Cara Cek Ginjal Sehat Melalui Urin

Cara Cek Ginjal Sehat-sahuta.com. Cara cek Ginjal sehat melalui urin adalah sebuah pendekatan sederhana untuk mengetahui apakah keadaan ginjal baik-baik saja atau sedang mengalami masalah. Cara cek ginjal sehat dilakukan sebagai pemeriksaan awal sebelum memperoleh konfirmasi melalui pemeriksaan yang lebih komprehensif.

Pemeriksaan kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan urine dan pemeriksaan darah. Nah, pada artikel edukasi kesehatan ini, kami akan menyampaikan cara cek ginjal sehat melalui urin.

Harap dipahami, bahwa pemeriksaan urin disini adalah sebuah pemeriksaan berdasarkan warna urine, frekwensi keluarnya urin, dan aroma urin. Pemeriksaan urin sederhana ini dapat anda lakukan sewaktu-waktu, tanpa harus ke dokter, dan dapat dilakukan di mana saja.

cara cek ginjal sehat

cara cek ginjal sehat

Cara Cek Ginjal Sehat Warna urin

Warna urin menunjukkan cukup tidaknya air putih yang anda minum bagi tubuh. Jika warna urin berwarna kuning gelap, maka hal ini menandakan bahwa anda kekurangan minum air putih. Warna kuning gelap mengungkapkan bahwa tubuh dalam kondisi dehidrasi.

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat memicu penyakit batu ginjal. Jadi, pastikan anda minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Cara mengetahui kecukupan asupan minuman adalah dengan melihat warna urin.

Jika warna urin anda adalah kuning bening, maka anda sudah minum air putih dengan dosis yang baik. Namun, jika warna urin anda adalah kuning gelap, maka anda harus menambah asupan air putih.

cara cek ginjal sehat melalui warna urin

cara cek ginjal sehat melalui warna urin

Cara Cek Ginjal Sehat Aroma Urin

Perubahan warna urin dipengaruhi oleh kadar asupan air putih, jenis makanan, dan obat-obatan yang anda konsumsi. Jenis makanan dan obat-obatan tertentu dapat mengakibatkan perubahan warna yang mencolok dan aroma yang menyengat.

Aroma urin yang menyengat tanpa asupan makanan dan konsumsi obat-obatan tertentu adalah kondisi yang harus diperhatikan secara serius.Bila anda mengalami air urin yang warnanya keruh, gelap, dan aromanya menyengat, maka segera periksakan kesehatan anda ke dokter. Bisa jadi, kondisi ini terjadi karena adanya gangguan fungsi ginjal.

cara cek ginjal sehat aroma urin

cara cek ginjal sehat aroma urin

Cara Cek Ginjal Sehat Protein Urin

Urin yang berbuih adalah indikasi adanya protein di dalam urin. Urin berbuih dapat mengungkapkan adanya gangguan awal kerusakan ginjal.

Penderita diabetes, hipertensi, dan punya riwayat anggota keluarga penderita gagal ginjal kronis memiliki resiko lebih besar daripada yang lain. Cara sederhana untuk melihat ada tidaknya protein di dalam urin adalah dengan memperhatikan apakah urin anda berbuih atau tidak.

Jika anda melihat urin berbuih, apalagi berulangkali, jangan tunda-tunda lagi. Segera periksakan kesehatan ginjal anda dengan melakukan pemeriksaan kadar protein.

cara cek ginjal sehat melalui protein urin

cara cek ginjal sehat melalui protein urin

Cara Cek Ginjal Sehat Frekwensi Urin

Frekwensi buang air kecil anda juga menunjukkan ada tidaknya masalah kesehatan ginjal. Frekwensi buang air kecil yang berlebihan, sering dan terus-menerus mengungkapkan kadar gula darah yang tinggi.

Penyakit diabetes atau kadar gula darah tinggi adalah salah satu penyebab gagal ginjal kronis yang paling umum. Kadar gula darah yang tinggi akan membuat ginjal bekerja keras sehingga meningkatkan resiko kerusakan yang lebih besar.

Segera periksakan kesehatan anda ke dokter apabila anda mengalami buang air yang terus-menerus. Hasil pemeriksaan urine dan darah di laboratorium dapat mempertegas ada tidaknya masalah gangguan ginjal di dalam tubuh anda.

cara cek ginjal sehat melalui frekwensi urin

cara cek ginjal sehat melalui frekwensi urin

Cara Cek Ginjal Sehat Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri masuk ke dalam uretra dan berkembang biak. Infeksi saluran kemih adalah masalah yang paling banyak terjadi pada wanita.

Pemicu infeksi saluran kemih adalah kebiasaan menahan buang air kecil, hubungan seksual, dan virulensi bakteri tertentu. Ciri-ciri infeksi saluran kemih adalah adanya rasa panas ketika buang air kecil, sering merasa ingin buang air kecil, dan ada darah di dalam urin. Pemberian antibiotik biasanya akan mampu menyembuhkan infeksi saluran kemih.

cara cek ginjal sehat cara mengobati penyakit ginjal kronis dengan magozai

cara cek ginjal sehat cara mengobati penyakit ginjal kronis dengan magozai

Cara Cek Ginjal Sehat Ginjal Rusak

Ginjal sehat adalah ginjal yang berfungsi dengan baik sehingga efektif menyaring darah, air, mineral dan kotoran tubuh. Ginjal rusak adalah ginjal yang mengalami penurunan fungsi sehingga tidak mampu bekerja secara efektif.

Ginjal sehat dapat dijaga dengan pola hidup sehat. Tetapi, ginjal rusak harus diobati sehingga dapat berfungsi kembali. Gagal ginjal kronis masih bisa disembuhkan dengan menggunakan Magozai. Selama belum dibatasi jumlah minum air, maka masih ada potensi sembuh dari gagal ginjal kronis. Jadi, sebelum menyesal, maka jagalah agar ginjal anda tetap sehat. Namun, bila ginjal anda sudah bermasalah, maka segeralah lakukan pengobatan gagal ginjal kronis. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Referensi:

The Huffington Post

Kompashealth.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *