Faktor Resiko Penyebab kanker Prostat

Faktor resiko penyebab kanker prostat adalah berbagai penyebab yang meningkatkan resiko terkena kanker prostat. Faktor resiko penyebab kanker prostat adalah multi faktor sehingga cara mencegah yang paling baik adalah dengan melakukan pencegahan kanker prostat secara dini.

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi di kelenjar prostat. Kanker prostat adalah penyakit multifaktorial yang terjadi karena kombinasi penyebab kanker mulai dari keturunan, etnis, hormon, diet hingga lingkungan.

Faktor Resiko Penyebab Kanker Prostat

Dalam artikel ini, kami menyampaikan faktor resiko penyebab kanker prostat yang meningkatkan resiko kanker prostat. Faktor resiko penyebab kanker prostat ini meliputi kebotakan skala menengah di usia 45 tahun, hormon melatonin, kurang aktif bergerak, dan riwayat keluarga.

Faktor resiko penyebab kanker prostat

Faktor resiko penyebab kanker prostat

Faktor Resiko Penyebab kanker Prostat Botak Di Usia 45 tahun

Pria yang mengalami kebotakan skala menengah pada usia 45 tahun, memiliki resiko terkena kanker prostat sampai sebesar 39%. Botak skala menengah adalah botak pada bagian depan dan botak pada mahkota kepala rambut.

Rambut botak terjadi karena paparan testosteron dan dihydrostestosteron di kulit kepala. Kondisi ini memiliki kaitan yang erat dengan resiko kanker prostat. Pendapat ini disampaikan oleh Dr Charles Ryan, peneliti di National Cancer Institute, setelah melakukan penelitian terhadap 40.000 orang pria.

Dalam studi selama 8 tahun ini terungkap bahwa 18% pria mengalami kebotakan skala menengah di usia 45 tahun. Ternyata, para pria ini mengalami resiko terkena kanker prostat 39% lebih besar daripada yang lain.

faktor resiko penyebab kanker prostat botak

faktor resiko penyebab kanker prostat botak

Faktor Resiko Penyebab kanker Prostat Hormon Melatonin

Kualitas tidur yang baik akan meningkatkan hormon melatonin atau hormon tidur. Nah, semakin tinggi kadar hormon melatonin, maka semakin kecil resiko terkena kanker prostat. Sebaliknya, kualitas tidur yang jelek akan mengurangi kadar hormon melatonin secara signifikan. Dampaknya, resiko terkena kanker prostat juga semakin besar.

Penelitian tentang pengaruh hormon melatonin terhadap tingkat resiko terkena kanker prostat dilakukan oleh Sarah Markt di departemen epidemiologi Harvard School of Public Health di Boston. Dalam penelitian ini terungkap bahwa peningkatan hormon melatonin akan menurunkan resiko terkena kanker prostat secara signifikan.

Hasil studi ini mengungkapkan bahwa peningkatan hormon melatonin di dalam urine akan mengurangi resiko kanker prostat sampai 75 %. Sementara,pria yang mengalami penurunan hormon melatonin akan meningkatkan resiko terkena kanker prostat.

faktor resiko penyebab kanker prostat hormon tidur

faktor resiko penyebab kanker prostat hormon tidur

Hormon melatonin akan bertumbuh secara subur mulai petang hari hingga malam hari. Kondisi peningkatan hormon melatonin ditandai dengan meningkatnya rasa kantuk. Namun, penurunan kadar melatonin akan mulai terjadi di pagi hari sampai sinar matahari bersinar terang.

Tingkat resiko terkena kanker prostat akan semakin besar apabila hormon melatonin berkurang. Kondisi ini akan terjadi bila seseorang kurang kualitas tidur, durasi tidur kurang, dan tidur di siang hari. Tetapi,  tingkat resiko terkena kanker makin kecil apabila hormon melatonin bertumbuh dengan baik. Situasi yang sangat mendukung untuk meningkatkan hormon melatonin adalah tidur dengan durasi waktu yang cukup, kualitas tidur yang baik, dan tidur di malam hari.

Baca juga:

Faktor Resiko Penyebab kanker Kurang Aktif Bergerak

Gaya hidup tidak aktif, kurang gerak, dan malas bergerak memiliki pengaruh terhadap resiko kanker. Gaya hidup pasif ini bahkan bisa meningkatkan resiko kanker usus hingga 60% lebih besar. Aktif atau pasifnya seseorang bergerak dapat dilihat dari aktivitas fisik keseharian. Duduk selama 30 menit tanpa berdiri termasuk gaya hidup kurang gerak!

faktor resiko penyebab kanker prostat kurang gerak

faktor resiko penyebab kanker prostat kurang gerak

Gaya hidup sedentary atau gaya hidup tidak aktif bergerak dapat meningkatkan resiko kanker prostat, usus, payudara dan uterus. Kondisi ini terjadi karena penimbunan lemak di dalam perut akan meningkatkan peluang sel lemak sakit. Ketika sel lemak bermasalah, maka berbagai penyakit kanker bisa muncul.

Dengan meningkatkan aktivitas fisik, rajin berolahraga, dan banyak gerak akan mampu meningkatkan tingkat kesehatan anda. Sebaliknya, dengan membiasakan diri dengan gaya hidup pasif, maka akan berpengaruh buruk bagi kesehatan anda.

Faktor Resiko Penyebab kanker Prostat Riwayat Keluarga

Riwayat anggota keluarga yang pernah menderita kanker prostat akan meningkatkan resiko terkena kanker prostat. Kesimpulan ini disampaikan oleh Lisa Cannon-Albright, profesor epidemiologi genetik di Universitas Utah, setelah melakukan studi penelitian.

faktor resiko penyebab kanker prostat riwayat keluarga

faktor resiko penyebab kanker prostat riwayat keluarga

Pengaruh riwayat keluarga kanker prostat memiliki kaitan erat dengan resiko kanker prostat bagi pria. Dalam penelitian ini, para peneliti melibatkan 7,3 juta orang pria yang memiliki resiko kanker prostat berdasarkan riwayat keluarga.

Hasilnya menunjukkan bahwa pria yang memiliki sejarah keluarga kanker prostat memiliki resiko terkena kanker prostat yang jauh lebih besar daripada pria yang tanpa riwayat keluarga kanker prostat.

Hasil penelitian ini mengungkapkan tentang pentingnya deteksi kanker prostat dini untuk mengurangi resiko kanker prostat. Cara deteksi yang paling direkomendasikan adalah dengan tes prostate-specific antigen atau PSA.

faktor resiko penyebab kanker prostat usia

faktor resiko penyebab kanker prostat usia

Faktor Resiko Penyebab Kanker Prostat Pilihan Bijak

Dengan mengetahui berbagai faktor resiko penyebab kanker prostat ini, maka harapannya kita akan menjalani hidup secara lebih bertanggungjawab. Dengan meminimalisir semua faktor resiko dan menjalani gaya hidup sehat, maka resiko kanker prostat juga akan semakin berkurang.

Kurangi faktor resiko, maka akan mengurangi resiko kanker prostat. Hindari berbagai faktor resiko yang bisa dihindari, maka akan mengurangi resiko kanker prostat. Bagaimana menurut anda? (Disarikan dari berbagai sumber: Bertinus Sijabat- www.sahuta.com)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *