Deteksi gejala stroke Metode FAST

Sahuta.com-Yogyakarta. Deteksi gejala stroke metode FAST adalah pendekatan pemeriksaan indikasi stroke yang dilakukan secara mandiri. Sesuai dengan namanya, metode FAST dapat dilakukan tanpa harus melibatkan dokter atau paramedis. Metode FAST dapat dilakukan oleh setiap orang yang paham dan tahu cara menggunakan pemeriksaan gejala stroke ini.

Deteksi gejala stroke metode FAST adalah pengujian awal untuk mengetahui resiko stroke. Metode FAST ini dapat dilakukan secara cepat sehingga pertolongan medis yang lebih baik dapat dilakukan.

deteksi gejala stroke metode FAST secara mandiri

deteksi gejala stroke metode FAST secara mandiri

Deteksi gejala stroke Metode FAST

Tolong dipahami bahwa metode FAST hanya sebuah pendekatan yang membantu, sehingga pengobatan medis harus segera dilakukan. Keterlambatan dalam penangan medis dapat mengakibatkan berbagai hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, setelah anda mengetahui gejala stroke dengan metode FAST, maka langkah berikutnya adalah segera lakukan pemeriksaan medis, saat itu juga!

Pemeriksaan mandiri untuk mengetahui gejala stroke dapat dilakukan dengan metode FAST. Deteksi gejala strokeĀ  metode FAST adalah akronim dari Face (wajah), Arms (tangan/lengan), Speech (bicara), dan Time (waktu).

deteksi gejala stroke dengan metode FAST mencegah stroke

deteksi gejala stroke dengan metode FAST mencegah stroke

Deteksi gejala stroke Metode FAST- Pengertian

Saat terseyum wajah akan tampak simetris. Tetapi, bila salah satu bagian wajah tampak turun atau tidak simetris, maka hal ini merupakan petunjuk awal resiko stroke yang sudah di depan mata.

Gerakkan tangan atau lengan anda. Coba angkat sebelah tangan atau lengan, lalu coba angkat kedua belah lengan. Perhatikan, apakah salah satu lengan terlihat menurun dibandingkan lengan yang lain. Jika anda mengalami kesulitan untuk mengangkat salah satu lengan, maka segera periksakan kesehatan anda.

deteksi gejala stroke metode FAST pencegahan stroke secara mandiri

deteksi gejala stroke metode FAST pencegahan stroke secara mandiri

Kesulitan berbicara secara tiba-tiba, intonasi tidak jelas, kata-kata yang terucap tidak jelas bukanlah keadaan yang dapat diabaikan. Cadel saat berbicara atau terdengar pelo, padahal sebelumnya baik-baik saja, merupakan gejala stroke yang harus segera ditangani secara cepat.

Jangan menunda-nunda waktu untuk memeriksakan kesehatan anda. Segera lakukan pemeriksaan medis jika anda mengalami beberapa gejala stroke. Ingat, pengobatan stroke yang terbaik itu memiliki masa emas, yaitu 3 jam pertama. Jika selama 3 jam pertama ini tidak ada penanganan medis atau tidak ada penanganan medis, maka kemungkinan pemulihan menjadi semakin berat dan sulit.

deteksi gejala stroke metode FAST pemeriksaan mandiri

deteksi gejala stroke metode FAST pemeriksaan mandiri

Deteksi gejala stroke Metode FAST-Pengobatan Stroke

Jangan jadikan hasil pemeriksaan dengan metode FAST hanya sekedar sebagai pengetahuan. Segera lakukan pemeriksaan medis jika hasil metode FAST menunjukkan hasil yang positif. Ingat, keterlambatan dalam penanganan stroke akan semakin menyulitkan proses penyembuhan.

Jadi, metode FAST harus menjadi acuan untuk penanganan lebih lanjut yang lebih baik. Jangan menunda-nunda dan jangan berlambat-lambat setelah anda mengetahui hasil pemeriksaan metode FAST.

Semakin cepat pengobatan dan penanganan stroke, maka hasilnya akan semakin lebih baik. Sebaliknya, semakin lambat proses pengobatan stroke dilakukan, maka hasilnya juga akan semakin sulit. Mau terhindar dari stroke? Cegah dari sekarang dengan deteksi gejala stroke metode FAST. Mau sembuh dari stroke? Lakukan pengobatan secapat mungkin! (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *