Cara Mengatasi Penyakit Insomnia

Sahuta.com-Yogyakarta. Cara mengatasi penyakit insomnia adalah cara efektif yang manjur untuk mengusir insomnia. Cara ini adalah sebuah pendekatan yang sudah terbukti berhasil dalam membantu pemulihan masalah gangguan susah tidur.

Insomnia adalah kondisi kesulitan untuk tidur di malam hari. Gangguan susah tidur ini dapat menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit kronis lainnya.

cara mengatasi penyakit insomnia susah tidur di malam hari

cara mengatasi penyakit insomnia susah tidur di malam hari

Cara Mengatasi Penyakit Insomnia

Penyakit insomnia akut adalah gangguan susah tidur dalam jangka waktu relatif pendek. Penyakit insomnia kronis adalah gangguan susah tidur dalam jangka waktu panjang, bisa 3 bulanan lebih. Penyakit insomnia dapat membuat tubuh menjadi lebih rentan akan serangan jantung, stroke, diabetes mellitus, hipertensi, dan bahkan penyakit kanker.

Sebelum penyakit insomnia menjadi masalah berat yang mengganggu kesehatan, maka insomnia sebaiknya diatasi sebelum terlambat. Berikut ini adalah cara mengatasi penyakit insomnia sebagaimana dilansir oleh prevention.com

cara mengatasi penyakit insomnia susah tidur malam dengan sangat pulas

cara mengatasi penyakit insomnia susah tidur malam dengan sangat pulas

Menikmati sinar matahari pagi

Menikmati sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain mengandung Vitamin D alami, sinar matahari pagi mampu mengatur munculnya hormon tidur yaitu melatonin.

Hanya dengan menikmati sinar matahari selama satu jam setiap hari, maka anda akan menikmati tidur dengan kualitas yang lebih baik. Dengan berjalan-jalan di pagi hari, maka anda akan merasakan kualitas kesehatan tubuh yang jauh lebih fit.

cara mengatasi penyakit insomnia susah tidur malam dengan sinar matahari pagi

cara mengatasi penyakit insomnia susah tidur malam dengan sinar matahari pagi

Jaga Kebersihan Sprei

Cara mengatasi penyakit insomnia juga dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kain sprei. Studi tentang pengaruh kebersihan sprei terhadapĀ  kualitas tidur diadakan oleh National Sleep Foundation.

Hasilnya? Semakin bersih sprei, maka semakin baik pula kualitas tidur. Sebaliknya, sprei yang tidak kurang terjaga kebersihannya akan menurunkan kualitas tidur.

Hasil survei National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa 75% partisipan mengakui kualitas tidur yang lebih baik ketika kain sprei dalam keadaan bersih. Jadi, dengan mencuci dan mengganti kain sprei secara berkala, maka akan meningkatkan kualitas tidur.

cara mengatasi penyakit insomnia susah tidur malam hari dengan menjaga kebersihan sprei

cara mengatasi penyakit insomnia susah tidur malam hari dengan menjaga kebersihan sprei

Menikmati asupan makanan karbohidrat

Salah satu cara mengatasi penyakit insomnia dapat dilakukan dengan menikmati asupan makanan karbohidrat. Asupan karbohidrat kaya dengan senyawa triptofan, yang memiliki efek relaksasi sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.Asupan makanan rendah gula, kaya kalsium dan magnesium juga membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks.

Membaca buku

Kebiasaan membaca buku sebelum tidur jauh lebih sehat bagi kesehatan tubuh. Selain menambah pegetahuan, kebiasaan membaca sebelum tidur juga akan membuat pikiran lebih tenang. Bacalah buku-buku bacaan berat yang susah anda pahami, maka pikiran akan menjadi lebih mudah untuk tidur dengan cepat.

cara mengatasi penyakit insomnia gangguan susah tidur tidur malam hari dengan olahraga

cara mengatasi penyakit insomnia gangguan susah tidur tidur malam hari dengan olahraga

Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur juga dapat menjadi solusi atas penyakit insomnia. Hanya dengan olahraga teratur selama 30 menit 5 hari setiap minggu, maka masalah gangguan tidur akan berkurang.

Asupan Melatonin

Asupan suplemen melatonin memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi masalah insomnia. Dengan asupan melatonin yang cukup, maka gangguan susah tidur akan lebih mudah untuk diatasi.

Obat Tidur

Salah satu cara mengatasi penyakit insomnia adalah dengan mengkonsumsi obat tidur. Tetapi, cara ini tidak dapat diandalkan dalam waktu panjang. Hal ini karena resiko efek bahaya obat tidur. Selain itu, obat tidur tidak dapat memperbaiki masalah insomnia sampai tuntas.

cara mengatasi penyakit insomnia gangguan susah tidur tidur malam hari dengan baca buku

cara mengatasi penyakit insomnia gangguan susah tidur tidur malam hari dengan baca buku

Cara Mengatasi Penyakit Insomnia Secara Holistik

Cara mengatasi penyakit insomnia harus dilakukan secara holistik. Dengan cara ini maka semua upaya harus dilakukan secara maksimal.Terapi Perubahan perilaku mencakup menjaga kebiasaan makan, melakukan olahraga teratur, dan menghindari penggunaan gadget di malam hari.

Keberanian untuk menerima masalah dengan penuh ucapan syukur, mempercayai adanya solusi terbaik, dan menjalani hidup dengan penuh pengharapan juga tidak kalah penting. Semua kolaborasi antara keseimbangan emosi, pikiran, dan tubuh akan membuat cara mengatasi penyakit insomnia menjadi lebih efektif. (Bertinus Sijabat-www.sahuta.com)

Sumber:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *