Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung Koroner dapat dikendalikan
Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung Koroner dapat dikendalikan

Sahuta.com-Yogyakarta. Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung Koroner-www.sahuta.com. Faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner adalah berbagai masalah darah yang dapat meningkatkan resiko serangan penyakit jantung. Ironisnya, penyebab penyakit jantung koroner ini sering diabaikan atau kurang diperhatikan secara serius. Padahal, bila dapat dijaga secara sadar, maka resiko penyakit jantung juga akan semakin menurun.

Tekanan darah tinggi, lemak darah tinggi, dan gula darah tinggi adalah faktor resiko penyebab penyakit jantung yang kurang diperhatikan oleh kebanyakan orang. Padahal, dengan menjaga tekanan darah, lemak darah, dan gula darah normal, maka resiko penyakit jantung dapat diminimalisir.

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung Koroner dapat dikendalikan
Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung Koroner dapat dikendalikan

Faktor Resiko Penyebab Penyakit jantung Koroner

Bagaikan kembar tiga:tekanan darah tinggi, lemak darah tinggi, dan gula darah tinggi seakan sulit dipisahkan satu sama yang lain. Orang yang memiliki gula darah tinggi cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan lemak darah tinggi. Orang yang memiliki lemak darah tinggi juga cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi. Begitu juga dengan kecenderungan yang terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan besar gula darah dan lemak darahnya juga tinggi.

faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner kolesterol tinggi
faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner kolesterol tinggi

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung Koroner-Kadar Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner. Kolesterol tinggi juga akan cenderung menempel dan menggumpal pada pembuluh darah. Kondisi ini terjadi karena kadar kolesterol tinggi dapat membentuk plak yang menyebabkan terjadinya aterosklerosis.

Kolesterol terdiri dari kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Salah satu cara efektif untuk menurunkan kolesterol jahat adalah dengan meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan meningkatknya kolesterol baik (HDL), maka akan menurunkan resiko penyakit jantung. Sebaliknya, peningkatan kolesterol jahat (LDL) justru akan meningkatkan potensi penyakit jantung. Kadar kolesterol tinggi adalah salah satu faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner yang dapat dikendalikan.

faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner gula darah tinggi
faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner gula darah tinggi

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung Koroner- Diabetes Mellitus Gula darah tinggi

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes mellitus. Kadar gula darah tinggi ini dapat menyebabkan terjadinya penebalan pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini tidak baik bagi jantung, karena dapat menghambat aliran darah.

Penyakit diabetes akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda menjaga kadar gula darah normal. Dengan menjaga kadar gula darah normal, maka masalah diabetes mellitus dan penyakit jantung juga dapat dihindari. Kadar gula darah dapat dikendalikan, sehingga dengan menjaga kadar gula darah maka faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner dapat diminimalisir.

faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner hipertensi tekanan darah tinggi
faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner hipertensi tekanan darah tinggi

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung Koroner- Tekanan Darah Tinggi Hipertensi

Tekanan darah tinggi tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berbagai penyakit yang mengintai akibat tekanan darah tinggi yang berlebihan diantaranya adalah penyakit stroke, gagal ginjal kronis, dan penyakit jantung.

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang berlebihan. Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang jauh di atas normal. Hipertensi akan membuat jantung bekerja lebih keras dan pembuluh darah menjadi lebih terbebani.

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh konsumsi asupan garam yang berlebihan, kurang tidur, stres, dan lemak darah tinggi. Jadi, dengan  menurunkan tekanan darah tinggi, maka anda sudah menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner asupan makanan
faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner asupan makanan

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan meningkatkan kualiatas tidur, menghentikan kebiasaan merokok, dan mengurangi asupan makanan kaya lemak. Tekanan darah tinggi juga dapat dijaga dengan mengurangi asupan garam, mengurangi stres, dan menikmati hidup dengan pola pikir yang sehat. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor resiko penyebab penyakit jantung koroner yang dapat dikendalikan.

Kurangi Faktor Resiko Penyebab Penyakit jantung Koroner

Cara paling baik untuk menghindarkan penyakit jantung koroner adalah dengan mencegah sejak dini. Caranya? Jagalah agar gula darah, lemak darah, dan tekanan darah anda tetap normal. Hal ini sangat penting karena tekanan darah, gula darah, dan lemak darah tinggi akan membebani kinerja jantung. Sebaliknya, tekanan darah, gula darah dan lemak darah yang normal akan meringankan kinerja jantung.

Cara menjaga tekanan  darah, lemak darah dan gula darah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi asupan makanan sehat berupa buah-buahan dan sayur-sayuran.  Kemudian, mengurangi konsumsi alkohol, berhenti merokok, dan olahraga dengan aktivitas fisik secara rutin. Cara menjaga tekanan darah, lemak darah, dan gula darah juga dapat dilakukan dengan mengurangi asupan garam, daging merah, dan makanan berpengawet. (Ditulis dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*