Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Sahuta.com. Cara mencegah penyakit jantung koroner adalah sebuah upaya pencegahan yang dilakukan secara sadar untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Cara mencegah penyakit jantung koroner akan efektif dengan mengembangkan kebiasaan hidup yang sehat.

Mengurangi Kebiasaan Kerja Lembur

Kebiasaan kerja lembur memang baik untuk meningkatkan penghasilan. Namun, kebiasaan kerja lembur juga meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Kurangi waktu lembur

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Kurangi waktu lembur

Bagi pekerja penuh waktu, setiap tambahan jam kerja dalam seminggu, akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner sebesar 1% selama 10 tahun. Jam kerja yang panjang, yaitu antara 46-60 jam seminggu akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner sampai 35%.

Kerja lembur bukan hanya meningkatkan resiko jantung koroner. Kerja lembur juga meningkatkan resiko kegemukan, kondisi kelelahan fisik dan mental, dan tubuh rentan mengalami sakit penyakit lainnya. (sumber: healthday)

Hubungan Pernikahan Yang Bahagia

Hubungan pernikahan yang bahagia dan harmonis dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung mendadak. Interaksi hubungan yang positif bersama pasangan seperti dukungan dan pelukan dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan jantung.

Studi tentang pengaruh kebahagiaan terhadap kesehatan jantung dilakukan oleh tim peneliti dari University of Pittsburgh. Dalam studi ini, para peneliti mengamati interaksi hidup dari sebanyak 281 orang yang menikah.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Pernikahan Yang Bahagia

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Pernikahan Yang Bahagia

Selama proses penelitian ini, para peneliti memperhatikan interaksi hidup antar pasangan dan menghubungkannya dengan tingkat kesehatan jantung mereka. Hasilnya? Pasangan yang memiliki interaksi hubungan yang negatif ternyata memiliki arteri karotis yang lebih tebal. Arteri karotis adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kepala dan leher.

Penumpukan lemak di arteri ini dapat mengganggu aliran darah sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung atau serangan jantung. Sebaliknya, pasangan yang memiliki interaksi hubungan yang positif, ternyata memiliki arteri yang lebih sehat.

Para peneliti mengungkapkan bahwa interaksi hubungan positif memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih baik. Implikasinya adalah stres bisa diminimalisir dengan baik pula. Jadi, dengan menjadi bahagia dalam hubungan suami-istri, maka anda sudah menerapkan cara mencegah penyakit jantung koroner secara alami, bukan?(health.kompas.com)

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Hindari Perceraian

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Hindari Perceraian

Menghindari Perceraian

Pasangan yang tetap dalam pernikahan akan menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Sebaliknya, orangtua tunggal atau single parent justru meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Pengaruh antara orangtua tunggal dengan resiko penyakit jantung koroner dilakukan oleh peneliti dari Erasmus University Medical Center di Rotterdam, Belanda. Dalam penelitian ini, para peneliti meneliti data kesehatan, pekerjaan, dan status pernikahan 11.000 wanita di Eropa dan 6.000 wanita di Amerika Serikat.

Hasilnya? Single parent yang membesarkan anak seorang diri memiliki resiko penyakit jantung lebih dari 40%. Bukan hanya resiko jantung, resiko stroke akan meningkatkan hingga 74% bagi orangtua tunggal. Bahkan, pada orangtua tunggal yang juga memiliki kebiasaan merokok, maka resiko stroke terjadi hingga 77%.

Menurut Frank van Lenthe, peneliti senior dalam studi ini, Bekerja dan pernikahan menawarkan keamanan finansial dan sosial. Kondisi ini menjadi positif dan konstruktif sehingga dapat menjadi salah satu cara mencegah penyakit jantung koroner secara alami. (sumber: Fox News)

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Jaga Tekanan Darah Tetap Normal

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Jaga Tekanan Darah Tetap Normal

Menjaga Tekanan Darah

Cara mencegah penyakit jantung koroner juga dapat dilakukan dengan menjaga tekanan darah agar tetap normal. Idealnya tekanan darah orang dewasa adalah 120/80.

Mengapa menjaga tekanan darah agar normal harus dilakukan? Karena dengan menjaga tekanan darah normal, maka anda akan terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke.

Cara terbaik untuk menjaga tekanan darah adalah dengan rutin memeriksakan tekanan darah. Kemudian, perbanyak istirahat, kurangi asupan garam, dan hindari kebiasaan merokok. Lalu, tambahkan olahraga fisik sesuai usia, kurangi stres, dan tambahkan asupan kaya serat dengan konsumsi buah dan sayuran. (sumber: Foxnews)

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Kurangi Konsumsi Obat Hipertensi

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Kurangi Konsumsi Obat Hipertensi

Mengurangi Konsumsi Obat Hipertensi

Cara mencegah penyakit jantung koroner juga bisa dilakukan dengan membatasi, mengurangi dan menghindari obat hipertensi. Dengan cara ini, maka salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga tekanan darah normal dan gula darah normal.

Sebuah penelitian skala besar dan luas dilakukan oleh para peneliti dari Swedia. Dalam penelitian ini, dilakukan kajian terhadap 49 studi yang melibatkan sebanyak 73.738 orang partisipan. Mayoritas partisipan menderita penyakit diabetes mellitus tipe 2.

Hasilnya? Ternyata dengan menurunkan tekanan darah tinggi secara perlahan, maka akan menurunkan resiko kematian akibat serangan jantung dan gagal jantung. Sebaliknya, jika penurunan tekanan darah tinggi dilakukan secara progresif, justru dapat menimbulkan komplikasi. (sumber: UPI)

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Cara mencegah penyakit jantung koroner

Cara mencegah penyakit jantung koroner secara alami ternyata dapat dilakukan oleh setiap orang. Cara mencegah penyakit jantung koroner ini bisa dilakukan dengan menjaga hubungan suami istri tetap positif, menhindari perceraian, dan membatasi kerja lembur.

Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan, bukan? Jadi, sudahkah anda menerapkan cara mencegah penyakit jantung koroner ini di dalam kehidupan anda?  (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Referensi:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *