Cara Mencegah Stroke Ringan

Yogyakarta, sahuta.com. Cara Mencegah Stroke Ringan adalah artikel kesehatan yang mengupas tentang stroke ringan, gejala dan cara pencegahannya. Dalam hal ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian, tanda-tanda dan cara mencegah stroke ringan. Stroke ringan adalah serangan stroke yang berlangsung dalam waktu singkat, lalu kemudian pulih kembali dalam waktu realtif singkat. Istilah medis untuk stroke ringan adalah trancient ischemic attack atau TIA. Meski disebut stroke ringan, tetapi penanganan stroke harus ditangani dengan cara yang benar, tepat, dan cepat.

Fakta mengungkapkan bahwa stroke ringan merupakan petunjuk yang nyata akan adanya masalah pembuluh darah di otak. Jika tidak dilakukan penanganan yang baik, maka stroke ringan bisa berubah menjadi stroke berat. Padahal, stroke berat dapat mengakibatkan kecacatan, kelumpuhan, dan bahkan kematian! Oleh karena itu, usaha pencegahan stroke sejak dini mutlak dilakukan, sehingga resiko terjadinya serangan  stroke semakin kecil.

Cara mencegah stroke ringan

Cara mencegah stroke ringan

Cara Mencegah Stroke Ringan-Gejala Stroke Ringan

Gejala stroke ringan adalah tanda-tanda, petunjuk awal, dan ciri-ciri awal yang menunjukkan resiko stroke ringan. American Stroke Association memberikan berbagai kondisi yang seharusnya menjadi peringatan bagi kita semua. Hal ini penting untuk diketahui, karena jika tidak dipahami dengan benar, maka ancaman munculnya serangan stroke berat akan lebih membahayakan.

Gejala stroke ringan menurut American Stroke Association:

• Mati rasa pada sebelah sisi tubuh
• Mati rasaa pada bagian wajah, tangan, dan kaki.
• Mudah mengalami kebingungan
• Mengalami gangguan saat berbicara
• Mengalami kesulitan untuk memahami informasi
• Mengalami kesulitan untuk melihat dengan sebelah atau dengan kedua belah mata
• Mengalami kesulitan untuk berjalan secara normal
• Sering mengalami rasa pusing
• Kurang mampu menjaga keseimbangan tubuh
• Kurang mampu menjaga kordinasi dengan baik
• Sering mengalami sakit kepada yang parah tanpa penyebab yang jelas

Cara mencegah stroke ringan penyembuhan stroke ringan secara alami

Cara mencegah stroke ringan penyembuhan stroke ringan secara alami

Cara Mencegah Stroke Ringan-Dapat Menyerang Semua Lapisan Usia

Serangan stroke ringan tidak pandang usia, jenis kelamin, dan ras. Serangan stroke ringan dapat terjadi pada anak-anak, dewasa, dan lansia. Baik pria maupun wanita juga memiliki resiko mengalami serangan stroke. Bahkan, serangan stroke juga dapat terjadi di berbagai penjuru bumi tanpa kecuali.

Serangan stroke ringan atau TIA dapat menjadi pintu masuk bagi serangan stroke berikutnya. Bahkan, resiko serangan stroke ringan berpotensi menjadi stroke berat. Oleh karena itu, pencegahan stroke sejak dini harus diupayakan supaya serangan stroke ringan pertama dapat dihindarkan.

Penyebab stroke adalah karena adanya penyumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah di bagian otak. Kondisi ini menyebabkan pasokan darah dan oksigen menjadi terganggu, sehingga mengakibatkan kematian sel-sel di bagian otak. Stroke yang terjadi karena penyumbatan atau pengerasan pembuluh darah disebut stroke ischemik. Sementara stroke yang terjadi karena pecahnya pembuluh darah disebut sebagai stroke hemoragik.

Cara mencegah stroke ringan mengurangi resiko stroke dengan mengurangi stres

Cara mencegah stroke ringan mengurangi resiko stroke dengan mengurangi stres

Cara Mencegah Stroke Ringan-Petunjuk Untuk Hidup Sehat

Jika anda pernah mengalami serangan stroke ringan, maka segeralah periksakan kesehatan anda ke rumah sakit terdekat. Jangan menunda-nunda dan jangan berlambat-lambat,sehingga penanganan dapat dilakukan dengan lebih baik. Stroke ringan adalah alarm tubuh yang menunjukkan adanya ancaman bahaya yang sedang muncul.

Jadikan TIA sebagai momen pengubah perilaku dan cara hidup. Kembangkan kebiasaan berolahraga fisik secara teratur, hentikan kebiasaan merokok dan hentikan kebiasaan minum alkohol. Pastikan bahwa anda tidak mengalami obesitas atau kegemukan, kurangi asupan lemak trans tinggi, dan perbaiki kualitas tidur anda.

Kemudian, segeralah lakukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol darah dan asam urat secara teratur. Mulailah konsumsi asupan makanan buah dan sayuran, serta nikmati hidup anda dengan rekreasi dan mengurangi stres yang berlebihan. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Referensi:
Medical Daily
Health.kompas.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *