Cara Mencegah Stroke dengan Asupan Makanan

Sahuta.com-Yogyakarta. Cara mencegah stroke dengan asupan makanan adalah pilihan yang sangat baik untuk menurunkan resiko stroke. Cara mencegah stroke dengan asupan makanan berarti dengan sadar dan sengaja menggunakan menu makanan harian sebagai upaya pencegahan penyakit stroke.

Stroke adalah kondisi matinya sel-sel otak karena penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah di otak. Stroke ischemik adalah jenis stroke yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah yang menuju otak. Sementara, stroke hemoragik adalah jenis stroke yang terjadi karena pecah atau bocornya pembuluh darah yang menuju otak. Stroke ischemik dan stroke hemoragik dapat mengakibatkan kecacatan tubuh hingga kematian.

Cara mencegah Stroke Dengan Asupan makanan

Cara mencegah Stroke Dengan Asupan makanan

Cara Mencegah Stroke dengan Asupan makanan

Sebagian stroke terjadi karena adanya riwayat keluarga atau faktor genetik. Harus diakui, faktor resiko genetik  tidak bisa dikendalikan. Tetapi, salah satu faktor resiko penyebab stroke yang dapat dikendalikan adalah dengan  menjaga asupan makanan.

You are what you eat.  Ya, kesehatan anda dipengaruhi oleh apa yang masuk ke dalam tubuh anda. Apa yang anda makan dan minum akan memberikan dampak yang setara bagi kesehatan anda. Bila asupan makanan anda baik, maka tingkat kesehatan anda juga akan baik. Namun, bila asupan makanan kurang baik, maka tingkat kesehatan anda juga akan kurang baik.

Cara mencegah Stroke Dengan Asupan makanan sehat

Cara mencegah Stroke Dengan Asupan makanan sehat

Cara Mencegah Stroke dengan Asupan makanan- Perbanyak Asupan makanan sehat

Perbanyak asupan makanan yang sehat, maka resiko stroke juga akan menurun. Hal ini berlaku bagi anda yang masih sehat dan bagi orang yang sudah terkena serangan stroke. Bagi orang sehat, menu makanan sehat adalah upaya pencegahan sehingga terhindar dari serangan stroke. Bagi yang memiliki riwayat stroke, menu makanan sehat akan menurunkan resiko serangan stroke berikutnya dan bisa jadi juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan stroke. Cara mencegah stroke dengan asupan makanan sehat merupakan salah satu pencegahan penyakit stroke paling manjur.

Berikut ini adalah menu makanan sehat yang sebaiknya ditambah porsinya di dalam menu makanan harian anda.

  • Ganti asupan lemak jenuh dengan minyak nabati. Dengan cara ini maka kesehatan pembuluh darah akan semakin baik. Asupan minyak nabati banyak ditemukan di dalam biji rami, zaitun dan alpukat.
  • Asupan makanan kaya asam lemak omega-3 sangat baik untuk kesehatan. Dengan menambah asupan omega-3, maka dapat menurunkan tekanan darah. Bahkan, asupan omeg-3 juga bermanfaat untuk mengurangi resiko pembekuan darah. Omega-3 banyak ditemukan di dalam ikan salmon, tuna, dan berbagai ikan lainnya.
cara mencegah stroke dengan asupan makanan buah sayuran alami

cara mencegah stroke dengan asupan makanan buah sayuran alami

  • Perbanyak asupan makanan kacang-kacangan dan biji-bijian. Asupan makanan biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung lemak sehat. Dengan asupan makanan ini, maka kadar LDL akan rendah dan kadar HDL akan terjaga.
  • Buah dan sayuran. Buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan kekuatan antioksidan ini, maka tubuh akan terlindung dari serangan radikal bebas. Rekomendasi asupan makanan buah dan sayuran adalah minimal konsumsi tiga porsi sayaur dan dua porsi buah setiap hari.
Cara mencegah stroke dengan asupan makanan buah dan sayuran sehat alami

Cara mencegah stroke dengan asupan makanan buah dan sayuran sehat alami

Cara Mencegah Stroke dengan Asupan makanan- Kurangi Asupan makanan tidak sehat

Asupan makanan yang sebaiknya anda kurangi di dalam menu makanan harian. Hal ini sebaiknya dilakukan, agar anda dapat menurunkan resiko stroke. Dengan mengurangi asupan makanan tidak sehat, maka anda sudah menerapkan cara mencegah stroke dengan asupan makanan secara benar!

Berikut ini adalah daftar menu makanan yang harus dikurangi sehingga anda terhindar dari serangan stroke.

  • Kurangi asupan makanan yang kaya lemak jenuh dan trans. Hindari makanan yang digoreng dan dipanggang. Kurangi asupan makanan cepat saji, margarin, makanan kemasan dan makanan dalam kemasan.
  • Mengapa lemak trans dan lemak jenuh seharusnya dihindari? Karena asupan makanan lemak jenuh dan trans terbukti meningkatkan resiko penyakit jantung, menyebabkan kegemukan, dan meningkatkan kadar kolesterol LDL anda.
Cara Mencegah Stroke dengan Asupan makanan - Kurangi Asupan makanan tidak sehat

Cara Mencegah Stroke dengan Asupan makanan – Kurangi Asupan makanan tidak sehat

  • Kurangi garam atau sodium yang berlebihan. Asupan makanan yang kaya sodium dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Apabila tekanan darah tinggi terjadi, maka pembuluh darah dan jantung menjadi tegang.
  • Kurangi asupan makanan yang mengandung gula. Asupan gula yang berlebihan akan meningkatkan lonjakan insulin. Kondisi ini akan membuat asupan makanan diubah menjadi lemak trigliserida,yang menjadi penyumbang penyakit jantung terbesar.
  • Kurangi konsumsi alkohol bila anda mau melindungi kesehatan jantung anda. Konsumsi alkohol berlebihan justru dapat meningkatkan resiko stroke. Konsumsi red wine masih bisa ditolerir dalam jumlah maksimum satu gelas bagi wanita dan dua gelas sehari bagi pria. Hal ini karena red wine mengandung antioksidan dan resveratrol yang mampu membantu kesehatan jantung.
Cara Mencegah Stroke dengan Asupan makanan kaya kolesterol, gula, dan garam tinggi

Cara Mencegah Stroke dengan Asupan makanan kaya kolesterol, gula, dan garam tinggi

Cara Mencegah Stroke dengan Asupan makanan-Gaya Hidup

Ahli kesehatan dari seluruh dunia sepakat bahwa cara mengobati stroke paling ampuh adalah dengan pencegahan sejak dini. Dengan demikian, jika ingin terhindar dari serangan stroke, maka berbagai faktor resiko penyebab stroke, khususnya yang dapat dikendalikan, harus dimaksimalkan.

Jadikan gaya hidup sehat sebagai solusi untuk menjaga kesehatan secara prima. Dengan menambah asupan makanan sehat dan mengurangi asupan makanan tidak sehat, maka resiko stroke juga akan turun.

Meski demikian, bagi orang yang sudah terkena serangan stroke, baik stroke ringan dan stroke berat, juga masih ada harapan kesembuhan.  Testimoni kesembuhan dari stroke setelah mengkonsumsi obat stroke herbal ampuh adalah petunjuk adanya kemungkinan sembuh dari stroke. Jadi, jagalah asupan makanan anda dan konsumsilah paket obat stroke herbal ampuh secara  rutin, maka anda bisa sembuh dari stroke! (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Sumber: kompas.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *