Apa Sih Penyebab Syaraf Kejepit?

Sahuta.com-Yogyakarta. Penyebab syaraf kejepit adalah berbagai faktor resiko yang meningkatkan potensi syaraf terjepit. Penyebab syaraf kejepit tidak sama antara satu orang dengan lainnya. Penyebab syaraf jepit HNP meliputi faktor usia, faktor aktivitas, faktor penyakit lainnya, dan faktor kecelakaan.

Syaraf kejepit adalah suatu kondisi tekanan syaraf yang menimbulkan rasa nyeri yang menyakitkan. Rasa nyeri yang diakibatkan oleh syaraf kejepit dapat menjalar ke berbagai bagian tubuh sesuai dengan sumber letak terjadinya tekanan syaraf.

Bagian tubuh yang paling sering mengalami penyakit syaraf kejepit HNP adalah leher dan pinggang. Kondisi ini terjadi karena dua bagian tubuh inilah yang paling sering digunakan untuk bergerak.

penyebab syaraf kejepit HNP sakit di bagian leher

penyebab syaraf kejepit HNP sakit di bagian leher

Posisi syaraf terjepit menentukan alur penjalaran rasa nyeri. Jika syaraf terjepit berada di bagian leher, maka rasa nyeri akan menjalar ke tangan. Dan, jika syaraf terjepit berada di bagian pinggang,maka rasa nyeri akan menjalar hingga lutut dan bisa sampai ke betis.

Penyebab Syaraf Kejepit Pada Usia Lansia

  • Syaraf kejepit pada lansia juga terjadi karena pengapuran. Tumbuhnya tulang muda yang runcing pada tulang belakang menekan syaraf dan terasa sakit.
  • Osteoporosis atau pengeroposan tulang karena berkurangnya massa tulang.
  • Syaraf kejepit bisa terjadi pada usia lanjut karena bantalan yang menyambungkan dua tulang menjadi elastis. Akibatnya, tulang langsung menekan tulang lain sehingga terjadi syaraf kejepit yang menimbulkan rasa nyeri di bagian tubuh tersebut.
penyebab syaraf kejepit HNP sakit di bagian pinggang

penyebab syaraf kejepit HNP sakit di bagian pinggang

Penyebab Syaraf kejepit pada usia muda

Aktivitas kerja harian yang terlalu berat dapat mengakibatkan syaraf kejepit HNP. Kondisi ini terjadi ketika tumpuan tubuh hanya pada satu bagian tertentu. Akibatnya, tulang di  bagian tubuh yang tertumpu menjadi tertekan dan mengenai syaraf. Dampaknya, timbulnya rasa nyeri  tau sakit dengan intensitas sering.

Posisi duduk yang salah juga dapat menjadi penyebab syaraf kejepit. Posisi duduk yang salah adalah posisi tubuh yang membungkuk.Seharusnya, posisi duduk yang benar adalah dengan kondisi tegak dan menyandar.

Kelainan bentuk tulang punggung atau skoliosis juga dapat menjadi penyebab syaraf kejepit HNP. Kelainan tulang punggung terjadi karena kebiasaan berdiri dan duduk yang salah, yang menyebabkan tulang punggung jadi tidak lurus atau cenderung membungkuk.

Penyebab syaraf kejepit HNP usia muda

Penyebab syaraf kejepit HNP usia muda

Penyebab Syaraf kejepit karena penyakit lainnya

Penyakit tuberkolosis atau TBC dapat menjadi penyebab penyakit syaraf kejepit. Kondisi ini bisa terjadi bila kuman TBC tidak ditangani secara cepat sehingga dapat menyebar dan memakan tulang. Akibatnya, tulang menjadi keropos dan langsung mengenai syaraf.

Penyakit tumor dan kanker juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit syaraf kejepit. Penyakit tumor dan kanker yang sudah menyebar ke tulang akan menyebabkan tulang menjadi rapuh. Dampaknya, syaraf terjepit langsung oleh tulang.

Penyebab Syaraf kejepit karena kecelakaan

Riwayat jatuh, benturan, dan kecelakaan juga meningkatkan resiko syaraf kejepit. Kondisi ini dapat terjadi apabila seseorang terjatuh dengan posisi terduduk. Potensi syaraf kejepit semakin besar apabila terjadi retak tulang belakang.

penyebab syaraf kejepit HNP usia tua

penyebab syaraf kejepit HNP usia tua

Cara mengatasi Penyebab Syaraf Jepit HNP

Dengan mengurangi berbagai faktor resiko penyebab syaraf kejepit, maka kita akan menurunkan resiko syaraf jepit itu sendiri. Cara paling direkomendasikan untuk mengatasi syaraf kejepit adalah dengan olahraga secara teratur, duduk dengan posisi duduk yang benar, dan menuntaskan masalah masalah tumor dan kanker.

Pengeroposan tulang juga dapat dihindari dengan rutin minum asupan makanan dan minuman yang mengandung kalsium yang dibutuhkan tubuh. Lalu, menjaga diri dari pekerjaan yang terlalu berat, aktivitas duduk yang terlalu lama, dan hidup dengan pola makan yang sehat.

penyebab syaraf kejepit HNP dan cara penyembuhan dengan obat syaraf kejepit Magozai

penyebab syaraf kejepit HNP dan cara penyembuhan dengan obat syaraf kejepit Magozai

Penyembuhan Syaraf Kejepit HNP

Penyembuhan syaraf kejepit juga dapat dilakukan dengan melakukan terapi obat syaraf kejepit Magozai, Astagen dan Hezzel Farm Salmon Oil.  Dengan minum obat syaraf kejepit Magozai, Astagen dan Hezzel Farm Salmon Oil, maka penyembuhan syaraf kejepit akan berlangsung dengan relatif lebih cepat dan tepat.

Kisah penyembuhan dari penyakit syaraf kejepit dengan menggunakan obat syaraf kejepit Magozai dan Hezzel Farm Salmon Oil sudah membantu Ibu Delvira dari penyakit syaraf kejepit. Syaraf kejepit di punggung, di leher, dan di pinggul dapat dibantu penyembuhannya dengan menggunakan obat syaraf kejepit Magozai dan Salmon Oil Hezzel Farm, dan Astagen. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Referensi: health.kompas.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *