Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Cara Mencegah Penyakit Ginjalwww.sahuta.com. Cara mencegah penyakit ginjal adalah petunjuk kebiasaan hidup sehat demi menjaga kesehatan ginjal. Hal ini berarti bahwa kita secara sadar, sengaja, dan aktif berusaha menjalankan perilaku hidup yang sehat.

Cara mencegah penyakit ginjal dapat dilakukan dengan menjaga agar ginjal tetap sehat dan mengetahui ginjal rusak. Bahkan, cara mencegah penyakit ginjal juga dapat dilakukan dengan tes kesehatan fisik ginjal, menjaga tekanan darah , menjaga gula darah, dan menjaga berat badan secara ideal. Bukan hanya itu, kesehatan ginjal juga dapat dijaga dengan asupan makanan, menghentikan kebiasaan merokok, rutin olahraga, dan membatasi konsumsi obat.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Dengan Menjaga Agar Ginjal Tetap Sehat

Ginjal yang sehat bisa adalah ginjal yang berfungsi dan bekerja dengan baik. Ginjal yang sehat memiliki fungsi untuk menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda. Ginjal yang sehat juga bekerja efektif  dengan membantu membuat sel-sel darah merah, menjaga tulang kuat, dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dari dalam darah.

cara mencegah penyakit ginjal

cara mencegah penyakit ginjal

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Dengan Mengetahui Gejala Ginjal Rusak

Ginjal rusak adalah ginjal yang mengalami penurunan fungsi ginjal. Ginjal rusak akan menyebabkan keluarnya urin berdarah, urin berbusa, dan sering buang air kecil di malam hari. Ginjal rusak juga ditandai dengan kinerja ginjal yang buruk sehingga akan mengkibatkan kulit kering dan gatal karena kekurangan mineral.

Bahkan, ginjal  rusak juga akan ditandai dengan pembengkakan di bagian kaki, pergelangan kaki, dan di wilayah sekitar mata. Bukan hanya itu, ginjal rusak juga ditandai dengan kesulitan untuk tidur, kesulitan konsentrasi, dan kelelahan kronis.

Nah, agar kita bisa menjaga agar ginjal tetap sehat dan mengetahui gejala ginjal rusak, maka kita harus rutin melakukan kebiasaan hidup yang sehat. Berikut ini adalah Cara Mencegah penyakit ginjal sebagaimana dilansir oleh Foxnews.

Baca juga:

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Dengan Tes Kondisi Ginjal

Gejala penyakit ginjal menunjukkan resiko terkena penyakit ginjal. Oleh karena itu, kita harus melakukan tes pengecekan terhadapa kesehatan fisik ginjak.

Tes kesehatan fisik ginjal dapat dilakukan dengan 2 cara. Pertama, dengan melakukan tes urin yaitu untuk mengetahui kadar albumin di dalam urin. Kedua, dengan melakukan tes darah, yaitu untuk mengetahui kadar creatinine di dalam darah. (baca jugaKanker prostat sembuh tanpa operasi)

cara mencegah penyakit ginjal kronis

cara mencegah penyakit ginjal kronis

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Dengan Kontrol Tekanan  Darah dan Gula Darah

Penyebab utama penyakit ginjal atau gagal ginjal adalah karena tekanan darah tinggi dan kadar gula darah yang tinggi. Hal ini terjadi karena ginjal adalah organ vaskular yang di dalamnya terdapat banyak pembuluh darah.

Penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah akan meningkatkan resiko gangguan ginjal kronis. Jadi, mau tidak mau dan suka tidak suka, jika anda ingin agar ginjal sehat, maka anda harus mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah agar tetap normal. (baca jugaCara sembuh dari kista payudara)

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Dengan Menjaga Berat Badan

Semakin ideal berat badan anda, maka akan semakin kecil resiko penyakit ginjal. Sebaliknya, tubuh yang gemuk akan meningkatkan resiko penyakit ginjal. Kondisi ini terjadi karena semakin gemuk tubuh anda, maka ginjal akan bekerja semakin keras untuk menyaring racun di dalam darah.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Kelebihan berat badan juga akan meningkatkan resiko diabetes, kolesterol, dan hipertensi. Kolaborasi tiga masalah tekanan darah, lemak darah, dan kadar gula darah tinggi ini dapat menjadi penyebab penyakit ginjal.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Dengan Berhenti Merokok

Pepatah bijak mengatakan,”Matikan rokok anda, sebelum rokok mematikan anda.” Kebiasaan merokok bukanlah kebiasaan yang baik. Justru kebiasaan merokok adalah contoh teladan yang sangat buruk. Mengapa? Kebiasaan merokok adalah kebiasaan berbiaya mahal yang meracuni diri sendiri dan sesama.

Kebiasaan merokok dapat memperburuk kesehatan ginjal, meningkatkan resiko diabetes dan hipertensi. Jadi, buanglah racun itu dari tubuh anda dengan menghentikan kebiasaan merokok. (baca juga: Cara Sembuh Dari Penyakit Ginjal)

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Dengan Aktifitas Gerak Tubuh

Aktifitas fisik yang aktif, kaya gerak, dan rutin dapat mengurangi resiko penyakit ginjal. Dengan melakukan berbagai aktifitas fisik maka kesehatan pembuluh darah akan dapat terjaga dengan baik. Bahkan, dengan aktifitas fisik yang dilakukan secara rutin maka tekanan darah, kadar gula darah, dan lemak darah juga akan cenderung terjaga.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Dengan Asupan Makanan Sehat

Asupan makanan yang sehat akan membuat daya tahan tubuh tetap terjaga. Asupan makanan yang lengkap antara porsi buah dan sayuran memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Sebaliknya, asupan makanan yang kaya lemak, kaya garam, dan kaya sodium dan pengawet bukanlah asupan makanan yang baik bagi tubuh. Jika anda ingin agar ginjal sehat, kembangkan kebiasaan mengurangi asupan garam, gula, sodium, dan lemak dalam menu keseharian anda.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal Dengan batasi Konsumsi Obat

Obat resep dan obat yang dijual bebas yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan. Konsumsi obat dalam jangka panjang akan membuat kinerja ginjal akan semakin berat. Oleh karena itu, usahakan untuk mengurangi obat yang membahayakan kesehatan ginjal seperti ibuprofen dan naproxen. (Dituliskan dari berbagai sumber oleh: Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *