penyebab penyakit stroke obesitas

faktor resiko penyebab penyakit stroke obesitas

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Stroke Yang Tidak Bisa Diubah

Faktor  Resiko Keturunan. Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat stroke, maka sebaiknya anda lebih mawas diri dengan rutin chek kesehatan

Faktor Usia. Usia di atas 65 tahun adalah usia yang rentan terkena serangan stroke. Meski demikian, saat ini serangan stroke juga bisa terjadi di usia yang relatif muda. Bahkan, sudah banyak kasus stroke yang terjadi pada usia anak maupun usia muda.

Faktor Riwayat TIA. Trancient Ischemic Attack adalah serangan stroke yang terjadi sejenak dan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Jika anda pernah mengalami serangan stroke TIA, maka harus lebih waspada dengan kesehatan anda.

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Stroke: Anda yang Mengubah Atau Anda terpaksa diubah

Anda bisa mengubah kebiasaan hidup anda sekarang juga! Atau, jika anda tidak mau berubah, maka anda akan terpaksa untuk berubah oleh keadaan. Jalan terbaik agar terhindar dari sakit stroke adalah dengan memutuskan untuk berubah sejak sekarang!

Namun, bila anda sudah dalam keadaan menderita penyakit stroke, maka anda juga masih memiliki harapan untuk pemulihan. Kami memiliki terapi stroke yang terbukti ampuh membantu banyak orang sehingga sembuh dari penyakit stroke. Pada terapi stroke ampuh ini, kami menggunakan obat stroke herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan stroke.

faktor resiko penyebab penyakit stroke

faktor resiko penyebab penyakit stroke

Meski demikian, terapi stroke yang baik adalah terapi stroke yang menyeluruh. Terapi stroke yang benar membutuhkan dukungan keluarga, hasrat sembuh dari pasien, dan ketaatan untuk mengikuti terapi stroke secara displin.

Kemudian, perubahan pola hidup juga perlu dilakukan agar kesembuhan dari penyakit stroke dapat cepat dirasakan. Sang pasien perlu menghilangkan kebiasaan merokok, tidak minum alkohol, mau bergerak secara aktif, menjalani pola hidup dengan menu makanan yang sehat, dan mengurangi stres. Mau? (Disarikan dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat-konsultan kesehatan www.sahuta.com)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *