Bahan Makanan Pemicu Batu Ginjal

Bahan Makanan Pemicu Batu Ginjal-www.sahuta.com. Bahan makanan pemicu batu ginjal adalah asupan makanan yang meningkatkan resiko batu ginjal. Kemampuan dan kesadaran untuk menghindari dan mengurangi asupan makanan pemicu batu ginjal akan menurunkan resiko batu ginjal. Namun, ketidaktahuan dan kesengajaan untuk mengkonsumsi asupan makanan pemicu batu ginjal justru akan meningkatkan resiko batu ginjal dan berbagai masalah penyakit ginjal lainnya.

Batu ginjal di dalam ginjal terbentuk karena endapan zat-zat pembentuk kristal, baik berupa kalsium, oksalat dan  asam urat. Terbentuknya batu ginjal ini tidak terlepas dari kurangnya cairan dalam urin sehingga tidak mampu meluruhkan sisa-sisa limbah ini.

Jika batu ginjal tidak dapat dihancurkan atau diluruhkan, maka akan dapat mengakibatkan berbagai penyakit ginjal, termasuk gagal ginjal kronis. Ironisnya, gejala batu ginjal kurang dipahami dengan baik, sehingga upaya pengobatan secara dini jadi terlambat untuk dilakukan.

Bahan makanan pemicu batu ginjal asupan makanan berbahan coklat

Bahan makanan pemicu batu ginjal asupan makanan berbahan coklat

Gejala batu Ginjal

Gejala batu ginjal ditandai dengan keluhan sakit pinggang, sering buang air kecil, demam, dan badan menggigil. Gejala batu ginjal juga ditandai dengan kelelahan kronis, mual-mual dan muntah-muntah.

Penyebab batu Ginjal

Penyebab batu ginjal adalah dehidrasi atau kurang minum air putih, kelebihan berat badan atau kegemukan, dan  kurang berolahraga. Penyebab batu ginjal juga dapat diakibatkan oleh faktor keturunan, diet yang tidak tepat, dan masalah pencernaan. Faktor penyebab batu ginjal lainnya adalah terlalu banyak minum alkohol, masalah  pencernaan, dan kebiasaan merokok.

Bahan Makanan Pemicu Batu Ginjal

Berikut ini adalah bahan makanan pemicu batu ginjal sebagaimana dilansir oleh Boldsky.com

Bahan makanan pemicu batu ginjal asupan makanan daging merah

Bahan makanan pemicu batu ginjal asupan makanan daging merah

Daging Merah

Daging merah kaya akan protein. Konsumsi daging merah secara berlebihan akan meningkatkan resiko batu ginjal karena akan menaikkan kadar asam urat.

Standar asam urat bagi wanita adalah ≤ 6, sementara bagi pria standar ukuran asam urat adalah   ≤ 7. Bagaimana dengan kadar asam urat anda? Kurangi asupan daging merah akan menurunkan kadar asam urat. Kadar asam urat normal dan terjaga akan menurunkan resiko batu ginjal

Bahan makanan pemicu batu ginjal asupan minuman berkarbonasi

Bahan makanan pemicu batu ginjal asupan minuman berkarbonasi

Minuman Berkarbonasi

Asupan minuman karbonasi seperti soda dan minuman energi dapat meningkatkan resiko batu ginjal. Hal ini dimungkinkan karena asupan minuman berkarbonasi mengandung asam fosfat yang tinggi. Jika asupan asam fosfat tinggi diminum secara rutin dan terus-menerus, maka dapat mengakibatnya terbentuknya batu ginjal. Bahkan, asupan asam fosfat juga meningkatkan resiko gagal ginjal kronis.

Jika anda suka dengan soda dan minuman energi, sebaiknya mulai sekarang anda evaluasi. Suka tidak suka, salah satu cara untuk menghindari batu ginjal dan gagal ginjal kronis adalah dengan berhenti minum minuman berkarbonasi.

Bahan makanan pemicu batu ginjal asupan makanan karbohidrat murni

Bahan makanan pemicu batu ginjal asupan makanan karbohidrat murni

Karbohidrat Murni

Asupan makanan yang kaya karbohidrat murni juga termasuk makanan pemicu batu ginjal. Asupan makanan nasi putih, gula dan tepung halus kaya akan karbohidrat sehingga menghasilkan insulin tinggi yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih. Seiring dengan perjalanan waktu kondisi ini akan memicu terbentuknya batu ginjal.

Bahan makanan pemicu batu ginjal bukan hanya asupan makanan daging merah, minuman berkarbonasi, dan karbohidrat murni. Pada artikel kesehatan berikutnya, kami akan membahas mengenai bahan makanan pemicu batu ginjal lainnya. Harapan kami adalah agar dengan edukasi kesehatan ini, anda dapat menjaga kesehatan ginjal anda dengan hanya mengkonsumsi asupan makanan  yang sehat bagi ginjal anda. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

sumber:

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *