Asupan Bahan Makanan Pemicu Batu Ginjal

Sahuta.com-Yogyakarta. Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal adalah berbagai asupan makanan yang dapat meningkatkan resiko batu ginjal. Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal ini adalah lanjutan dari artikel kesehatan bahan makanan pemicu batu ginjal sebelumnya.

Asupan Bahan Makanan Pemicu Batu Ginjal

Dalam artikel kesehatan ini, asupan bahan makanan pemicu batu ginjal diantaranya adalah kafein, pemanis buatan, garam meja, dan alkohol. Sebelumnya, kami telah menyampaikan tentang bahan makanan pemicu batu ginjal yaitu: coklat, daging merah, dan minuman berkarbonasi.

Berikut ini adalah asupan bahan makanan pemicu batu ginjal, sebagaimana yang dilansir oleh boldsky.com.

Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal minuman alkohol

Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal minuman alkohol

Kafein

Asupan kafein dapat meningkatkan sekresi kalsium di dalam urin. Kafein juga memicu dehidrasi karena memiliki sifat diuretik. Kombinasi antara sekresi kalsium dan dehidrasi ini merupakan salah satu penyebab batu ginjal yang paling sering terjadi.

Kurangi, batasi dan hindari minum kafein jika anda tidak mau menderita batu ginjal dan gagal ginjal kronis. Ingat, kafein adalah salah satu bahan makanan pemicu batu ginjal.

Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal asupan kafein

Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal asupan kafein

Pemanis Buatan

Asupan makanan dan minuman pemanis buatan dapat mengganggu fungsi ginjal. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan makanan dan minuman pemanis meningkatkan resiko batu ginjal.

Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal berbahan pemanis buatan hampir ditemui di dalam setiap bahan makanan camilan, roti, dan berbagai olahan. Salah satu cara terbaik untuk menghindari bahan pemanis buatan adalah dengan melihat bahan komposisi makanan dan minuman yang anda konsumsi dalam menu harian anda. Jika sudah begini, tentu akan lebih aman untuk mengkonsumsi menu makanan buatan sendiri, yang jelas bahan dan cara pembuatannya bukan?

Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal pemanis buatan

Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal pemanis buatan

Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol adalah contoh pola hidup yang paling merusak. Konsumsi alkohol  secara berlebihan dapat merusak ginjal dan hati. Padahal, dua organ tubuh ini memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan anda.

Konsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko batu ginjal. Lebih daripada itu, konsumsi alkohol juga dapat mengganggu fungsi normal ginjal. Lalu, dengan dampak separah ini, masihkah anda bersikeras untuk minum alkohol?

Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal garam meja

Asupan bahan makanan pemicu batu ginjal garam meja

Garam Meja

Garam meja kaya akan natrium dan sodium. Dengan konsumsi garam meja secara berlebihan, maka anda meningkatkan tekanan darah. Dampaknya, ancaman penyakit jantung dan penyakit ginjal juga sudah hadir di depan mata.

Salah satu cara untuk mencegah batu ginjal adalah dengan mengurangi dan membatasi asupan garam meja. Sementara, salah satu cara untuk menjaga tekanan darah adalah dengan mengurangi dan membatasi asupan garam meja. Ingat, salah satu penyebab penyakit gagal ginjal kronis adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

cara cek ginjal sehat cara mengobati penyakit ginjal kronis dengan magozai

cara cek ginjal sehat cara mengobati penyakit ginjal kronis dengan magozai

Kurangi Resiko Kurangi Asupan Bahan Makanan Pemicu Batu Ginjal

Kurangi resiko batu ginjal berarti kurangi asupan bahan makanan pemicu batu ginjal. Tetap konsumsi bahan makanan pemicu batu ginjal berarti meningkatkan resiko batu ginjal dan gagal ginjal kronis. Pilihan ada ditangan anda. Mau ginjal sehat atau ginjal rusak?

Semua orang yang waras, sehat, dan normal tahu jawaban terbaik. Namun, tidak semua orang tahu bahan pemicu batu ginjal ini sejak dini. Oleh karena itu, bagi anda yang sudah tahu tentang resiko batu ginjal dan gagal ginjal kronis, maka sebaiknya lebih mawas diri. Mulai sekarang, batasi, kurangi dan hindari asupan bahan makanan pemicu batu ginjal ini. Sebelum nasi menjadi bubur, upaya pencegahan batu ginjal adalah upaya menjaga kesehatan ginjal yang terbaik. (Bertinus Sijabat- www.sahuta.com)

Sumber:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *