Bahaya Insomnia Tubuh Sensitif Sakit

Sahuta.com-Yogyakarta. Bahaya insomnia adalah pengaruh dampak buruk kesehatan yang terjadi karena gangguan susah tidur malam. Bahaya insomnia ini bukan sekedar badan mudah lelah, kurang konsentrasi, dan kondisi tubuh yang tidak fit. Ancaman bahaya penyakit insomnia juga mencakup resiko serangan berbagai penyakit kronis.

Penyakit insomnia adalah masalah susah tidur malam yang sangat mengganggu. Insomnia bukan hanya gangguan susah tidur malam satu hari saja, tetapi kesulitan untuk tidur selama lebih dari satu bulan. Sungguh, suatu kondisi yang sangat menyesakkan dan menyusahkan, bukan?

Bahaya insomnia penyakit susah tidur malam hari bagi kesehatan

Bahaya insomnia penyakit susah tidur malam hari bagi kesehatan

Bahaya Insomnia  tubuh lebih sensitif terhadap rasa sakit

Penyakit insomnia dapat membuat orang yang mengalaminya jadi lebih sensitif terhadap rasa sakit. Kesimpulan ini diperoleh melalui sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal kedokteran PAIN  yang diterbitkan oleh International Association for the Study of Pain.

Dalam penelitian ini, sebanyak 10.400 orang dewasa di Norwegia menjalani tes kepekaan rasa sakit. Cold Pressor Test adalah suatu pengujian kepekaan dengan mencelupkan tangan di air yang dingin.

Bahaya insomnia penyakit susah sekali tidur di malam hari

Bahaya insomnia penyakit susah sekali tidur di malam hari

Partisipan dalam penelitian ini adalah kelompok yang tidak mengalami penyakit insomnia dan kelompok yang mengalami insomnia. Para peneliti hendak mencocokan hubungan antara insomnia, waktu tidur total, dan waktu yang dibutuhkan untuk tidur awal. Data-data ini dikaitkan dengan nyeri kronis atau sakit sakit yang terus-menerus dan berulang.

Hasilnya? Ternyata, sebanyak 42% partisipan yang mengalami penyakit insomnia  menarik tangannya lebih cepat  dari dalam air. Sementara, hanya orang yang tidak memiliki masalah insomnia, justru mampu menahan tangannya lebih lama di dalam air.

Bahaya insomnia dampak penyakit susah tidur malam hari

Bahaya insomnia dampak penyakit susah tidur malam hari

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa partisipan dengan tingkat keluhan insomnia yang sering dan berulang, maka akan semakin mudah mengeluhkan rasa sakit di berbagai bagian tubuhnya. Keluhan rasa sakit ini terasa di bagian kepala, otot-otot pundak, bahu,mata, dan berbagai tubuh lainnya.

Hasil studi ini sesuai dengan hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal SLEEP di tahun 2012. Dalam penelitian ini terungkap bahwa orang yang memiliki kualitas tidur yang baik, 25% lebih tahan sakit dibandingkan dengan kelompok yang kurang tidur.

Bahaya insomnia penyakit gangguan susah tidur malam hari

Bahaya insomnia penyakit gangguan susah tidur malam hari

Cara Mengatasi Bahaya Insomnia

Penyakit insomnia dapat membuat tubuh jadi lebih sensitif terhadap rasa nyeri. Penyakit insomnia dapat mengakibatkan rasa nyeri menjadi-jadi di berbagai bagian tubuh. Bahaya insomnia ini adalah nyata bagi orang yang mengalami penyakit susah tidur malam.  Jika sudah demikian, masihkah anda mau mengabaikan penyakit gangguan susah tidur malam insomnia?

Cara mengatasi bahaya insomnia dapat dilakukan dengan menyelesaikan penyebab, gejala, dan dampak komplikasi akibat insomnia. Salah satu cara alami untuk mengatasi insomnia adalah dengan minum obat insomnia ampuh Magozai herbal. Dengan konsumsi secara rutin dan teratur, maka penyebab, gejala, dan dampak komplikasi insomnia dapat diatasi dengan lebih cepat. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Sumber:

health.kompas.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *